Menag Pastikan PP jaminan Produk Halal Segera Terbit

Oleh : Herry Barus | Rabu, 31 Januari 2018 - 12:48 WIB

Halal makanan (Foto Dok Industry.co.id)
Halal makanan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Jaminan Produk Halal sebagai turunan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, segera terbit.

"PP sebentar lagi akan ditandatangani Presiden. Tinggal finalisasi," katanya di Jakarta, Selasa (30/1/2018)

Pada 11 Oktober 2017, pemerintah membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Peresmian dilakukan oleh Menag Lukman.

Sejak peresmian, BPJPH secara bertahap merintis perangkat kelembagaan, infrastruktur, regulasi, prosedur kerja layanan sertifikasi, sistem pengawasan serta pengembangan kerja sama domestik dan global.

BPJPH akan segera bekerja pada 2018 setelah terbitnya PP soal Jaminan Produk Halal yang akan menjadi payung hukum kinerja dari badan tersebut.

Lukman mengatakan BPJPH sebagai lembaga baru akan berupaya melakukan sosialisasi. Ranah badan sertifikasi halal negara itu mencakupi status kehalalan banyak produk, baik itu makanan, minuman, obat-obatan, kosmetika, pakaian dan barang gunaan lainnya.

BPJPH dalam proses penerbitan sertifikat halal terhadap suatu produk akan bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia dan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) sesuai amanat UU No 33 Tahun 2014.

Lewat UU itu, BPJPH mendapat mandat untuk menerbitan sertifikat halal produk.

Kewenangan tersebut selama ini berada di MUI. Dengan aturan baru, MUI dipangkas kewenangannya sehingga menyisakan tiga kewenangan yaitu mengeluarkan fatwa kehalalan suatu produk, melakukan sertifikasi terhadap Lembaga Pemeriksa Halal dan auditor-auditor yang bergerak dalam industri halal harus dapat persetujuan MUI.

Dengan UU JPH, kini pemerintah dapat menindak secara hukum para pelaku usaha yang berupaya melakukan kecurangan terhadap produknya. Regulasi itu bertujuan untuk melindungi masyaratakat, terutama umat Islam, dari paparan produk nonhalal.

Proses Sertifikasi Halal Kepala BPJPH Sukoso mengatakan terdapat tahapan agar suatu produk mendapatkan sertifikat halal.

Dia mengatakan pemohon sertifikat halal dapat mengajukan permohonan sertifikat halal lewat BPJPH. Selanjutnya, pelaku usaha diperkenanankan memilih LPH sebagai penguji produk.

Kemudian, produk itu ditetapkan status kehalalannya oleh MUI melalui Sidang Fatwa Halal.

Apabila suatu produk ditetapkan halal oleh MUI maka BPJPH akan menerbitkan sertifikasi terhadap produk tersebut. Jika tidak mendapatkan sertifikat BPJPH mengembalikan permohonan sertifikat halal kepada pelaku usaha disertai dengan alasan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI dan Kakorlantas sosialisasi keselamatan dari Covid-19

Selasa, 07 April 2020 - 11:56 WIB

Kakorlantas - Bank Rakyat Indonesia, Cek Suhu Tubuh Ojol dengan Drone

Mengawali hari pertama pelaksanaan Operasi Keselamatan dan Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 yang dimulai hari ini, 6 April sampai 19 April 2020, Korlantas Polri bersama Ditlantas Polda Metro…

Erich Gerber, selaku senior vice president TIBCO Software untuk kawasan EMEA dan APJ

Selasa, 07 April 2020 - 11:21 WIB

TIBCO Ditetapkan Sebagai Pemimpin dalam Laporan Platform Bisnis Digital 2020 oleh Aragon Research

TIBCO Software Inc., mengumumkan pengukuhan sebagai Pemimpin dalam laporan Aragon Research Globe Digital Business Platforms 2020  untuk kedua kalinya berturut-turut.

Pamelo mask

Selasa, 07 April 2020 - 11:10 WIB

Pamelo Bersama Industri Fesyen Lawan Virus Corona Lewat Pamelo Cares

Pomelo juga akan meluncurkan fitur untuk menyumbangkan dana atau masker secara langsung ke mitra organisasi kesehatan di Thailand, Singapura, dan Indonesia, serta melakukan kampanye sosial dan…

Synopsys

Selasa, 07 April 2020 - 11:00 WIB

Code quality and maintenance: Emerging risks of open source use

In the invaluable Gartner research paper Technology Insight for Software Composition Analysis, the analyst cites an interesting finding during his examination of the current state of SCA (software…

Logitech G

Selasa, 07 April 2020 - 10:40 WIB

Psysical Distancing, Logitech G Meluncurkan Gerakan #PlayAtHome

Logitech G, sebuah brand dari Logitech membuat gerakan bertajuk #PlayAtHome guna mendukung himbauan pemerintah dan WHO untuk menyukseskan physical distancing, sehingga semua masyarakat dapat…