Perigati HUT ke 30, Astra Agro Lestari Gelar Program Bakti Untuk Negeri

Oleh : Hariyanto | Minggu, 28 Januari 2018 - 08:19 WIB

PT Astra Agro Lestari Tbk
PT Astra Agro Lestari Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memperingati usia ke-30 tahun, PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) menggelar program Bakti untuk Negeri sepanjang 2018.

Program kegiatannya dibagi empat bidang besar, yaitu pelestarian lingkungan, peningkatan ekonomi rakyat, peningkatan pendidikan, dan peningkatan kesehatan.

Agendanya, program Bhakti untuk Negeri ini digelar di sekitar kebun-kebun Grup Astra Agro yang tersebar di tiga area, baik Sumatera, Kalimantan maupun Sulawesi.

"Seluruh bidang yang ditujukan untuk kebutuhan masyarakat itu dirancang sesuai dengan misi perusahaan yang ingin menjadi panutan dan berkontribusi pada pembangunan dan kesejahteraan bangsa," ujar Presiden Direktur AALI, Santosa dalam rilis kepada media di Jakarta, Sabtu (27/1/2018).

Santosa mengatakan, bagi Astra Agro, masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perusahaan yang harus ikut tumbuh dan berkembang bersama. Pada bidang lingkungan, Grup Astra Agro, akan melakukan penanaman mangrove di tiga area. Masing-masing area, Astra Agro akan menanam 30 ribu pokok mangrove.

"Selain mangrove, di tiga area juga akan ditanam 30 ribu pohon langka. Upaya menjaga kelestarian lingkungan juga dilakukan dengan menciptakan 30 Duta Konservasi," kata Santosa.

Sedangkan dari bidang peningkatan ekonomi masyarakat, Grup Astra Agro akan meremajakan 3.000 hektar lahan sawit mitra, pembinaan petani sawit mitra di 3.000 desa sekitar, pembiayaan untuk kebutuhan sarana dan prasarana produksi tanaman (saprotan) dengan nilai yang mencapai Rp 30 miliar, dan pemberian bantuan sebesar 30 ribu bibit sawit.

Upaya peningkatan perekonomian masyarakat juga dilakukan dengan menciptakan 300 paguyuban mandiri, menanam 3.000 pohon bernilai ekonomis di tiga area dan pemberian bantuan 30 proyek budidaya ikan dan ayam.

Tak kalah menariknya, lanjut Santosa, program-program di bidang pendidikan. Di bidang ini, Grup Astra Agro menggelar program mengajar ke beberapa tempat dengan total jam pelajaran mencapai 3000 jam, pemberian bantuan buku sebanyak 3.000 buku untuk tiga area, pelatihan 3.000 tenaga pengajar (guru).

Grup Astra Agro juga akan memberikan bantuan perlengkapan untuk 30 taman bacaan desa, pembentukan 30 sanggar seni dan budaya, serta pemberian beasiswa di 300 desa sekitar.

Sementara di bidang kesehatan masyarakat, Grup Astra Agro akan menggelar Donor Darah sebanyak 3.000 kantong darah,melakukan pembinaan terhadap 300 posyandu desa di tiga area, pemberian bantuan imunisasi kepada 3.000 anak, serta melakukan Sunatan Masal kepada 3.000 anak. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 16 Desember 2019 - 14:30 WIB

Asaki Desak Pemerintah Terapkan Safeguard dan Pembatasan Kouta Impor Keramik Asal India dan Vietnam

Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto mengatakan, saat ini impor produk keramik dari India dan Vietnam angkanya sudah sangat mengkhawatirkan.

Sekjen Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono saat memberikan penghargaan industri hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 16 Desember 2019 - 13:02 WIB

Penerapan Industri Hijau Mampu Hemat Energi Sebesar Rp 3,49 Triliun

Berdasarkan data self asessment industri tahun 2018, dapat dihitung penghematan energi sebesar Rp 3,49 triliun dan penghematan air sebesar Rp 228,9 miliar.

(kiri) Direktur Bisnis Komersil BRIsyariah Kokok Alun Akbar

Senin, 16 Desember 2019 - 12:45 WIB

BRI Syariah Tingkatkan Potensi Bisnis Muhammadiyah

Jakarta--- BRIsyariah menandatangani nota kesepahaman bersama PP Muhammadiyah pada 16 Desember 2019. Penandatanganan tersebut dilakukan di Jakarta. Nota kesepahaman ditandatangani oleh Direktur…

Bluebird Group Gandeng HMD Global Hadirkan Pengalaman Mobile Bagi Pengemudi dan Konsumen

Senin, 16 Desember 2019 - 11:34 WIB

Bluebird Group Gandeng HMD Global Hadirkan Pengalaman Mobile Bagi Pengemudi dan Konsumen

Sebagai bagian dari kemitraan ini, Bluebird Group akan mendapatkan harga khusus untuk sejumlah tipe smartphone Nokia guna memastikan para pengemudi mendapatkan teknologi yang mereka perlukan…

Toni EB Subari, Direktur Utama Mandiri Syariah bersama Muhammadiyah

Senin, 16 Desember 2019 - 10:56 WIB

Mandiri Syariah Salurkan Pembiayaan Senilai Rp1,5 Triliun ke Muhammadiyah

Jakarta-PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) perkuat kerja sama dengan Muhammadiyah melalui penyediaan fasilitas pembiayaan senilai total Rp1,5 triliun.