Hari ini, Kimia Farma Operasikan Fasilitas Produksi Rapid Test di Bali

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 24 Januari 2018 - 17:49 WIB

Direktur Utama Kimia Farma Honesti Basyir (kiri) (Foto Dok Industry.co.id)
Direktur Utama Kimia Farma Honesti Basyir (kiri) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Denpasar – PT Kimia Farma Tbk (KAEF) terus berupaya mengoptimalkan layanan atas kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan. Itu ditandai dengan peresmian pengoperasian Fasilitas Produksi Rapid Test yang dilakukan di Denpasar, Bali, Rabu (24/01/2018).

“Posisi Kimia Farma di seluruh pelosok tanah ini adalah komitmen kami untuk mendukung pemerintah melalui Kementerian Kesehatan guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan dapat memberikan sumbangan bagi perkembangan ekonomi nasional,” ujar Honesti Basyir, Direktur Utama KAEF, di Denpasar, Rabu (24/01/2018).

Honesti mengemukakan, Fasilitas Produksi Rapid Test Kimia Farma adalah pabrik yang memproduksi alat-alat pemeriksaan kesehatan (diagnostik) rapid test skala industri di Indonesia.

“Pabrik tersebut dibangun dan dikembangkan di atas lahan seluas 375 meter persegi. Rapid test digunakan untuk melakukan pemeriksaan atau screening medis awal dengan menggunakan peralatan yang sederhana serta memberikan hasil dalam waktu yang cepat,” tukas Honesti.

Adapun berbagai produk alat-alat kesehatan yang diproduksi oleh fasilitas pabrik tersebut adalah:
1. Test Kehamilan (hCG test)
2. Tes Hepatitis (HBsAg test)
3. Tes Sifilis
4. Tes Malaria
5. Tes Dengue (IgG/IgM test)

Fasilitas Produksi Rapid Test Kimia Farma tersebut diresmikan oleh Nila F. Moeloek, Menteri Kesehatan RI, dan disaksikan oleh jajaran Kementerian Kesehatan RI, Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya, Dewan Komisaris Kimia Farma, dan Direktur Utama Kimia Farma, Honesti Basyir beserta jajaran Direksi Kimia Farma Group, pada 24 Januari 2018 di Gedung Rapid Test, Jalan Cargo Taman II No. 9, Denpasar, Bali.

Sementara itu, Kimia Farma saat ini sedang menunggu perizinan untuk memproduksi berbagai alat kesehatan vital, yakni:
1. HIV 1&2 Test
2. Drug Test; yang terdiri atas Morphine Test, Cocaine Test, Mariyuana Test, Amphetamine Test, Methamphetamine Test, Ecstasy Test, dan Benzodiazepine Test.

Fasilitas Produksi Rapid Test adalah komitmen kemandirian Kimia Farma yang diharapkan dapat mengembangkan produk lokal Indonesia serta sebagai upaya Perseroan menjadi perusahaan Healthcare pilihan utama yang terintegrasi dan menghasilkan nilai yang berkesinambungan. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pakar komunikasi, Anthony Leong

Minggu, 28 April 2024 - 11:34 WIB

Pakar: Sinyal Ahok Maju Pilkada Jakarta Sudah Disiapkan Sebelum Pilpres 2024

Pakar komunikasi, Anthony Leong mengatakan bahwa ada sinyalemen kuat bagi mantan Gubernur Daerah Khusus Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk kembali maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)…

Wali Kota Solo Gibran dan Pengacara Yusril Kompak Nonton Wayang di Loji Gandrung Solo

Minggu, 28 April 2024 - 11:14 WIB

Wali Kota Solo Gibran dan Pengacara Yusril Kompak Nonton Wayang di Loji Gandrung Solo

Wali Kota Solo dan sekaligus Wakil Presiden RI terpilih, Gibran Rakabuming Raka, hadir dalam acara budaya Pagelaran Wayang Kulit dengan Lakon Semar Kembar Sembrodo Larung di rumah dinas Wali…

Babak Baru MGallery dengan Peluncuran Kampanye Globalnya

Minggu, 28 April 2024 - 10:24 WIB

Babak Baru MGallery dengan Peluncuran Kampanye Globalnya

Para tamu yang mencari pengalaman baru, kini dapat menciptakan "Momen Berkesan dan Bermakna" dengan MGallery, seperti makan malam yang mempesona di landmark Paris yang mempesona atau acara minum…

Hafil Andrio Dari Anak Band Sukses Menjadi Seorang Aktor

Minggu, 28 April 2024 - 09:51 WIB

Hafil Andrio Dari Anak Band Sukses Menjadi Seorang Aktor

Anak muda ganteng yang memiliki nama lengkap Hafil Andrio merasa jenuh di kota kelahirannya Pangkal Pinang, untuk itu ia merantau ke Jakarta dengan harapan bisa merubah kehidupannnya.

Hadiri Halal Bihalal Ikatan Alumni Jayabaya, Ketua MPR RI Ajak Bangun Kebersamaan dan Sinergi Sosial

Minggu, 28 April 2024 - 09:00 WIB

Berikan Kuliah Pembaharuan Hukum Program Doktor, Ketua MPR RI Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar serta dosen tetap pascasarjana Universitas Bororobudur, Trisakti dan Universitas Pertahanan RI (UNHAN) Bambang Soesatyo mengungkapkan bahwa…