Jasa Armada Indonesia Tandatangani Kesepakatan Kerja Sama dengan PetroChina

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 19 Januari 2018 - 14:37 WIB

PT Jasa Armada Indonesia
PT Jasa Armada Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) melakukan penandatanganan kerja sama operasional dengan PetroChina International Jabung Ltd di Jakarta, Jumat (19/01/2018). Kerja sama itu dilakukan dalam bidang pemanduan dan penundaan kapal-kapal milik PetroChina.

“Lewat kerja sama ini, maka kami secara resmi akan menjadi operator pandu tunda bagi kapal-kapal yang berada di TUKS (Terminal Untuk Kepentingan Sendiri-red) PetroChina Maritime Terminal di Tanjung Jabung, Provinsi Jambi,” papar Dawam Atmosudiro, Direktur Utama IPCM, usai acara penandatanganan kerja sama tersebut di Jakarta.

Ketika ditanyakan mengenai nilai kontrak yang diterima IPCM dalam kerja sama ini, Dawam hanya memberikan gambaran, bahwa layanan jasa pandu tunda yang diberikan perseroan untuk sebuah kapal berbobot mati 120.000 ton akan menghasilkan pendapatan Rp1,25 miliar.

“Ini adalah langkah awal bisnis kami di luar wilayah Pelindo II. Selama ini, kami menyediakan layanan pandu tunda untuk kapal-kapal yang berada di wilayah operasional Pelindo II. Jasa layanan ini memberikan kontribusi hingga 80% dari pendapatan konsolidasi perseroan,” ujar Dawam.

Sisanya, demikian Dawam, yaitu 20% dari pendapatan IPCM berasal dari layanan jasa pandu tunda kapal-kapal yang berada di luar wilayah Pelindo II, yaitu di Bayah, Banten untuk TUKS PT Cemindo Gemilang dan TUKS PetroChina seperti yang baru ditandatangani hari ini.

Sementara itu, Herman Susilo, Direktur Keuangan IPCM, perseroan ke depan akan terus melakukan ekspansi bisnis dengan memberikan layanan jasa pandu tunda untuk segmen TUKS, terminal khusus lepas pantai dan layanan jasa STS (ship-to-ship) di luar wilayah Pelindo II. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi Gelar Ratas Terkait World Water Forum ke-10

Selasa, 30 April 2024 - 12:12 WIB

Presiden Jokowi Gelar Ratas Terkait World Water Forum ke-10

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju menggelar rapat terbatas (ratas) terkait persiapan penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan digelar pada 19-20…

Bank Syariah Indonesia

Selasa, 30 April 2024 - 11:59 WIB

BSI Cetak Laba Impresif Rp1,71 Triliun Hingga Maret 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mampu menjaga kinerja positif dan berhasil mencetak laba senilai Rp1,71 triliun pada kuartal I/2024, di tengah tantangan dan kondisi ekonomi global yang fluktuatif.…

Sukuk Tabungan seri ST012. (Humas Bibit.id)

Selasa, 30 April 2024 - 11:59 WIB

Tiga Alasan Beli ST012 di Bibit.id, Ada Cashback Sampai Rp30 Juta

Sepanjang 26 April hingga 29 Mei 2024, Pemerintah resmi menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) kedua pada tahun ini, yaitu Sukuk Tabungan seri ST012.

Selasa, 30 April 2024 - 11:15 WIB

Indonesia-Microsoft Jajaki Peluang Pengembangan Teknologi AI dan Talenta Digital

Presiden Joko Widodo menerima delegasi Microsoft di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 30 April 2024. Pertemuan tersebut membahas kerja sama Microsoft dan pemerintah Indonesia dalam pengembangan…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 30 April 2024 - 10:51 WIB

ASPEBINDO : Pemberian IUP ke Ormas Bentuk Pemberdayaan Masyarakat

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira, mendukung adanya rencana pemberian izin Usaha Pertambangan (IUP) kepada Organisasi Masyarakat (Ormas)…