PT Pelni Siapkan Empat Kapal Layani Arus Mudik

Oleh : Herry Barus | Rabu, 03 Januari 2018 - 14:21 WIB

PT Pelni (Persero)
PT Pelni (Persero)

INDUSTRY.co.id - Ambon- PT.Pelni Cabang Ambon mempersiapkan empat kapal putih untuk melayani arus balik di Kawasan Timur Indonesia (KTI) terutama arus penumpang dari Ambon menuju Papua.

"Jadi kami siapkan empat kapal yang akan melayani arus balik yang diperkirakan akan terjadi pada hari Jumat tanggal 5 Januari 2018," kata Kepala Operasi PT.Pelni Cabang Ambon Djasman, Rabu (3/1/2017)

Ke empat kapal itu masing-masing KM.Tidar, KM.Ngapulu, KM.Cerimai, KM.Kalimutu nantinya akan berlayar dari pelabuhan Ambon menuju Papua dengan menyinggahi pelabuhan Sorong sampai dengan Jayapura.

Setelah itu kembali lagi ke Ambon dan kembali lagi menuju Papua, jadi setelah tiba di Ambon tidak berlayar lagi ke barat tetapi kembali ke timur.

"Dari ke empat kapal itu dua diantaranya KM.Tidar, KM.Ngapulu setelah tiba di pelabuhan Ambon harus melayani penumpang ke arah Maluku Tenggara nanti setelah kembali baru berlayar lagi menuju Papua," ujarnya.

Ditanya perkembangan arus mudik yang nantinya akan terjadi, Djasman mengatakan, tidak akan terjadi penumpukan penumpang, sebab dengan adanya rekajasa trayek semuanya pasti akan terlayani dengan baik.

"Jadi para penumpang bisa terurai, bahkan bisa menunggu kapal kembali, dan itu terjadi sejak tanggal 24 Desember dengan adanya rekajasa trayek itu, jadi penumpang tidak memaksakan dalam satu tanggal keberangkatan itu harus ikut berlayar," ujarnya.

Apalagi dalam arus balik Natal dan Tahun baru terjadi sembilan trayek rekajasa, lanjutnya, jadi penumpang tidak akan menumpuk.

"Yang jelas sampai sekarang ini tidak ada calon penumpang kapal Pelni yang tidak kebagian tiket, sebab semuanya terlayani dengan baik," ujarnya.

Dengan demikian terhitung tanggal 5 Januari 2018 terjadi arus balik ada dua kapal yang akan berlayar dari Ambon menuju Papua yakni KM.Tidar dan KM.Cerimai, sedangkan pada tanggal 8 Januari 2018 KM.Ngapulu akan berlayar ke Maluku Tenggara.

Djasman menambahkan, selain empat kapal itu di besok hari ada juga kapal KM.Gunung Dempo yang akan menyinggahi pelabuhan setelah melakukan pelayaran dari pelabuhanh Makasar menuju Ambon dan lanjut ke Sorong, Manokwari terus ke Jayapura dan kembali lagi ke wilayah barat tidak menyinggahi pelabuhan Ambon.

"Tetapi sangat menguntungkan sebab sudah bisa membantu arus balik di kawasan timur, sebab hanya satu kali pelayaran, KM.Gunung Dempo ini tidak kembali lagi ke jalur timur, hanya satu kali ini saja," ujarnya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

RS Royal Progress Sunter memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises.

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal, RS Royal Progress Sunter hadirkan EVLA, metode penanganan varises lewat laser, tanpa bedah dan minim sayatan.