Mahasiswa ITS Surabaya Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Januari 2018 - 09:56 WIB

Mahasiswa ITS Surabaya Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut
Mahasiswa ITS Surabaya Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut

INDUSTRY co.id -Jakarta - Perkembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) semakin menjadi perhatian. Bahkan kalangan akademisi pun turut andil dalam pengembangan EBT, salah satunya adalah prototype pembangkit listrik tenaga gelombang laut karya mahasiswa dari Departemen Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang diberi nama Indonesia Tidal Power (INTIP).

Dikutip dari laman resmi ITS, Senin (15/1/2018), tim tersebut berhasil mengembangkan inovasi pembangkit listrik sistem kombinasi tenaga gelombang laut tipe Oscilating Water Column dan angin yang memanfaatkan sistem katup. 

Oscilating Water Columnmerupakan salah satu teknologi pembangkit energi listrik tenaga arus laut yang paling banyak diminati. Sayangnya, Oscilating Water Column ini dinilai memiliki tingkat efisiensi yang masih rendah karena suplai udara ke generator tidak terus menerus.

Melihat kekurangan tersebut, sistem katup INTIP membuat sistem searah, sehingga terdapat celah udara bertekanan yang mengalir dengan bebas. Udara bertekanan tersebut kemudian dimanfaatkan untuk menggerakan pembangkit listrik tenaga angin. 

Dari hasil pengujian, nilai tegangan yang dihasilkan INTIP mengalami peningkatan sebesar 24 persen dibandingkan dengan teknologi konvensional.

Digawangi Ghufron Fawaid, Muhammad Rifky Abdul Fattah, Pinanggih Rahayu dan Aniq Jazilatur, INTIP diharapkan dapat berkembang dan diaplikasikan pada daerah pesisir yang memiliki potensi gelombang laut besar, terutama untuk meningkatkan rasio elektrifikasi pada daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Sebelumnya, Indonesia tengah menjajaki pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut di Selat Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri ESDM Ignasius Jonan menyampaikan bahwa pengembangan pembangkit listrik tenaga arus laut di Selat Larantuka bisa memenuhi nilai keekonomian dimana harga terakhir yang ditawarkan oleh pengembang sebesar US$ 7,19 sen per kWh. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri ESDM Arifin Tasrif

Selasa, 07 Mei 2024 - 17:42 WIB

Kabar Gembira Buat Pelaku Industri! Menteri ESDM Pastikan Program HGBT US$ 6 Lanjut....

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) US$ 6 per MMBTU untuk industri akan terus berlanjut. Hal ini selaras dengan arahan…

BNI support tim Thomas dan Uber

Selasa, 07 Mei 2024 - 16:28 WIB

BNI Sambut Kepulangan Tim Thomas dan Uber Indonesia ke Tanah Air

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan sambutan hangat kepada Tim Thomas dan Uber Indonesia yang baru saja menyelesaikan perjuangan mereka di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu…

Ilustrasi Penurunan Harga Gas Industri (foto-Sindonews.com)

Selasa, 07 Mei 2024 - 16:02 WIB

Usai Dikirimi Surat oleh Menperin Agus, Hilal Berlanjutnya Program HGBT Industri Terlihat! Menteri ESDM: Insya Allah Kita Teruskan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif memberi sinyal akan melanjutkan program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk tujuh sektor industri.

PT Pertamina Marine Engineering (PME)

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:44 WIB

Pertamina Marine Engineering Garap 4 Proyek Bawah Laut Strategis

PT Pertamina Marine Engineering (PME), anak perusahaan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) tuntaskan 4 project underwater work services (UWS) atau layanan pekerjaan bawah air selama periode…

PT Bukit Asam tbk (ist)

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:33 WIB

Triwulan I 2024, Penjualan PTBA Meningkat Sebesar 10 Persen

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terus berupaya mengoptimalkan potensi pasar di dalam negeri serta peluang ekspor ke sejumlah negara yang memiliki prospek pertumbuhan yang tinggi, baik pasar eksisting…