Antam Targetkan Penjualan Sebesar Rp 12 Triliiun Pada Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Jumat, 19 Januari 2018 - 09:35 WIB

Ilustrasi Emas (Dok-Antam)
Ilustrasi Emas (Dok-Antam)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk atau Antam menargetkan perolehan penjualan sepanjang tahun ini sebesar Rp12 triliun. 

"Emas masih menjadi kontribusi terbesar terhadap penjualan Antam di mana pada tahun ini sebanyak 24 ton emas akan dijual dengan perkiraan produksi dari tambang Pongkor dan Cibaliung 2 ton," kata Direktur Utama Arie Prabowo Arieotedjo usai peluncuran Emas Batangan Spesial Edisi Tahun Baru Imlek 2569 di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Ia optimistis penjualan emas tersebut dapat terealisasi dengan baik sepanjang tahun ini, tanpa adanya pasar ekspor baru. Saat ini, ekspor emas Antam dilakukan ke negara-negara seperti Jepang, Singapura, dan Thailand.

Untuk menggenjot penjualan emas, perseroan berencana bekerja sama dengan para pelaku bisnis dengan konsep reseller. Sebelum memulai kerja sama, manajemen bakal melakukan uji kemampuan seberapa banyak emas yang dijual oleh calon mitra.

Pada 2017, Antam memproyeksi capaian penjualan di atas Rp10 triliun atau lebih besar dari realisasi tahun sebelumnya Rp9,1 triliun. Al hasil, laba bersih pun diperkirakan bertumbuh sepanjang tahun lalu. 

"Pada tahun lalu, kita berhasil menjual sebanyak 11,7 ton emas atau setara dengan Rp7 triliun," sambungnya.

Ia melanjutkan, penjualan emas selama 2017 lebih banyak dilakukan di pasar domestik. Sementara produksi emas di tambang Pongkor dan Cibaliung pada tahun tersebut sebanyak 1,9 ton. 

Pada kesempatan serupa, Direktur Pemasaran Tatang Hendra menambahkan, Antam akan meluncurkan emas batangan batik seri dua pada tahun ini.

"Hal ini mengingat kesuksesan penjualan emas batangan batik beberapa tahun silam. Nantinya, emas batangan batik ini akan memiliki kualitas dan produksi lebih baik lagi," ujar Tatang. (imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Investor pemula ke IPCC

Minggu, 18 Agustus 2019 - 06:10 WIB

IPCC Nikmati Peningkatan Ekspor Kendaraan CBU

Jakarta - Belum pulihnya kondisi ekonomi global akibat dari imbas perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok tak menyurutkan semangat PT Indonesia Terminal Tbk (IPCC) untuk meningkatkan…

Ki Manteb Soedharsono (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 18 Agustus 2019 - 06:02 WIB

Ki Manteb Soedarsono Tampil Pada Perayaan HUT Ke-44 SENAWANGI

Dalam rangka ulang tahun ke 44 Sena Wangi Menggelar Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan menghadirkan dalang kondang Ki Manteb Soedharsono dengan menyuguhkan lakon Sri Sadana. Updi Gedung…

Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK saat upacara HUT RI ke 74

Minggu, 18 Agustus 2019 - 05:40 WIB

HUT RI ke 74, OJK Tekankan SDM Unggul, Indonesia Maju

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke 74 kemarin. Tema peringatan hari Kemerdekaan tahun ini yaitu “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”.

Seni Wayang Harus Mampu Menjangkau Kaum Milenial

Minggu, 18 Agustus 2019 - 04:15 WIB

Seni Wayang Harus Mampu Menjangkau Kaum Milenial

Wayang, sebagai warisan seni budaya yang sudah diakui oleh dunia, harus terus dijaga kelestariannya. Untuk itu wayang harus bisa menjangkau kaum milenial yang saat ini tumbuh dalam dunia yang…

Buku Orang Lumpuh Naik Haji karya Mulyanto Utomo

Minggu, 18 Agustus 2019 - 04:05 WIB

Buku Orang Lumpuh Naik Haji karya Mulyanto Utomo

Penerbit Smart Media menyelenggarakan acara Launching dan Bedah Buku terbaru karya Mulyanto Utomo berjudul ‘Orang Lumpuh Naik Haji’, di Rumah Makan Taman Sari, Jalan Adi Sucipto, Colomadu,…