Antam Targetkan Penjualan Sebesar Rp 12 Triliiun Pada Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Jumat, 19 Januari 2018 - 09:35 WIB

Ilustrasi Emas (Dok-Antam)
Ilustrasi Emas (Dok-Antam)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk atau Antam menargetkan perolehan penjualan sepanjang tahun ini sebesar Rp12 triliun. 

"Emas masih menjadi kontribusi terbesar terhadap penjualan Antam di mana pada tahun ini sebanyak 24 ton emas akan dijual dengan perkiraan produksi dari tambang Pongkor dan Cibaliung 2 ton," kata Direktur Utama Arie Prabowo Arieotedjo usai peluncuran Emas Batangan Spesial Edisi Tahun Baru Imlek 2569 di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Ia optimistis penjualan emas tersebut dapat terealisasi dengan baik sepanjang tahun ini, tanpa adanya pasar ekspor baru. Saat ini, ekspor emas Antam dilakukan ke negara-negara seperti Jepang, Singapura, dan Thailand.

Untuk menggenjot penjualan emas, perseroan berencana bekerja sama dengan para pelaku bisnis dengan konsep reseller. Sebelum memulai kerja sama, manajemen bakal melakukan uji kemampuan seberapa banyak emas yang dijual oleh calon mitra.

Pada 2017, Antam memproyeksi capaian penjualan di atas Rp10 triliun atau lebih besar dari realisasi tahun sebelumnya Rp9,1 triliun. Al hasil, laba bersih pun diperkirakan bertumbuh sepanjang tahun lalu. 

"Pada tahun lalu, kita berhasil menjual sebanyak 11,7 ton emas atau setara dengan Rp7 triliun," sambungnya.

Ia melanjutkan, penjualan emas selama 2017 lebih banyak dilakukan di pasar domestik. Sementara produksi emas di tambang Pongkor dan Cibaliung pada tahun tersebut sebanyak 1,9 ton. 

Pada kesempatan serupa, Direktur Pemasaran Tatang Hendra menambahkan, Antam akan meluncurkan emas batangan batik seri dua pada tahun ini.

"Hal ini mengingat kesuksesan penjualan emas batangan batik beberapa tahun silam. Nantinya, emas batangan batik ini akan memiliki kualitas dan produksi lebih baik lagi," ujar Tatang. (imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat bersalaman ke anggota DPR

Selasa, 18 Februari 2020 - 09:38 WIB

Perubahan Anggaran Kementan Disetujui DPR

Komisi IV DPR RI menyetujui perubahan anggaran Lingkup Eselon I di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2020. Keputusan ini dibacakan langsung oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI G. Budisatrio…

BPPT dan President University Sepakat Bekerja Sama Kembangkan Techno Park

Selasa, 18 Februari 2020 - 09:07 WIB

BPPT dan President University Sepakat Bekerja Sama Kembangkan Techno Park

Hal ini karena PU memiliki kedekatan dengan ribuaan perusahaan multinasional di daerah Jababeka Cikarang, Bekasi dan Karawang. Harapannya, dari kerja sama ini akan muncul 100 Techno Park di…

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) (Foto Ist)

Selasa, 18 Februari 2020 - 09:05 WIB

IHSG Diperkirakan Berakhir di Zona Hijau

IHSG secara teknikal bergerak mengkonfirmasi signal reversal dengan menguat seakan rebound tepat pada level support lower bollinger bands. Indikator stochastic berpeluang golden-cross dan RSI…

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

Selasa, 18 Februari 2020 - 09:00 WIB

Awasi Media Sosial ASN, Langkah Tegas Pemerintah Tangani Radikalisme

Paham radikalisme di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) terus dipantau dengan ketat. Untuk mencegah tumbuhnya benih-benih radikalisme di kalangan ASN, pada tahun 2018 sudah diterbitkan SE…

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani

Selasa, 18 Februari 2020 - 08:30 WIB

Kadin Sebut Insentif Pajak Tak Cukup Tangkis Serangan Virus Corona

Virus corona dikhawatirkan berdampak terhadap investasi di Indonesia pada kuartal I 2020. Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai, insentif pajak tak cukup untuk mendongkrak…