Perigati HUT ke 30, Astra Agro Lestari Gelar Program Bakti Untuk Negeri

Oleh : Hariyanto | Minggu, 28 Januari 2018 - 08:19 WIB

PT Astra Agro Lestari Tbk
PT Astra Agro Lestari Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memperingati usia ke-30 tahun, PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) menggelar program Bakti untuk Negeri sepanjang 2018.

Program kegiatannya dibagi empat bidang besar, yaitu pelestarian lingkungan, peningkatan ekonomi rakyat, peningkatan pendidikan, dan peningkatan kesehatan.

Agendanya, program Bhakti untuk Negeri ini digelar di sekitar kebun-kebun Grup Astra Agro yang tersebar di tiga area, baik Sumatera, Kalimantan maupun Sulawesi.

"Seluruh bidang yang ditujukan untuk kebutuhan masyarakat itu dirancang sesuai dengan misi perusahaan yang ingin menjadi panutan dan berkontribusi pada pembangunan dan kesejahteraan bangsa," ujar Presiden Direktur AALI, Santosa dalam rilis kepada media di Jakarta, Sabtu (27/1/2018).

Santosa mengatakan, bagi Astra Agro, masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perusahaan yang harus ikut tumbuh dan berkembang bersama. Pada bidang lingkungan, Grup Astra Agro, akan melakukan penanaman mangrove di tiga area. Masing-masing area, Astra Agro akan menanam 30 ribu pokok mangrove.

"Selain mangrove, di tiga area juga akan ditanam 30 ribu pohon langka. Upaya menjaga kelestarian lingkungan juga dilakukan dengan menciptakan 30 Duta Konservasi," kata Santosa.

Sedangkan dari bidang peningkatan ekonomi masyarakat, Grup Astra Agro akan meremajakan 3.000 hektar lahan sawit mitra, pembinaan petani sawit mitra di 3.000 desa sekitar, pembiayaan untuk kebutuhan sarana dan prasarana produksi tanaman (saprotan) dengan nilai yang mencapai Rp 30 miliar, dan pemberian bantuan sebesar 30 ribu bibit sawit.

Upaya peningkatan perekonomian masyarakat juga dilakukan dengan menciptakan 300 paguyuban mandiri, menanam 3.000 pohon bernilai ekonomis di tiga area dan pemberian bantuan 30 proyek budidaya ikan dan ayam.

Tak kalah menariknya, lanjut Santosa, program-program di bidang pendidikan. Di bidang ini, Grup Astra Agro menggelar program mengajar ke beberapa tempat dengan total jam pelajaran mencapai 3000 jam, pemberian bantuan buku sebanyak 3.000 buku untuk tiga area, pelatihan 3.000 tenaga pengajar (guru).

Grup Astra Agro juga akan memberikan bantuan perlengkapan untuk 30 taman bacaan desa, pembentukan 30 sanggar seni dan budaya, serta pemberian beasiswa di 300 desa sekitar.

Sementara di bidang kesehatan masyarakat, Grup Astra Agro akan menggelar Donor Darah sebanyak 3.000 kantong darah,melakukan pembinaan terhadap 300 posyandu desa di tiga area, pemberian bantuan imunisasi kepada 3.000 anak, serta melakukan Sunatan Masal kepada 3.000 anak. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustraai United Airlines (ist)

Minggu, 12 Juli 2020 - 00:05 WIB

Prospek Industri Penerbangan Suram, United Airlines Bakal PHK 36 Ribu Karyawan

Maskapai United Airlines asal Amerika Serikat dikabarkan akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap separuh total pekerjanya atau sebesar 36. 000 karyawan dikarenakan penurunan penumpang…

Ilustrasi Klaster Pangan (Photo by iNews)

Sabtu, 11 Juli 2020 - 22:10 WIB

Lewat Corporate Farming, Klaster Pangan BUMN Bersinergi Genjot Produktivitas Pertanian

Dalam rangka peningkatan produktivitas pertanian, PT Sang Hyang Seri (Persero) (SHS), PT Pertani (Persero), dan Klaster Pangan BUMN menjalin kerjasama pengembangan pertanian di lahan HGU SHS…

Dirjen IKMA Kemenperin Gati

Sabtu, 11 Juli 2020 - 22:00 WIB

Kemenperin Fasilitasi Perlindungan KI untuk Pelaku Industri Kecil dan Menengah

Kementerian Perindustrian terus fokus pada pengembangan industri kecil dan menengah (IKM), termasuk memfasilitasi para pelaku IKM dalam hal perlindungan kekayaan intelektual (KI). Dirjen IKMA…

CIMB Niaga Syariah

Sabtu, 11 Juli 2020 - 21:15 WIB

CIMB Niaga Syariah Serahkan Bantuan Ambulans untuk Warga Bandung Barat

Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulans bagi warga Desa Puncaksari, Sindangkerta.

Kunjungan Menteri Edhy Prabowo ke PT Japfa Comfeed Indonesia

Sabtu, 11 Juli 2020 - 20:15 WIB

Genjot Budidaya Ikan, Menteri Edhy Prabowo Kunjungi PT Japfa Comfeed Indonesia

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo, mengunjungi PT Iroha Sidat Indonesia (ISI) yang merupakan bagian dari PT Suri Tani Pemuka, anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia…