Kadin Sulut Dukung UMKM Pasarkan Produk Via Daring

Oleh : Herry Barus | Senin, 09 Januari 2017 - 12:37 WIB

Kadin
Kadin

INDUSTRY.co.id - Wakil Ketua Umum Bidang UMKM dan Koperasi Kamar Dagang Industri Sulawesi Utara Ivanry Matu mengharapkan pelaku usaha mikro kecil menengah memanfaatkan teknologi dalam jaringan (daring) untuk memasarkan poduk.

"Saya harap pada tahun 2017, UMKM di Sulut dapat memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk," kata Ivanry di Manado, Senin (9/1) .

Ivanry mengatakan, sudah saatnya UMKM memanfaatkan aplikasi pemasaran dengan sarana "online" karena teknologi informai itu memberikan kemudahan yang sangat besar.

Memang, katanya, pada tahun 2017 pasti ada peluang dan tantangan di dunia usaha yang sangat dinamis, tetapi yang jelas plaku UMKM perlu mengikuti perkembangan teknologi digital.

"Artinya perubahan begitu cepat dalam dunia bisnis, kemungkinan akan ada banyak bisnis baru yang bermunculan, tetapi akan banyak juga yang tutup," jelasnya.

Terpenting, katanya, UMKM harus memanfaatkan teknologi untuk menunjang bisnis seiring dengan perilaku pasar yang mulai menggunakan "smartphone" dalam berbelanja.

Dia mencontohkan, salah satu hadirnya Gojek akan berdampak plus minus. Biosa bermakna plus bagi yang mau ikut perkembangan dan menyesuaikan, tapi akan jadi minus bagi yang tidak mau berubah.

"Tentu harapan kami, pelaku UMKM melek pada perilaku pasar digital dan memanfaatkan segala potensi yang menunjang pengembangan usaha," katanya.(Ant/Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halal BI halal grup astra

Senin, 06 Mei 2024 - 08:31 WIB

Puncak Astra Gema Islami ke-14, Astra Gelar Halalbihalal

Sebagai rangkaian puncak Astra Gema Islami (AGI), Astra melalui Yayasan Amaliah Astra (YAA) menggelar Halalbihalal Grup Astra yang dilaksanakan di William Soeryadjaya Hall Gedung Astra Management…

Totos Rasiti Sepuluh Tahun Meninggalkan Teater, akan Gelar Pementasan Di TIM

Senin, 06 Mei 2024 - 07:05 WIB

Totos Rasiti Sepuluh Tahun Meninggalkan Teater, akan Gelar Pementasan Di TIM

Totos Rasiti, Aktor panggung yang dikenal sebagai brand ambasador produk rokok dan kopi ini ternyata sudah 10 tahun meninggalkan panggung teater. Semua itu lantaran kesibukannya sebagai aktor…

Gelaran Vista Pora 5.5 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 07:05 WIB

Luar Biasa! Gelar Vista Pora 5.5, Vista Land Group Catat Penjualan Capi 2.000 Unit Rumah

Vista Land Group kembali mencacatkan penjualan spektakuler mencapai 2.000 unit rumah dalam tempo hanya dua bulan dalam event Vista Pora 5.5 2024 Vista Land Group.

Kementerian PUPR Terus Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

Senin, 06 Mei 2024 - 06:35 WIB

Kementerian PUPR Terus Lanjutkan Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus berupaya mempercepat pembangunan sejumlah jalan tol di berbagai daerah dalam rangka meningkatkan…

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Senin, 06 Mei 2024 - 05:59 WIB

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Menyadari pentingnya support keluarga demi meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar acara Family Gathering di Plaza Keong Mas,…