Nelayan Tangkap Bisa Peroleh KUR

Oleh : Wiyanto | Kamis, 18 Januari 2018 - 11:09 WIB

Deputi Pembiayaan Kemenkop dan UKM, Yuana Setyowati (Foto Anto)
Deputi Pembiayaan Kemenkop dan UKM, Yuana Setyowati (Foto Anto)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Nelayan tangkap diharapkan dapat memperoleh Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh perbankan atau koperasi yang mendapat ijin menyalurkan KUR.

Deputi Pembiayaan Kemenkop dan UKM, Yuana Setyowati menjelaskan, negara akan mengawal nelayan tangkap untuk mendapatkan KUR.

"Komite ingin perbaiki, nelayan tangkap bisa akses ke KUR," kata dia di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Ia akui nelayanan tangkap risikonya berbeda dengan nalayan budidaya. Budidaya ikan dan sejenisnya, dapat diukur. Berbeda dengan nelayan tangkap, yang harus melaut dan hasil tangkapannya tergantung cuaca.

"Nelayan tangkap modal 2/3 malam, sebenarnya BI riset lama, mereka melaut sore pulang pagi bisa dapat ikan tergantung cuaca," katanya.

Satu sisi, Bank katanya harus menjaga kredit yang hati-hati. Makanya adanya KUR membantu perbankan dapat menyalurkan kredit karena bunga ditangung sebagiannya.

"Tahun 2017 kita bayarkan Rp 3,16 triliun atau 35% ketersediaan. Kita kasih ke bank sesuai penagihan bank. Semua penagihan subsidi bunga," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danpuspom TNI Buka Rakornis Pom TNI - Propam Polri Tahun 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 04:45 WIB

Danpuspom TNI Buka Rakornis Pom TNI - Propam Polri Tahun 2024

Danpuspom TNI Mayor Jenderal TNI Yusri Nuryanto membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pom TNI dan Propam Polri Tahun 2024, bertempat di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta…

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…