BPS: Pertumbuhan Industri Manufaktur Sulsel Meningkat

Oleh : Herry Barus | Senin, 05 Februari 2018 - 09:14 WIB

Dirjen IKM Berikan Fasilitas IKM Mebel dan Kerajinan
Dirjen IKM Berikan Fasilitas IKM Mebel dan Kerajinan

INDUSTRY.co.id - Makassar- Badan Pusat Statitistik (BPS) Sulawesi Selatan mencatat angka pertumbuhan industri manufaktur besar dan sedang pada triwulan IV/2017 mengalami kenaikan 1,11 persen dibandingkan dengan triwulan II/2017.

"Berdasarkan data `q to q` antara triwulan IV dan triwulan III itu ada kenaikan dan kenaikannya tidak terlalu besar tapi masih cukup bagus," ujar Kepala BPS Sulsel Nursam Salam di Makassar, Sabtu (3/2/2018)

Dia menjelaskan, pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang secara tahunan (y on y) pada triwulan IV tahun 2017 naik sebesar 7,65 persen terhadap triwulan IV tahun 2016.

Capaian pertumbuhan industri manufaktur besar dan sedang Sulawesi Selatan ini bahkan berada di atas pertumbuhan nasional yang sebesar 5,15 persen pada periode yang sama.

Dia menyebutkan jenis-jenis manufaktur besar dan sedang yang mengalami kenaikan pertumbuhan produksi pada triwulan IV/2017 adalah industri kayu.

Pada industri kayu, barang dari kayu dan gabus (tidak termasuk furnitur) dan barang anyaman dari bambu, rotan dan sejenisnya, mengalami kenaikan sebesar 6,05 persen. Begitu juga dengan industri barang galian bukan logam, naik sebesar 5,23 persen.

"Kenaikan pada industri kayu ini cukup bagus secara q to q dan jumlahnya itu mencapai 6,05 persen. Kemudian ada industri barang galian yang bukan logam juga naik 5,23 persen," katanya.

Nursam mengaku jika industri manufaktur di Indonesia menjadi salah satu pendorong dalam pertumbuhan ekonomi, baik secara domestik maupun nasional. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi security system. (Alvis Upitis/Getty Images)

Senin, 06 April 2020 - 23:10 WIB

Six years of the GitHub Security Bug Bounty program

Last month GitHub reached some big milestones for our Security Bug Bounty program. As of February 2020, it’s been six years since we started accepting submissions. Over the years we’ve been…

Media Luar Ruang City Vision

Senin, 06 April 2020 - 22:15 WIB

Media Luar Ruang City Vision Gandeng KAI Sebarluaskan Informasi Covid-19

Sebagai perusahaan media luar ruang terbesar di Indonesia, City Vision berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemerintah dan berbagai institusi lain dalam menyebarluaskan informasi kesehatan…

Keringanan kredit properti Sinar Mas

Senin, 06 April 2020 - 21:40 WIB

Industri Properti Lawan Corona, Sinar Mas Land Berikan Keringanan Bayar Kepada Masyarakat

Untuk membantu masyarakat yang ingin membeli hunian dengan cepat, Sinar Mas Land kini menawarkan solusinya dengan program berskala nasional bernama Move in Quickly.

Semen Indonesia Berikan bantuan covid-19 senilai Rp1,9 miliar

Senin, 06 April 2020 - 21:15 WIB

Semen Indonesia Serahkan Bantuan APD dan Alkes Senilai Rp1,93 miliar untuk Tenaga Medis

Semen Indonesia Gresik (SIG) memberikan bantuan alat kesehatan dan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis di Rumah Sakit Semen Gresik (RSSG) senilai Rp1,93 miliar.

Ketum BPD HIPMI Jaya 2017-2020, Afifuddin Kalla (Kiri), dan Calon Ketum BPD HIPMI Jaya 2020-2023, Muhamad Alipudin

Senin, 06 April 2020 - 20:27 WIB

Anies Diminta Bentuk Gugus Tugas Ekonomi, Caketum HIPMI: Agar Realisasi 'Titah' Presiden soal Relaksasi Kredit Tidak Gagal Paham di Lapangan

"Kebijakan tersebut juga harus didukung oleh langkah yang konkrit dari pemerintah untuk segera merealisasikan relaksasi tersebut, agar terjadi sinkronisasi seluruh pihak perbankan maupun lembaga…