ABB Menangkan Tender Pembangkit Listrik Muara Tawar Senilai US$ 40 Juta

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 19 Januari 2018 - 17:12 WIB

Perusahaan pelopor dalam teknologi elektrifikasi, robotic, otomatisasi industri dan jaringan listrik asal Swiss, ABB berhasil memenangkan tender pembangkit listrik Muara Tawar US$ 40 juta
Perusahaan pelopor dalam teknologi elektrifikasi, robotic, otomatisasi industri dan jaringan listrik asal Swiss, ABB berhasil memenangkan tender pembangkit listrik Muara Tawar US$ 40 juta

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Perusahaan pelopor dalam teknologi elektrifikasi, robotic, otomatisasi industri dan jaringan listrik asal Swiss,  ABB berhasil memenangkan proyek senilai lebih dari $ 40 juta dari sebuah konsorsium yang terdiri dari Doosan Heavy Industries dan perusahaan konstruksi milik negara (BUMN) PT Hutama Karya, untuk meningkatkan dan memperluas pembangkit listrik Muara Tawar di Jawa Barat, Indonesia.

Proyek inovatif ini akan menambah pasokan listrik sebesar 650 megawatt (MW) ke jaringan listrik nasional. Proyek ini dibukukan pada kuartal keempat 2017.

Untuk meningkatkan efisiensi pembangkit listrik dan menyediakan listrik ramah lingkungan di wilayah Jakarta dan sekitarnya, PLN berencana mengalihkan generator berbahan bakar gas saat ini yang berkapasitas 1,150 MW menjadi pembangkit listrik tenaga gas dan uap berkapasitas 1,800 MW.

Pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) ini akan menggunakan turbin gas dan uap untuk menghasilkan pasokan listrik yang lebih besar dengan penggunaan bahan bakar yang sama dibandingkan pembangkit listrik tradisional. Uap panas hasil buangan dari turbin gas akan dialirkan ke turbin uap terdekat, yang akan menghasilkan tenaga listrik tambahan. Pembangkit listrik Muara Tawar ini dioperasikan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Indonesia merupakan negara dengan populasi terbesar ke-4 di dunia dan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat di Asia. Hal ini mendorong peningkatan kebutuhan listrik per tahun sebesar 8.5% pada periode 2015 dan 2025, menurut PLN. Untuk ini, pemerintah telah meluncurkan program penambahan 35,000 megawatts (MW) dari pembangkit listrik baru di 2015-2019.

Indonesia menargetkan 99.7% konsumen rumah tangga akan terhubung dengan listrik di 2025, yang akan membutuhkan peningkatan pasokan listrik dari pembangkit listrik sebanyak lebih dari 80 gigawatt (GW). Selain itu, Indonesia juga menargetkan pemanfaatkan energi terbarukan sebesar 23% dalam bauran energi di 2025. Peningkatan dan peralihan pembangkit listrik Muara Tawar menjadi pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) akan membantu pemerintah mencapai target ini secara signifikan.

“ABB sudah lama hadir di Indonesia dengan berbagai pencapaian yang terus berkembang dan kisah sukses yang sudah terbukti, dan kami bangga dapat turut berkontribusi dalam pengembangan infrastruktur listrik di Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dan populasi penduduk yang terus berkembang”, ujar Claudio Facchin, Presiden divisi Power Grids di ABB.

 “Kami bangga menjadi bagian dari proyek inovatif ini yang turut mendukung visi kami untuk menciptakan jaringan listrik yang lebih kuat, lebih cerdas dan lebih ramah lingkungan.”

Sebagai bagian dari proyek turnkey, ABB akan bertanggung jawab dalam hal desain, proses engineering , instalasi serta pengujian komponen dan sistem pendukung pembangkit listrik. ABB juga akan memasok switchgear dengan insulasi udara sebesar 500 kilovolt (kV) untuk gardu induk. Produk utama yang akan dipasok juga meliputi pemutus sirkuit generator, switchgear tegangan menengah dan rendah, serta trafo dan peralatan proteksi.

ABB baru saja meresmikan sebuah pabrik switchgear tegangan tinggi di Tangerang, tidak jauh dari Jakarta. Pabrik ini merupakan bagian dari komitmen ABB untuk terus melakukan peningkatan infrastruktur di Indonesia, menyusul pembangunan pabrik produk tegangan menengah di lokasi yang sama pada 2015 lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…