Vira Usaha Targetkan Peningkatan Penjualan 60 Persen

Oleh : Herry Barus | Rabu, 11 Januari 2017 - 14:45 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - PT Varia Usaha, salah satu anak usaha PT Semen Indonesia Tbk bagian distributor semen dan berbagai produk turunannya, menargetkan peningkatan penjualan sebesar 60 persen di tahun 2017 dibanding tahun 2016.

Direktur Utama PT Varia Usaha Sumarwanto di Gresik, Rabu (11/2) mengatakan upaya peningkatan penjualan dilakukan dengan membangun tambahan 10 unit kantor, gudang semen dan nonsemen di berbagai wilayah di Pulau Jawa dan Kalimantan pada 2017.

"Kami targetkan membangun sekurangnya 10 unit kantor dan gudang sejenis di berbagai wilayah pemasaran PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (PT SMI)," ucap Sumarwanto ditemui Antara  usai meresmikan penggunakan kantor, gudang semen dan nonsemen Bidang Usaha Perdagangan Bahan Bangunan (BU PBB) di Gulomanung, Kebomas Gresik.

Ia mengatakan, selama kurun 2016 PT Varia Usaha mendapatkan total penjualan secara 'holding' sebesar Rp4,3 triliun, dan ditarget melompat 60 persen dari pendapatan tahun lalu.

Oleh karena itu, kata Sumarwanto dengan keberadaan banyaknya gudang yang tersebar nantinya diharapkan bisa meningkatkan cadangan atau stok semen, sehingga tidak menumpuk di pabrik.

"Saat ini kami sudah punya cabang 50 gudang, dan 45 gudang berada di Jawa Timur. Pada tahun 2017 kami target tambah 10 lagi dengan sistem sewa dan beli di berbagai wilayah," tuturnya.

Salah satu gudang dan kantor yang saat ini sudah diresmikan adalah gudang di Gulomantung Gresik yang dibangun di atas lahan seluas 11.000 M2 dengan menelan dana investasi sebesar Rp7,5 miliar.

Gudang Gresik itu terdiri dari gudang semen seluas 720 M2, gudang semen jumbo seluas 768 M2, gudang nonsemen seluas 432 M2 dan kantor seluas 126 M2.

"Kantor dan Gudang Gulomantung Kebomas ini diposisikan untuk menambah sarana operasional BU PBB Cabang Gresik yang ada di Golokan Sidayu Gresik," imbuhnya.

Ia berharap keberadaan kantor dan gudang Gulomantung Kebomas dapat memperkuat daerah pemasaran semen zak wilayah Gresik kota dan sebagian wilayah Surabaya bagian barat, serta diharapkan dapat menunjang daerah pemasaran luar pulau.

Sementara pada kegiatan peresmian, selain dihadiri Sumarwanto selaku Direktur Utama, juga didampingi jajaran direksi, pejabat dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMI), jajaran pimpinan PT Varia Usaha dan mitra usaha/pelanggan semen zak, semen curah dan semen jumbo di wilayah Jawa Timur dan undangan dari instansi terkait dan masyarakat sekitar.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Blockchain

Kamis, 18 April 2019 - 17:10 WIB

Jelajahi Pasar Blockchain Indonesia, TTC Gandeng Tokocrypto dan Infonesia

Blockchain proyek dari Singapura, TTC Foundation resmi bekerjasama dengan Tokocrypto dan Infonesia sebagai bagian dari strategi memasuki pasar Indonesia. Melalui kerja sama ini, TTC Foundation…

Fujitsu Indonesia

Kamis, 18 April 2019 - 16:06 WIB

Tahun 2019, Fujitsu Indonesia Bidik Pertumbuhan Usaha Hingga Double Digit

PT Fujitsu Indonesia optimis penjulan di tahun 2019 akan tumbuh mencapai double digit. Pasalnya, segmen pasar yang disasar oleh perusahaan masih mempunyai peluang yang cukup besar di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat salah satu AMMDes

Kamis, 18 April 2019 - 15:10 WIB

Sejak Diluncurkan Agustus 2018, AMMDes Raih Banyak Pujian

Pengembangan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) diapresiasi banyak pihak karena mampu memberikan beragam manfaat bagi kebutuhan masyarakat desa. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 18 April 2019 - 14:38 WIB

BNI Syariah Targetkan Pembukaan Rekening Online diakhir 2019

Jakarta - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019. Pembukaan rekening online merupakan salah satu strategi yang dilakukan BNI Syariah untuk meningkatkan layanan di…

Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi di Pesantren-Pesantren

Kamis, 18 April 2019 - 14:11 WIB

Cerita Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi ke Pesantren-Pesantren

Koperasi Komunitas Mantan Narapidana teroris dan Gerakan Aktivis Radikal (Kontantragis) yang didirikan di Bandung pada 28 Oktober 2017 sukses memperluas pasar dengan produk unggulan kopi, sabun,…