Eduard Chong Siap Melatih Persipura Jayapura

Oleh : Herry Barus | Senin, 09 Januari 2017 - 09:31 WIB

Persipura- Foto IST
Persipura- Foto IST

INDUSTRY.co.id - Mantan pelatih Timnas U19 dan PS TNI Eduard Chong dikabarkan akan melatih tim juara Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 Persipura Jayapura.

Pelatih Eduard Chong yang dikonfirmasi Antara dari Kota Jayapura, Papua, Minggu (8/1) terkait kabar tersebut menjelaskan bahwa informasi itu sebenarnya datang dari agen sepak bola yang menawarkan kepadanya sebagai pelatih profesional.

"Oh, begini. Beberapa hari lalu saya ditawarkan oleh salah satu agen sepak bola namanya Edi Syah, katanya, bagaimana kalau melatih Persipura Jayapura. Saya jawab, kalau ke Persipura siapa yang tidak mau, mau saja ke Persipura," katanya lewat telepon seluler.

Namun, kata pelatih yang hobi menggunakan celana pendek saat mendampingi skuat asuhannya di salah satu turnamen sepak bola pada 2015/2016 itu, bahwa tawaran melatih bukan datang dari manajemen klub berjuluk Mutiara Hitam itu.

"Saya mempunyai lisensi A AFC, kalau ditunjuk (oleh manajemen Persipura), saya siap. Kalau saya punya pekerjaan di bola, kalau mendapat tawaran demikian, yah siap," katanya.

Eduard mengaku bukan rumor ke Persipura Jayapura saja yang santer dikabarkan, tetapi informasi yang beredar di dunia maya begitu banyak.

"Saya juga dikabarkan dekat dengan PSS Sleman yang kini di Divisi I, itu saya lihat di internet. Ada juga klub lainnya. Bahkan saya dihubungi langsung oleh manejer Bali United Pak Yabes, untuk menjadi salah satu kandidat pelatih bersama Ibnu Graham dan Milo, jika Indra Sjafri jadi ke Timnas," katanya.

Selain itu, kata Eduard, tim Persela Lamongan juga sudah berikan signal untuk melatih klub tersebut setelah Aji Santoso ke Arema Cronus.

"Tapi sampai kini saya masih dengan Gresik United hingga akhir Januari. Saya juga diminta bertahan di Gresik, tapi sejumlah pemain yang saya rekomendasikan belum ditanggapi, sehingga saya belum berani berikan jawaban, apalagi musim ini akan menggunakan sistem degradasi, saya tidak berani tapi saya tetap hormati Gresik," katanya.

Mengenai aktivitas usai turnamen TSC 2016, Eduard mengaku sedang fokus membangun akademi sepak bola di Solo bersama seorang rekan pengusaha.

"Saat ini saya fokus untuk pembinaan sepak bola usia muda, kelahiran 2000 dan 2001, saya bersama rekan pengusaha sedang bentuk Solo Football Academy dengan home base di Stadion Sriwedari Solo," katanya. (Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Selasa, 21 Mei 2019 - 11:00 WIB

Lonjakan Defisit Neraca Dagang Tuntut Reformasi Struktural

Kabar kurang menggembirakan kembali mengejutkan pasar finansial Indonesia pada pertengahan Mei ini. Tak hanya polemik perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok semakin panas, investor…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil, PhD dan Kepala Karantina dan Keamanan Pangan Sarawak, Gasing Anak Nyalu

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:53 WIB

Kementan Capai Kesepakatan bersama Otoritas Serawak Terkait Ekspor

Kuching - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) jajaki harmonisasi aturan perkarantinaan Indonesia - Sarawak, Malaysia terkait lalu lintas komoditas pertanian di…

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:39 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, FIF Group Resmikan Reading Corner di Lima Kota

Perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIFGROUP) meresmikan Reading Corner di 5 SMK unggulan di 5 kota di Indonesia, Senin (20/5/2019) kemarin.

Perakitan perangkat Xiaomi

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:34 WIB

Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Menjelang Momentum Lebaran

Berkomitmen untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen di bulan Ramadan, Xiaomi berfokus pada kelancaran proses produksi dan distribusi.

Ilustrasi e-money. (Foto: Istimewa)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:20 WIB

Ini Dia 100 Titik Layanan Top Up E-money bagi Pemudik

Bank Indonesia (BI) berkoordinasi dengan perbankan nasional dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyediakan lebih dari 100 layanan mobile top up e-money (uang elektronik) di sejumlah titik peristirahatan…