BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Hujan Lebat 18-22 Januari

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Januari 2018 - 11:38 WIB

BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)
BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat yang kembali meningkat dalam beberapa hari ke depan.

Laman resmi BMKG di Jakarta, Sabtu (20/1/2018) menyebutkan berdasarkan pantauan, ada indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat, petir dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia dalam periode lima hari yakni 18-22 Januari 2018.

Beberapa wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat, petir, dan angin kencang, antara lain Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Maluku, Papua.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati akan dampak peningkatan potensi hujan mulai pertengahan Januari 2018 yang diperkirakan dapat mengakibatkan banjir, longsor, genangan, banjir bandang dan pohon tumbang.

Ketinggian gelombang di wilayah perairan Pulau Enggano, perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan Banten, hingga perairan selatan Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat diperkirakan mencapai antara dua hingga empat meter.

Kondisi tersebut dinilai cukup berbahaya bagi kapal nelayan dan juga bagi masyarakat pesisir, antara lain di wilayah Pelabuhan Ratu, Pantai Pangandaran, Pantai Cilacap, Parang Tritis, Pantai Pacitan, Pantai Selatan Banyuwangi.

Masyarakat juga diharapkan agar berhati-hati terhadap gelombang tinggi di wilayah Pesisir Selatan Jawa yang cenderung meningkat pada sore hingga malam hari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Trakindo

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:59 WIB

Raih Nilai Tertinggi, Trakindo Dinobatkan Sebagai Best Employers Indonesia 2023

Perusahaan konsultan SDM global Kincentric menobatkan Trakindo sebagai Best Employers Indonesia 2023 dan pengakuan khusus Most Engaged Workplace atas komitmen keberlanjutan organisasi dan tingkat…

Peresmian The Gade Tower, Green Building Milik Pegadaian

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:39 WIB

Wamen BUMN Resmikan The Gade Tower, Green Building Milik Pegadaian

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo meresmikan gedung baru Pegadaian berkonsep Green Building pada Selasa (07/05). Peresmian The Gade Tower dan berlokasi di Jalan Kramat Raya no.162 Jakarta…

Launching buku 123 tahun bersama Pegadaian

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:34 WIB

Laba Bersih Pegadaian Meningkat Sebesar 33,2% yoy

Dalam sesi paparan performa kinerja PT Pegadaian, Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan menyampaikan bahwa Pegadaian berhasil mencatatkan kinerja yang gemilang hingga bulan April…

Peresmian Port Handover MMP di Balikpapan.

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:28 WIB

Dukung Hilirasisasi Nikel, Mitra Murni Perkasa Resmikan MMP Port Handover di Balikpapan

Pelabuhan MMP Port Handover dibangun untuk mendukung kegiatan pembangunan dan operasional smelter nikel Mitra Murni Perkasa yang berlokasi di Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Booth Citra Kayon memamerkan kayu alami dengan sentuhan teknologi

Rabu, 08 Mei 2024 - 13:22 WIB

Citra Kayon Hadirkan Sentuhan Teknologi di Megabuild 2024

Citra Kayon, perusahaan pionir dalam pengembangan kayu inovatif ramah lingkungan, kembali hadir di Megabuild Indonesia 2024, ajang pameran sekaligus tempat bertemunya para pelaku industri bahan…