Abu Vulkanik Gunung Sinabung Karo Tutupi Langit Aceh

Oleh : Herry Barus | Rabu, 21 Februari 2018 - 06:48 WIB

Gunung Sinabung Kabupaten Karo Sumut (Foto Ist)
Gunung Sinabung Kabupaten Karo Sumut (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Aceh Tenggara- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut material abu vulkanik Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara telah menutupi langit Aceh.

"Dari citra satelit jelas terlihat, pergerakan debu vulkanik menutupi Aceh secara merata," jelas Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blangbintang, Aceh, Zakaria melalui sambungan telepon seluler dari Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa (20/2/2018)

Ia mengatakan dampak dari erupsi Gunung Sinabung mulai terjadi sejak kemarin terbawa angin yang mengarah ke tenggara, barat dan selatan di provinsi paling ujung Utara di Sumatera ini.

Sebagaian kecil masyarakat pantai Timur di Aceh mulai merasakan dampak dari letusan gunung merapi tersebut Senin, (19/2), malam dan hingga berlangsung hari ini.

Material yang terbawa dalam abu vulkanik berupa potongan kecil batuan bergigi, mineral, dan kaca berukuran kecil, serta bisa lebih kecil lagi ketika material tersebut berada di darat.

Butiran partikel terlihat atau terasa seperti tekstur pasir yang dikeluarkan oleh gas-gas dari ruang magma, dan langsung menyebar dari perut gunung merapi.

"Daerah yang berdampak erupsi Gunung Sinabung, hampir seluruh kabupaten/kota di Aceh. Temasuk di Kota Banda Aceh, karena terlihat jelas bintik-bintik debu," kata dia.

"Bintik-bintik debu tersebut lengket seperti di jok mobil, lalu penutup lampu kendaraan roda dua atau tiga. Dan juga abu vulkanik ini bisa dilihat di debu yang lengket pada kaca depan mobil jenis mini bus," tutur Zakaria.

Pemerintah Aceh telah mengimbau masyarakat untuk mewaspadai debu vulkanik dari letusan Gunung Sinabung, Sumatera Utara yang dampaknya telah sampai ke sejumlah wilayah di provinsi setempat.

"Untuk sementara kami imbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan apabila ke luar rumah diharapkan untuk memakai masker," kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif.

Ia menjelaskan, terkait kondisi tersebut seluruh fasiltias kesehatan di kabupaten/kota di Aceh untuk siap siaga 24 jam guna menangani berbagai kemungkinan akibat terdampak debu vulkanik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jumat, 03 Mei 2024 - 11:31 WIB

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jakarta– PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali memastikan penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sesuai rencana, khususnya pengusahaan jalan tol yang akan menghubungkan 2…

Manajemen Linktown Indonesia saat peresmian kantor cabang Bandung

Jumat, 03 Mei 2024 - 10:12 WIB

Resmikan Kantor Cabang Baru, Linktown Siap Rebut Pasar Properti Bandung

Linktown Indonesia kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka kantor cabang di Bandung, Jawa Barat pada Kamis (2/5). Peresmian kantor cabang Linktown Bandung dihadiri oleh para Founder Linktown, Head…

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:37 WIB

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu (01/05/2024). mengundang bakal calon (Balon) kepala daerah se-Sumatera, di Hotel Mercure, Jakarta Barat.

Indonesia Alami Tren Penanganan Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikrobobilitas

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:17 WIB

Indonesia Alami Tren Penanganan Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikrobobilitas

Kesadaran Masyarakat akan gaya hidup yang lebih sustainable terus meningkat, salah satunya dapat dilihat dari peningkatan penggunaan armada mikromobilitas. Berdasarkan data operasional dari…

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo di sela-sela 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific

Jumat, 03 Mei 2024 - 08:45 WIB

Ini Jurus Wamenparekraf Dorong Peran Perempuan di Sektor Parekraf Dunia

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mendorong penguatan peran perempuan dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif internasional,…