Belasan Ton Stok Garam Rakyat Sumenep Masih Belum Terserap Perusahaan

Oleh : Hariyanto | Minggu, 11 Februari 2018 - 07:17 WIB

Ilustrasi Tambak Garam
Ilustrasi Tambak Garam

INDUSTRY.co.id - Sumenep - Asosiasi Masyarakat Garam (AMG) Sumenep menolak keras rencana pemerintah untuk melakukan impor garam. Pasalnya, saat ini masih ada sekitar 15 ribu ton garam rakyat di Sumenep hasil produksi 2017 yang masih belum terserap.

"Belasan ribu ton garam sisa stok 2017 masih ada di petani. Jadi sebenarnya bukan stok garam itu tidak ada, tapi memang sudah tidak ada perusahaan yang melakukan pembelian," kata Ketua Asosiasi Masyarakat Garam (AMG) Sumenep, H. Ubaidillah, Sabtu (10/02/2018).

Karena itu, ia menolak keras rencana pemerintah melakukan impor garam 3,7 ton, karena bisa membunuh petani garam. Apalagi jumlah itu dinilai terlalu berlebihan.

"Bagaimana mungkin rencana swasembada garam tahun 2020 bisa terwujud kalau pemerintah justru melakukan impor garam besar-besaran? Petani garam ini dibunuh kebijakan impor garam," katanya.

Ia menceritakan, pasca kabar impor garam, sejumlah perusahaan garam tidak lagi melakukan pembelian garam rakyat. Padahal stok garam panen 2017 masih ada di gudang petani.

"Ada perusahaan garam yang siap untuk membeli dengan harga Rp 2 juta per ton. Tetapi gudangnya tutup, tidak melakukan pembelian. Kan sama juga bohong ini," ucapnya.

Menurut Ubaid, saat ini garam impor ditengarai sudah masuk ke Jawa Timur. Jumlahnya sekitar 50 ribu ton, dengan importir PT Mitra Tunggal Perkasa.

"Masuknya garam impor pasti berdampak terhadap harga garam rakyat di tingkat petani. Karena itu kami berharap agar Pemerintah bisa mengendalikan kebijakan impor garam, agar tidak merugikan petani," ucapnya. (bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:00 WIB

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Dewan Komisaris Garuda Indonesia pada hari ini, Jumat (6/12/2019) telah menyampaikan SK Dewan Komisaris No. DEKOM/SKEP/011/2019 tanggal 5 Desember 2019 yang menetapkan Fuad Rizal sebagai Plt.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Jumat, 06 Desember 2019 - 16:30 WIB

BNI Syariah Raih Penghargaan Pariwara Tidak Langsung OJK

Jakarta - BNI Syariah meraih penghargaan Pariwara Tidak Langsung Terbaik Sektor Jasa Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2019. Penghargaan ini diberikan dalam acara Malam Penganugerahan…