SCI-ALFI-AFFA Jalin Kerjasama Dalam Penelitian Logistik

Oleh : Ridwan | Kamis, 25 Januari 2018 - 19:30 WIB

Ilustrasi Logistik di Indonesia (Foto:supplychainindonesia)
Ilustrasi Logistik di Indonesia (Foto:supplychainindonesia)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Supply Chain Indonesia (SCI), Asosiasi Logistik Forwarder Indonesia (ALFI), dan ASEAN Federation of Forwarders Associations (AFFA) melakukan kerja sama penelitian sektor logistik Indonesia.

Kerja sama ini bertujuan untuk mendalami permasalahan sektor logistik Indonesia sebagai dasar perumusan rekomendasi perbaikan dan pengembangan sektor logistik Indonesia. Rekomendasi akan disampaikan kepada Pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait.

Salah satu bentuk kerja sama yang tengah dilakukan adalah penelitian melalui jajak pendapat sektor logistik Indonesia tahun 2017-2018 untuk mendapatkan persepsi dari para pemangku kepentingan terhadap sektor logistik Indonesia tahun 2017 dan prediksi tahun 2018.

Responden penelitian yang dilakukan pada 15 Januari sampai dengan 14 Februari 2018 ini adalah para praktisi pelaku dan penyedia jasa, pemilik barang, akademisi, birokrasi, pemerhati, dan pihak-pihak terkait dalam bidang logistik. Selain disampaikan kepada kementerian atau lembaga terkait, hasil penelitian akan dipublikasikan di media massa.

Chairman SCI, Setijadi, mengatakan bahwa penelitian melalui jajak pendapat ini telah dilakukan secara berkala dalam 3 tahun terakhir ini.

"Penelitian yang dilakukan terhadap beberapa pilar utama sektor logistik dan dikembangkan dengan metode ilmiah untuk menjamin validitas dan objektivitas," ujar Setijadi melalui siaran persnya di Jakarta, kamis (25/1/2018).

Ia menambahkan, untuk tahun 2017-2018, tingkat kedalaman penelitian ditambah. Untuk pilar infrastruktur, misalnya, analisis akan mencakup hingga per moda transportasi. "Hal ini penting agar pemerintah mendapatkan masukan lebih rinci dalam penentuan prioritas pembangunan infrastruktur moda transportasi," terangnya.

Ia melanjutkan, mengingat logistik yang bersifat multisektoral, analisis terhadap pilar regulasi juga lebih rinci, mencakup regulasi perdagangan dalam negeri, perdagangan luar negeri, regulasi transportasi, regulasi kepabeanan, dan regulasi daerah.

"Penelitian juga dilakukan untuk mengetahui pengaruh investasi asing dan efektivitas penerapan program pemerintah seperti Program Tol Laut," katanya.

Penelitian juga dilakukan untuk mengetahui strategi yang akan dilakukkan oleh para praktisi sektor logistik pada tahun 2018. Beberapa pilihan strategi yang menjadi fokus penelitian ini adalah kolaborasi dengan pemain regional atau global, investasi infrastruktur logistik (pergudangan, transportasi, dll.), dan pengembangan SDM.

Sementara itu, Ketua Umum ALFI dan Chairman AFFA, Yukki Nugrahawan Hanafi, menyatakan bahwa selama ini Indonesia terlalu tergantung dari hasil penelitian dari lembaga dan konsultan asing, termasuk untuk sektor logistik.

"Oleh karena itu, kerja sama penelitian SCI dan ALFI tersebut penting sebagai penelitian sektor logistik yang dimotori oleh lembaga dan asosiasi dalam negeri," ungkap Yukki.

SCI dan ALFI menggandeng AFFA untuk memperkuat penelitian dalam perspektif regional ASEAN, sehingga hasil penelitian yang akan bermanfaat dalam upaya peningkatan daya saing logistik Indonesia juga akan dilihat dalam perspektif negara- negara ASEAN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:53 WIB

Sah! Jokowi Lantik 17 Dubes Baru RI, Ada Nama Mantan Bos Kadin Hingga Jubir Presiden

Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi melantik 17 duta besar baru RI untuk 34 negara sahabat di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/10/2021).

Anggota DPR Fraksi Gerindra Novita

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:52 WIB

Polemik Syarat Terbang PCR dari Mendagri! Novita DPR: Aturan ini Lahir Kenapa, Landasannya Apa?

Menyikapi Instruksi Menteri Dalam Negri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, 2 dan 1 di Jawa dan Bali, Novita Wijayanti selaku Anggota Komisi V mempertanyakan landasan aturan…

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:42 WIB

Surplus Neraca Perdagangan RI Perkuat Perekonomian Indonesia dan Kepercayaan Investor Asing

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan Indonesiakembali surplus US$ 4,37 miliar pada September 2021, sehingga secara akumulatif sembilan bulan tahun ini mencapai surplus sebesar…

Ilustrasi Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:40 WIB

Kemenkop UKM Diminta Komisi VI Evaluasi Penyaluran BPUM, Enggak Tepat Sasaran?

Anggota Komisi VI DPR RI Haeny Relawati Rini Widyastuti berharap agar Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dapat menyalurkan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)…

Anggota Komisi IX DPR RI drg. Putih Sari

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:31 WIB

Penumpang Pesawat Wajib PCR, DPR Cantik Ini Geleng-geleng! Makin Susut Covid-19 Kok Aturannya Makin Ribet

Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sati menyoroti soal kebijakan pemerintah yang mewajibkan tes PCR bagi penumpang pesawat.  Padahal diketahui sebelumnya syarat perjalanan udara cukup hasil tes…