SCI-ALFI-AFFA Jalin Kerjasama Dalam Penelitian Logistik

Oleh : Ridwan | Kamis, 25 Januari 2018 - 19:30 WIB

Ilustrasi Logistik di Indonesia (Foto:supplychainindonesia)
Ilustrasi Logistik di Indonesia (Foto:supplychainindonesia)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Supply Chain Indonesia (SCI), Asosiasi Logistik Forwarder Indonesia (ALFI), dan ASEAN Federation of Forwarders Associations (AFFA) melakukan kerja sama penelitian sektor logistik Indonesia.

Kerja sama ini bertujuan untuk mendalami permasalahan sektor logistik Indonesia sebagai dasar perumusan rekomendasi perbaikan dan pengembangan sektor logistik Indonesia. Rekomendasi akan disampaikan kepada Pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait.

Salah satu bentuk kerja sama yang tengah dilakukan adalah penelitian melalui jajak pendapat sektor logistik Indonesia tahun 2017-2018 untuk mendapatkan persepsi dari para pemangku kepentingan terhadap sektor logistik Indonesia tahun 2017 dan prediksi tahun 2018.

Responden penelitian yang dilakukan pada 15 Januari sampai dengan 14 Februari 2018 ini adalah para praktisi pelaku dan penyedia jasa, pemilik barang, akademisi, birokrasi, pemerhati, dan pihak-pihak terkait dalam bidang logistik. Selain disampaikan kepada kementerian atau lembaga terkait, hasil penelitian akan dipublikasikan di media massa.

Chairman SCI, Setijadi, mengatakan bahwa penelitian melalui jajak pendapat ini telah dilakukan secara berkala dalam 3 tahun terakhir ini.

"Penelitian yang dilakukan terhadap beberapa pilar utama sektor logistik dan dikembangkan dengan metode ilmiah untuk menjamin validitas dan objektivitas," ujar Setijadi melalui siaran persnya di Jakarta, kamis (25/1/2018).

Ia menambahkan, untuk tahun 2017-2018, tingkat kedalaman penelitian ditambah. Untuk pilar infrastruktur, misalnya, analisis akan mencakup hingga per moda transportasi. "Hal ini penting agar pemerintah mendapatkan masukan lebih rinci dalam penentuan prioritas pembangunan infrastruktur moda transportasi," terangnya.

Ia melanjutkan, mengingat logistik yang bersifat multisektoral, analisis terhadap pilar regulasi juga lebih rinci, mencakup regulasi perdagangan dalam negeri, perdagangan luar negeri, regulasi transportasi, regulasi kepabeanan, dan regulasi daerah.

"Penelitian juga dilakukan untuk mengetahui pengaruh investasi asing dan efektivitas penerapan program pemerintah seperti Program Tol Laut," katanya.

Penelitian juga dilakukan untuk mengetahui strategi yang akan dilakukkan oleh para praktisi sektor logistik pada tahun 2018. Beberapa pilihan strategi yang menjadi fokus penelitian ini adalah kolaborasi dengan pemain regional atau global, investasi infrastruktur logistik (pergudangan, transportasi, dll.), dan pengembangan SDM.

Sementara itu, Ketua Umum ALFI dan Chairman AFFA, Yukki Nugrahawan Hanafi, menyatakan bahwa selama ini Indonesia terlalu tergantung dari hasil penelitian dari lembaga dan konsultan asing, termasuk untuk sektor logistik.

"Oleh karena itu, kerja sama penelitian SCI dan ALFI tersebut penting sebagai penelitian sektor logistik yang dimotori oleh lembaga dan asosiasi dalam negeri," ungkap Yukki.

SCI dan ALFI menggandeng AFFA untuk memperkuat penelitian dalam perspektif regional ASEAN, sehingga hasil penelitian yang akan bermanfaat dalam upaya peningkatan daya saing logistik Indonesia juga akan dilihat dalam perspektif negara- negara ASEAN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kiri ke kanan: ignasius arrie setiawan, komisaris, melly elita, direktur, tjia tjhin hwa komisaris, kiki sadrach dirut

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:29 WIB

Top! KKES Ekspansi ke Timur Indonesia, Targetkan Pertumbuhan Penjualan di Atas 11% dan Laba di Atas 14% pada 2024

Jakarta– PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) distributor dan importir bahan kimia maupun bahan baku untuk pertanian dan industri baru saja melaksanakan RUPST & paparan publik. Dalam kegiatan…

MenKopUKM Teten Masduki

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:13 WIB

Orasi Ilmiah di UMMI, Menteri Teten Tekankan Pentingnya Bangun Industri UMKM Berbasis Keunggulan Domestik

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya membangun industri UMKM berbasis keunggulan domestik, serta mengolah sumber daya alam hasil perkebunan dan pertanian…

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…