Komitmen Dukung UMKM, Bank DKI Tambah Sembilan Kantor Layanan di Pasar

Oleh : Herry Barus | Selasa, 02 Januari 2018 - 06:27 WIB

Gubernur Anis Baswedan, Direktur Kepatuhan Bank DKI, Budi Mulyo Utomo melihat denah lokasi usai meresmikan Kantor Kas Bank DKI dan peresmian UPB Pasar Senen Blok III & VI (Foto Rizki Meirino)
Gubernur Anis Baswedan, Direktur Kepatuhan Bank DKI, Budi Mulyo Utomo melihat denah lokasi usai meresmikan Kantor Kas Bank DKI dan peresmian UPB Pasar Senen Blok III & VI (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktur Kepatuhan Bank DKI, Budi Mulyo Utomo (kanan) bersama Pemimpin Bank DKI Cabang Utama Balaikota Dewi Sumampouw (kiri) menyaksikan penandatanganan perjanjian kredit usai meresmikan Kantor Kas Bank DKI di Jakarta, akhir pekan lalu.

Sejumlah pasar dan pusat perbelanjaan di Jakarta dan sekitarnya. Pembukaan kantor layanan tersebut merupakan wujud komitmen Bank DKI untuk fokus mengembangkan bisnis di segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sembilan Kantor layanan baru yang dibuka tersebut adalah Kantor Kas Unit Pasar Besar Mayestik, Kantor Kas UPB Senen Blok III dan VI, Kantor Kas Pasar Kedoya, dan Kantor Kas Pasar Sunter Podomoro. Selain itu, Kantor Kas Pasar Jembatan Lima, Kantor Kas Pasar Pademangan Timur, Kantor Kas Pasar Kembang Rawa Belong, Kantor Kas Plaza Baru Ciledug, dan Kantor Kas Pasar Baru Bekasi.

Direktur Kepatuhan Bank DKI Budi Mulyo Utomo mengatakan, pemilihan sembilan lokasi kantor layanan Bank DKI ini didasarkan atas potensi ekonomi dari pasar termasuk Pasar Senen Blok III dan VI akan diisi oleh kurang lebih 2.500-3.000 pelaku UMKM yang terdiri dari pedagang tradisional, pedagang sembako, pedagang elektronik, serta garmen. "Jumlah dan segmentasi pedagang ini merupakan potensi bagi Bank DKI untuk dapat menyalurkan modal usaha bagi mereka," kata Budi di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia menambahkan, dari sembilan kantor layanan tersebut, enam diantaranya merupakan pasar kelolaan PD Pasar Jaya. Hal ini merupakan perwujudan sinergi BUMD dimana Bank DKI sepanjang tahun 2017 banyak membuka kantor layanan di pasar kelolaan PD Pasar Jaya.

Sampai dengan akhir Desember 2017, kantor layanan Bank DKI yang ada di pasar dan sekitarnya sebanyak 72 pasar. Sedangkan lokasi yang ada di pasar kelolaan PD Pasar Jaya berjumlah sebanyak 40 kantor. Direncanakan Bank DKI akan menambah 28 kantor layanan lagi di pasar dan sekitarnya.

Pada Segmen UMKM, Bank DKI mempunyai produk Kredit Monas 25, 75, dan 500 dengan plafon dari Rp 25 juta hingga Rp 500 juta yang dapat dimanfaatkan sebagai akses tambahan modal bagi para pelaku UMKM. Bank DKI juga mempunyai aplikasi layanan keuangan JakOne Mobile sebagai solusi pembayaran praktis bagi pelaku UMKM.

"Bagi pedagang yang menggunakan JakOne Mobile sebagai alat transaksi, konsumen hanya perlu melakukan scanning pada QR Code yang disediakan oleh pedagang melalui aplikasi JakOne Mobile," jelas Budi, seperti dilansir Investor.co.id

Dengan diresmikannya sembilan Kantor layanan tersebut, Per 29 Desember 2017, total kantor layanan Bank DKI menjadi 252 kantor dengan rincian 31 kantor cabang, 71 kantor cabang pembantu, 136 kantor kas, lima payment point, dan sembilan kantor fungsional. Sebelumnya, pada 27 Desember 2017 Bank DKI juga melakukan pembukaan Kantor Kas Universitas Pamulang 2 (Viktor) di Tangerang Selatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Program BISA

Senin, 29 April 2024 - 18:05 WIB

Cegah Stunting di Jawa Barat dan NTT, Program BISA Tingkatkan Perilaku CTPS Sebesar 81,5%

Save the Children bersama dengan mitra konsorsium Unilever Lifebuoy, berhasil meningkatkan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program…

Industri logam dan baja

Senin, 29 April 2024 - 17:35 WIB

Mantaps! Industri Manufaktur RI 'Kokoh' Ditengah Ketidakstabilan Kondisi Ekonomi Global

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan April 2024 masih ekspansi 52,3, turun sebesar 0,75 poin dibandingkan Maret 2024 sebesar 53,05, meskipun ekspansinya melambat, hal ini merupakan sinyal…

Bank Jatim (Foto Moneter)

Senin, 29 April 2024 - 17:16 WIB

Wow! Awali Tahun 2024, Bank Jatim Cetak Kinerja Ciamik

Jakarta-PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) sukses mencatatkan kinerja yang positif sepanjang Triwulan Pertama 2024.

CEO YAMADA Consulting & Spire yang juga Executive Officer dan Head of Global Business Development YAMADA Consulting Group Ryosuke Funayama (kedua dari kanan) dan COO YAMADA Consulting & Spire Jeffrey Bahar (pertama dari kanan) didampingi beberapa staf berpose bersama di kantor pusat YAMADA Consulting Group, Tokyo, Jepang, belum lama ini.

Senin, 29 April 2024 - 17:09 WIB

Keren! Spire Research and Consulting Rebranding Jadi YAMADA Consulting & Spire

Jakarta-Spire Research and Consulting, perusahaan riset dan konsultasi bisnis terkemuka Asia Pasifik yang berpusat di Singapura, menyatakan saat ini telah terintegrasi penuh dengan YAMADA Consulting…

Maskapai Garuda Indonesia

Senin, 29 April 2024 - 16:52 WIB

Tingkatkan Pertumbuhan Pariwista GIA Buka Rute Manado Denpasar PP Jakarta– Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam mengoptimalkan pertumbuhan pariwisata nasional melalui perluasan jaringan penerbangan ke berbagai destinasi…