2.000 Polisi Solo Siap Amankan Delapan Besar Piala Presiden

Oleh : Herry Barus | Kamis, 01 Februari 2018 - 03:35 WIB

Piala Presiden 2018 (Foto Dok Industry.co.id)
Piala Presiden 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Solo- Polres Kota Surakarta telah menyiapkan sebanyak 2.000 personel gabungan untuk pengamanan pertandingan babak delapan Besar Piala Presiden 2018 yang akan digelar di Stadion Manahan Solo, pada tanggal 3 hingga 4 Februari mendatang.

Kepala Bagian Operasional Polres Kota Surakarta Kompol Arief Joko, di Solo, Rabu, (31/1/2018) mengatakan untuk soal teknis pengamanan masih menunggu hasil rapat koordinasi dengan Panitia Pengelenggara (Panpel) Piala Presiden yang digelar Rabu petang ini, tetapi jika berpedoman pada pertandingan sebelumnya, 2.000 personel gabungan siap diterjunkan guna mengamankan kegiatan nasional tersebut.

Arief Joko mengatakan pihaknya akan membagi dalam menempatkan personel antara lain di kawasan Stadion Manahan, termasuk akses menuju stadion hingga penyekatan batas kota serta lokasi-lokasi tertentu.

"Kami dalam pengamanan juga melakukan pengawalan tim-tim yang berlaga dari penginapan hingga lokasi pertandingan," kata Arief Joko.

Pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan pihak Panpel di Balai Persis, membahas soal pengamanan suporter pendukung tim yang berlaga babak delapan besar ini.

Pihaknya juga menyarankan kepada para suporter tentang apa saja yang boleh dibawa melihat timnya yang sedang berlaga. Mereka wajib mengarahkan kepada anggotanya tentang barang bawaannya.

Selain itu, pihaknya juga akan meminta bantuan kepada suporter Persis Solo, Pasoepati untuk ikut mengawasi pada suporter dari wilayah lain, sehingga ada kemungkinan dengan sesama suporter hal-hal yang tidak diinginkan dapat dicegah.

"Kami dalam pengamanan tetap mengedepankan upaya Preemtif dan Preventif," kata Arief Joko saat mewakili Kapolres Kota Surakarta Kombes Pol Ribut Hari Wibowo.

Polres Kota Surakarta menyarankan agar turnamen 8 Besar Piala Presiden 2018 yang digelar di Stadion Manahan selama dua hari tersebut tidak berturut-turut.

"Alangkah baiknya ada jeda waktu satu hari. Hal ini, menjadi pertimbangan aspek Kamtibmas soal suporter pendukung setiap tim, akan memadati kawasan Solo," ujarnya.

"Kami akan menyampaikan saran ini saat rapat bersama antara jajaran keamanan dengan Panpel Turnamen Piala Preiden 2018 baik dari Pusat maupun daerah," katanya.

Delapan tim yang berhasil lolos ke babak delapan besar turnamen Piala Presiden 2018 antara lain Persija Jakarta, Madura United, PSMS Medan, Arema FC Malang, Bali United, Persebaya Surabaya, Mitra Kukar, dan Sriwijaya FC.

Delapan tim yang lolos tersebut dijadwalkan akan bertemu di Stadion Manahan Solo, tanggal 3 hingga 4 Februari mendatang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oppo Reno Series (Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 09:30 WIB

Lewat Reno Series, Oppo Kembali Jajahi Pasar High-end

Oppo akhirnya secara resmi memboyong ponsel seri Reno ke Indonesia. Ponsel yang masuk dalam segmen kelas atas dan mengedepankan fitur fotografi ini hadir di Tanah Air dalam dua model yaitu,…

OPPO Reno Series (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 09:15 WIB

Resmi Diluncurkan di Indonesia, Ini Keunggulan OPPO Reno Series

Hadir dalam dua varian, yaitu Reno 10x Zoom dan Reno, kedua smartphone ini digadang-gadang sebagai perangkat high-end terbaru OPPO yang diklaim menggunakan penggabungan teknologi terkini dan…

Menko Polhukam Wiranto

Selasa, 18 Juni 2019 - 09:00 WIB

Wiranto Ajak Masyarakat Berpikir Rasional Terkait Sidang MK

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan bahwa sidang Mahkamah Konstitusi berjalan aman dan lancar. Hal ini dilaporkan oleh aparat Kepolisian dan aparat intelijen…

Peluncuran OPPO Reno Series (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 08:33 WIB

OPPO Resmi Luncurkan Reno Series di Indonesia, Berapa Harganya?

Hadir dalam dua varian, yaitu Reno 10x Zoom dan Reno, OPPO Reno Series merupakan perangkat high-end terbaru OPPO yang menggabungkan teknologi terkini dan kemampuan fotografi menawan dalam…

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Selasa, 18 Juni 2019 - 07:04 WIB

Kementan Antisipasi Kekeringan Sawah di Sejumlah Wilayah Kebumen

Kebumen - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) melakukan pemantauan kekeringan tanaman padi di Kabupaten Kebumen. Ditemukan beberapa…