Vira Usaha Targetkan Peningkatan Penjualan 60 Persen

Oleh : Herry Barus | Rabu, 11 Januari 2017 - 14:45 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - PT Varia Usaha, salah satu anak usaha PT Semen Indonesia Tbk bagian distributor semen dan berbagai produk turunannya, menargetkan peningkatan penjualan sebesar 60 persen di tahun 2017 dibanding tahun 2016.

Direktur Utama PT Varia Usaha Sumarwanto di Gresik, Rabu (11/2) mengatakan upaya peningkatan penjualan dilakukan dengan membangun tambahan 10 unit kantor, gudang semen dan nonsemen di berbagai wilayah di Pulau Jawa dan Kalimantan pada 2017.

"Kami targetkan membangun sekurangnya 10 unit kantor dan gudang sejenis di berbagai wilayah pemasaran PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (PT SMI)," ucap Sumarwanto ditemui Antara  usai meresmikan penggunakan kantor, gudang semen dan nonsemen Bidang Usaha Perdagangan Bahan Bangunan (BU PBB) di Gulomanung, Kebomas Gresik.

Ia mengatakan, selama kurun 2016 PT Varia Usaha mendapatkan total penjualan secara 'holding' sebesar Rp4,3 triliun, dan ditarget melompat 60 persen dari pendapatan tahun lalu.

Oleh karena itu, kata Sumarwanto dengan keberadaan banyaknya gudang yang tersebar nantinya diharapkan bisa meningkatkan cadangan atau stok semen, sehingga tidak menumpuk di pabrik.

"Saat ini kami sudah punya cabang 50 gudang, dan 45 gudang berada di Jawa Timur. Pada tahun 2017 kami target tambah 10 lagi dengan sistem sewa dan beli di berbagai wilayah," tuturnya.

Salah satu gudang dan kantor yang saat ini sudah diresmikan adalah gudang di Gulomantung Gresik yang dibangun di atas lahan seluas 11.000 M2 dengan menelan dana investasi sebesar Rp7,5 miliar.

Gudang Gresik itu terdiri dari gudang semen seluas 720 M2, gudang semen jumbo seluas 768 M2, gudang nonsemen seluas 432 M2 dan kantor seluas 126 M2.

"Kantor dan Gudang Gulomantung Kebomas ini diposisikan untuk menambah sarana operasional BU PBB Cabang Gresik yang ada di Golokan Sidayu Gresik," imbuhnya.

Ia berharap keberadaan kantor dan gudang Gulomantung Kebomas dapat memperkuat daerah pemasaran semen zak wilayah Gresik kota dan sebagian wilayah Surabaya bagian barat, serta diharapkan dapat menunjang daerah pemasaran luar pulau.

Sementara pada kegiatan peresmian, selain dihadiri Sumarwanto selaku Direktur Utama, juga didampingi jajaran direksi, pejabat dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMI), jajaran pimpinan PT Varia Usaha dan mitra usaha/pelanggan semen zak, semen curah dan semen jumbo di wilayah Jawa Timur dan undangan dari instansi terkait dan masyarakat sekitar.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:30 WIB

Venesia Tunda Pajak Turis untuk Wisatawan Hingga 2023

Sesuai perkembangan terbaru, Venesia telah menunda rencananya untuk membebankan pengunjung 'pajak turis' untuk mengelola overtourism.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:25 WIB

Tinjau Penanganan Banjir Rob Semarang, Menteri Basuki Instruksikan Penanganan Cepat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau langsung ke lokasi penanganan banjir rob dan tanggul laut yang jebol di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang,…

Menperin Agus, Menko Perekonomian Airlangga dan Sejumlah Menteri Gelar Indonesia Night di Davos

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:05 WIB

Pacu Investasi, Menperin Agus, Menko Airlangga Dkk Gelar Indonesia Night di WEF 2022 Davos

Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa keikutsertaan Indonesia dalam pertemuan tahunan World Economic Forum 2022 di Davos Swiss akan dimanfaatkan oleh…

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat memaparkan proyek IKN di ajang Paviliun Indonesia

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:00 WIB

Gelar Dialog di Paviliun Indonesia Davos, Kepala Otorita IKN Beberkan Dampak Pemindahan Ibu Kota Negara

Indonesia Pavilion kembali menyelenggarakan sesi diskusi dengan tema “Nusantara: Indonesia New Capital City and Opportunities for The Future” pada Rabu siang waktu setempat (25/2). Sesi…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 08:53 WIB

Menteri Basuki Ajak Kementerian/Lembaga dan Swasta Kolaborasi Penuhi Kebutuhan Air Bersih dan Sanitasi Layak

Air bersih merupakan sumber kehidupan. Ketersediaan air bersih diyakini mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Hal disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan…