Vira Usaha Targetkan Peningkatan Penjualan 60 Persen

Oleh : Herry Barus | Rabu, 11 Januari 2017 - 14:45 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - PT Varia Usaha, salah satu anak usaha PT Semen Indonesia Tbk bagian distributor semen dan berbagai produk turunannya, menargetkan peningkatan penjualan sebesar 60 persen di tahun 2017 dibanding tahun 2016.

Direktur Utama PT Varia Usaha Sumarwanto di Gresik, Rabu (11/2) mengatakan upaya peningkatan penjualan dilakukan dengan membangun tambahan 10 unit kantor, gudang semen dan nonsemen di berbagai wilayah di Pulau Jawa dan Kalimantan pada 2017.

"Kami targetkan membangun sekurangnya 10 unit kantor dan gudang sejenis di berbagai wilayah pemasaran PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (PT SMI)," ucap Sumarwanto ditemui Antara  usai meresmikan penggunakan kantor, gudang semen dan nonsemen Bidang Usaha Perdagangan Bahan Bangunan (BU PBB) di Gulomanung, Kebomas Gresik.

Ia mengatakan, selama kurun 2016 PT Varia Usaha mendapatkan total penjualan secara 'holding' sebesar Rp4,3 triliun, dan ditarget melompat 60 persen dari pendapatan tahun lalu.

Oleh karena itu, kata Sumarwanto dengan keberadaan banyaknya gudang yang tersebar nantinya diharapkan bisa meningkatkan cadangan atau stok semen, sehingga tidak menumpuk di pabrik.

"Saat ini kami sudah punya cabang 50 gudang, dan 45 gudang berada di Jawa Timur. Pada tahun 2017 kami target tambah 10 lagi dengan sistem sewa dan beli di berbagai wilayah," tuturnya.

Salah satu gudang dan kantor yang saat ini sudah diresmikan adalah gudang di Gulomantung Gresik yang dibangun di atas lahan seluas 11.000 M2 dengan menelan dana investasi sebesar Rp7,5 miliar.

Gudang Gresik itu terdiri dari gudang semen seluas 720 M2, gudang semen jumbo seluas 768 M2, gudang nonsemen seluas 432 M2 dan kantor seluas 126 M2.

"Kantor dan Gudang Gulomantung Kebomas ini diposisikan untuk menambah sarana operasional BU PBB Cabang Gresik yang ada di Golokan Sidayu Gresik," imbuhnya.

Ia berharap keberadaan kantor dan gudang Gulomantung Kebomas dapat memperkuat daerah pemasaran semen zak wilayah Gresik kota dan sebagian wilayah Surabaya bagian barat, serta diharapkan dapat menunjang daerah pemasaran luar pulau.

Sementara pada kegiatan peresmian, selain dihadiri Sumarwanto selaku Direktur Utama, juga didampingi jajaran direksi, pejabat dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMI), jajaran pimpinan PT Varia Usaha dan mitra usaha/pelanggan semen zak, semen curah dan semen jumbo di wilayah Jawa Timur dan undangan dari instansi terkait dan masyarakat sekitar.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Antam

Kamis, 05 Agustus 2021 - 22:49 WIB

Petinggi Antam Diperiksa Kejagung

Kejaksaan Agung Republik Indonesia akhirnya mengikuti berbagai desakan Komisi Hukum DPR RI untuk mengungkap skandal penyelundupan imporemas batangan yang dilakukan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk.…

irektur Utama BTN, Haru Koesmahargyo/swa

Kamis, 05 Agustus 2021 - 21:08 WIB

CEO BTN, Haru Koesmahargyo: Stimulus Pemerintah Genjot Sektor Perumahan

Jakarta– CEO BTN Haru Koesmahargyo PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menyebut, faktor pendorong pertumbuhan perumahan saat ini adalah stimulus-stimulus yang diberikan pemerintah ke sektor…

Gubernur Anies dan Relawan Kesehatan

Kamis, 05 Agustus 2021 - 20:30 WIB

Gubernur Anies Lepas Pulang Relawan Kesehatan: Terimakasih Ibu/Bapak Telah Tulus Berjuang Menangani Pasien Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada hari ini turut melepas Relawan Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Ekstensi Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede yang berasal dari RS Vertikal Kementerian Kesehatan…

Ilustrasi Pekerja Pabrik Tekstil Pan Brothers

Kamis, 05 Agustus 2021 - 20:07 WIB

Kembali Diguguat, Pan Brothers Bakal 'Mati-matian' Lawan Maybank

PT Bank Maybank Indonesia Tbk kembali menggugat PT Pan Brothers Tbk ke ranah hukum. Setelah pengajuan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) ditolak, kali ini perusahaan mengajukan permohonan…

Ilustrasi toko pasar tutup

Kamis, 05 Agustus 2021 - 19:05 WIB

Ya Ampun Miris & Sedih! 20% dari 6.000 Pedagang Pasar di Kota Bekasi Gulung Tikar

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi mencatat sebanyak 10-20% pedagang di sejumlah pasar di Kota Bekasi gulung tikar akibat terdampak pandemi Covid-19. Adapun persentase tersebut…