Alokasikan Rp 4,72 Triliun, Chandra Asri Mulai Bangun Pabrik di Cilegon

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 05 Februari 2018 - 14:03 WIB

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) mulai pembangunan fasilitas pabrik polyethylene (PE) baru dengan kapasitas 400 kiloton pertahun (KTA) senilai Rp 4,72 triliun. Pembangunan pabrik ini ditargetkan untuk selesai pada akhir tahun 2019 dan mulai beroperasi pada 2020 dikawasan Petrokimia, Cilegon Banten.

 Oleh karena itu, pasca pengoperasioan pabrik ini perseroan menargetkan peningkatan kapasitas produksi PE menjadi 736 KTA dari kapasitas sekarang yang hanya 336 KTA.

"Permintaan pasar PE di Indonesia saat ini diperkirakan sekitar 1,4 juta TPA (ton per annum) dan akan terus tumbuh seiring dengan PDB negara. Pabrik PE kami yang baru akan menjadi sumber tambahan produk PE dalam negeri sebagai substitusi impor dan mengurangi arus keluar valuta asing,” jelas Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra seperti dikutip dari rilisnya, Senin (5/2/2018)

Pabrik baru ini akan menghasilkan high density polythylene (HDPE), linear low density polythylene (LLDPE), dan Metallocene LLDPE (mLLDPE). Adapun aplikasi dari zat tersebut ialah sebagai bahan baku blown film, karung beras, mainan, tutup botol, tas belanja, peralatan rumah tangga, tali, terpal, pipa, serta kontrak kontainer.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.