LSM Indonesia-Eropa Kolaborasi Tanggapai IEU-CPA

Oleh : Hariyanto | Selasa, 20 Februari 2018 - 17:00 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sekitar 50 lembaga swadaya masyarakat (LSM) dari Republik Indonesia dan benua Eropa kolaborasi guna menanggapi Perjanjian Kemitraan Komprehensif Uni Eropa-Indonesia (IEU-CEPA) yang sedang dibahas pemerintah Indonesia dan Uni Eropa.

"Ada lebih dari 50 organisasi nonpemerintah dari Indonesia dan Eropa yang menandatangani pernyataan masyarakat sipil menanggapi IEU-CEPA," kata Manajer Kampanye Keadilan Iklim Walhi Nasional Yuyun Harmono, dalam jumpa pers yang digelar di Jakarta, Senin (19/2/2018)

Menurut Yuyun Harmono, pernyataan bersama-sama tersebut merupakan basis kerja selanjutnya antarLSM dari kedua kawasan dalam menanggapi perjanjian perdagangan internasional yang sedang dibahas antara pemerintah Republik Indonesia dan Uni Eropa.

Sementara itu, Koordinator Program Keadilan Ekonomi Friends of the Earth Europe Paul de Clerck mengemukakan, perjanjian perdagangan internasional selama ini kerap memiliki dampak yang merugikan terhadap hak-hak warga dan kondisi lingkungan hidup.

"Perjanjian perdagangan internasional biasanya fokus untuk liberalisasi dan privatisasi," kata Paul.

Pernyataan masyarakat sipil itu menegaskan bahwa IEU-CEPA pertama-tama harus didekati sebagai sarana untuk melayani kepentingan umum, dan hal itu harus dilakukan dengan memastikan bahwa perdagangan dan investasi terhadap pembangunan yang adil dan berkelanjutan.

Selain itu, LSM Indonesia dan Eropa juga menginginkan adanya prasyarat untuk mencakup lingkungan yang sehat, ekonomi yang ramah iklim, kepastian terhadap mata pencaharian dan pekerjaan yang layak untuk semua, serta berkeadilan gender.

Untuk itu, CEPA harus bersyarat kepada ratifikasi dan pelaksanaan undang-undang hak asasi manusia yang paling mendasar, serta kesepakatan iklim global dan dampaknya terhadap lingkungan hidup.

Sejumlah LSM dari Indonesia yang ikut menandatangani pernyataan tersebut antara lain Indonesia for Global Justice (IGJ), Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara), Indonesia AIDS Coalitian (IAC), Koalisi Rakyat untuk Hak Atas Air (Kruha), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi).

Sedangkan LSM dari Eropa adalah seperti Africa Europe Faith & Justice Network (AEFJN), Friends of the Earth Europe, Centre for Research on Multinational Corporations (SOMO), Corporate Europe Observatory, European Trade Union Confederation, Keep Ireland Frach Free, Seattle to Brussels Network, Stiftung Asienhaus, dan Transnational Institute.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…