Rudiantara Ajak Perusahaan Indonesia Perkuat Ekonomi Digital ASEAN

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 12 Februari 2018 - 17:17 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mengatakan, pada masa kini di era serba teknologi digital, sinergi antar perusahaan Indonesia amat penting dan diperlukan.

Hal tersebut guna memperkuat ekonomi digital Indonesia di Asia Tenggara. Demikian dikemukakan Rudiantara pada peresmian kerja sama PT Astra International (Astra) dan Gojek Indonesia (Gojek), di Jakarta, Senin (12/2).

"Future_ adalah _digital space_. Industri harus saling berkonsolidasi untuk memajukan ekonomi digital, tidak bisa jalan sendiri-sendiri" kata Rudiantara.

Oleh sebab itu, Rudiantara mencoba semua kalangan untuk mendorong ekonomi digital kuat di ASEAN. Dengan begitu Asia Tenggara telah menjadi kuat ketika arus kemajuan teknologi digital akan masuk ke ASEAN.

"Pemerintah bukan fokus pada _regulatory_ lagi. Jangan sampai masuk ke area yang dipersulit. Kita dorong untuk besar dulu, nanti baru di tata," ujar Rudiantara.

Rudiantara berharap, pola pikir mengenai bisnis dapat diubah dengan memanfaatkan teknologi digital. Sehingga Indonesia mampu mampu, ungkap Rudiantara, menjadi _leader_ di ASEAN dengan sektor ekonomi digital.

"Saya berkeyakinan, berharap, kita menjadi _regional company_ yang berdaya saing di dalam maupun luar negeri," ujar Rudiantara.

Sedangkan pendiri sekaligus _Chief Executive Officer_ Go-Jek, Nadiem Makarim, menuturkan, kerja sama dengan Astra dilakukan karena memiliki misi yang sama yakni memajukan Indonesia melalui pemberdayaan masyarakat

 Nadiem menyampaikan, kerja sama yang dilakukan diharapkan mampu memperbaiki taraf pendapatan keuangan masyarakat serta mengakselerasi perkembangan ekonomi Indonesia berbasis digital.

Kemudian Presiden Direktur Astra, Prijono Sugiarto, menyebutkan bahwa jalinan kerja sama ini merupakan upaya meningkatkan nilai tambah untuk perusahaan dan bangsa dengan memanfaatkan teknologi digital.

Bentuk kerja sama antara Astra dan Gojek dengan menggabungkan keahlian dari kedua perusahaan agar dapat meningkatkan produktivitas, inovasi produk dan jasa sehingga dapat menciptakan pasar baru berbasis teknologi digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…

Neta S Pane, IPW (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:56 WIB

Lima Alasan IPW Desak Polri Segera Menahan Komjen Purn Sofyan Jacob

Ind Police Watch (IPW) mendesak Polri segera menahan Sofyan Jacob. Jika Sofyan tidak hadir, Polri harus melakukan upaya jemput paksa dan segera menjebloskannya ke tahanan.

Harry Hikmat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:45 WIB

Korban Bencana Alam Yang Jatuh Miskin Berpeluang Dapat PKH

Korban bencana alam yang jatuh miskin berpeluang menjadi penerima program keluarga harapan (PKH) baru . Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat menjelaskan korban bencana…

Shabrina Evaswantry Binti Novizar Swantry ( Nana) (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:36 WIB

Surat-Surat Wasiat Mendiang Nana ( Obituari Penderita Kanker)

“ For Everyone. PS : Sayang, tolong dibacakan setelah kuburku ditutup. Bacakan dengan ikhlas dan penuh syukur. Dont be sad,” itu tulisan pengantar dari surat “wasiat” almarhumah Shabrina…

Festival cabai

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:19 WIB

Menduniakan Cabai Melalui Festival Cabai

Tangerang - Pada perayaan acara Pehcun atau lomba perahu naga di Tangerang 15-16 Juni ini Kementerian Pertanian yang bekerja sama dengan Museum Tanah dan Pertanian Bogor dan Museum Benteng Heritage…