Belasan Ton Stok Garam Rakyat Sumenep Masih Belum Terserap Perusahaan

Oleh : Hariyanto | Minggu, 11 Februari 2018 - 07:17 WIB

Ilustrasi Tambak Garam
Ilustrasi Tambak Garam

INDUSTRY.co.id - Sumenep - Asosiasi Masyarakat Garam (AMG) Sumenep menolak keras rencana pemerintah untuk melakukan impor garam. Pasalnya, saat ini masih ada sekitar 15 ribu ton garam rakyat di Sumenep hasil produksi 2017 yang masih belum terserap.

"Belasan ribu ton garam sisa stok 2017 masih ada di petani. Jadi sebenarnya bukan stok garam itu tidak ada, tapi memang sudah tidak ada perusahaan yang melakukan pembelian," kata Ketua Asosiasi Masyarakat Garam (AMG) Sumenep, H. Ubaidillah, Sabtu (10/02/2018).

Karena itu, ia menolak keras rencana pemerintah melakukan impor garam 3,7 ton, karena bisa membunuh petani garam. Apalagi jumlah itu dinilai terlalu berlebihan.

"Bagaimana mungkin rencana swasembada garam tahun 2020 bisa terwujud kalau pemerintah justru melakukan impor garam besar-besaran? Petani garam ini dibunuh kebijakan impor garam," katanya.

Ia menceritakan, pasca kabar impor garam, sejumlah perusahaan garam tidak lagi melakukan pembelian garam rakyat. Padahal stok garam panen 2017 masih ada di gudang petani.

"Ada perusahaan garam yang siap untuk membeli dengan harga Rp 2 juta per ton. Tetapi gudangnya tutup, tidak melakukan pembelian. Kan sama juga bohong ini," ucapnya.

Menurut Ubaid, saat ini garam impor ditengarai sudah masuk ke Jawa Timur. Jumlahnya sekitar 50 ribu ton, dengan importir PT Mitra Tunggal Perkasa.

"Masuknya garam impor pasti berdampak terhadap harga garam rakyat di tingkat petani. Karena itu kami berharap agar Pemerintah bisa mengendalikan kebijakan impor garam, agar tidak merugikan petani," ucapnya. (bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Blues International Festival 2019(Foto Dok Industry.co.id0

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 21:00 WIB

Jakarta Blues International Festival 2019

Apa kabar Blues di Indonesia? …Silahkan jawab versi Anda sendiri… tapi yang pasti para penggemar-nya sedang bersiap-siap berpesta bersama di acara Jakarta Blues International Festival yang…

Deklarasi Teman Juara

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:55 WIB

Deklarasi Teman Juara, Ajak Generasi Milenial Berpartisipasi Kembangkan Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0

Teman Juara akan menumbuhkan semangat juara di berbagai bidang. Misalnya ketika ada yang tidak pahaman tentang bagaimana mempromosikan potensi sebuah daerah dari berbagai aspek sosial ekonomi,…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Bidik 10 Ribu IKM Masuk Pasar Online

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan sebanyak 10 ribu pelaku IKM dari berbagai sektor dapat masuk ke pasar online melalui program e-Smart IKM selama periode tahun 2017-2019. Mereka…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:00 WIB

Para Pemimpin Negeri Harus Berkomitmen Kuat Wujudkan Persatuan Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan pasca Pemilu 2019 yang telah menguras banyak tenaga dan pikiran, harus ditindaklanjuti dengan mengisi kembali pembangunan. Tidak bisa dipungkiri,…

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 18:30 WIB

Kemenperin Targetkan 250 Peserta Beradu Inovasi di IGDS 2019

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) kembali melakukan acara sosialisasi Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019. Tahun 2019 ini,…