PT Biofarma akan Buat Antidifteri Serum Lebh Murah

Oleh : Herry Barus | Minggu, 14 Januari 2018 - 09:00 WIB

PT Bio Farma (Persero) (Foto ist)
PT Bio Farma (Persero) (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Perusahaan produsen vaksin PT Bio Farma (Persero) akan membuat antidifteri serum (ADS) yang diproduksi di dalam negeri dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada saat ini.

Direktur Utama Bio Farma Juliman di kantor Bio Farma Bandung, Sabtu (13/1/2018) mengatakan harga serum yang diproduksi Bio Farma akan seperlima lebih murah.

Juliman menjelaskan harga serum Bio Farma bisa jauh lebih terjangkau karena dengan memproduksi seluruhnya di dalam negeri dibandingkan membayar produk impor dari luar negeri.
 

Sebagai gambaran, katanya, harga satu dosis ADS berkisar antara Rp2 juta hingga Rp2,5 juta. Dalam penanganan pasien difteri diperlukan bisa sampai delapan kali penggunaan serum.

Sehingga perkiraan biaya penggunaan ADS untuk satu pasien bisa mencapai Rp20 juta. Juliman memastikan, biaya penggunaan ADS hasil produksi Bio Farma bisa seperlima jauh lebih murah dari kisaran tersebut.

"Sebenarnya ADS dulu kami bisa buat, tapi dengan impor barang setengah jadi. Karena pabrik pemasoknya tutup, kami sekarang impor dari India beli jadi," ujar dia.

Bio Farma rencananya akan meluncurkan produk ADS sendiri pada September atau Oktober 2018.

Produk ADS yang nantinya akan dibuat Bio Farma diproduksi mulai dari pembuatan bahan baku sejak awal hingga berbentuk serum yang siap digunakan. Kapasitas produksi untuk ADS tersebut bisa mencapai 15.000 vial.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

Serah terima program beasiswa anak perusahaan MMSGI, MHU kepada mahasiswa Universitas Kutai Kertanegara Tenggarong.

Kamis, 02 Mei 2024 - 18:50 WIB

Hari Pendidikan Nasional, MMSGI Terus Tunjukkan Komitmennya Ciptakan Pendidikan Inklusif di Indonesia

MMSGI tunjukkan komitmennya pada dunia pendidikan Indonesia lewat serangkaian program CSR untuk pendidikan tinggi maupun pendidikan dasar menuju Indonesia Emas 2045.

Afgansyah Reza

Kamis, 02 Mei 2024 - 18:35 WIB

Ini Rahasia Kulit Kalem Afgan, Somethinc Calm Down Series

Afgansyah Reza yang akrab di panggil Afgan, merupakan seorang penyanyi single yang dikenal luas oleh publik dengan pribadi yang karismatik, calming dan tidak pernah berhenti dalam mengeksplorasi…