PSSI Pertegas Piala Presiden Hanya Untuk Liga 1

Oleh : Herry Barus | Senin, 01 Januari 2018 - 17:21 WIB

 Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi (Foto:trentekno)
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi (Foto:trentekno)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi menegaskan bahwa turnamen pra-musim Piala Presiden 2018 hanya untuk 18 tim Go-Jek Traveloka Liga 1.

Namun, karena sifatnya tidak wajib, ketika dalam prosesnya ada klub Liga 1 yang memutuskan tidak menjadi peserta, PSSI tidak akan mencari tim tambahan dari luar Liga 1.

"Kalau nanti yang ikut empat tim ya artinya langsung empat besar," ujar Edy di Markas Kostrad, Jakarta.

Terkait turnamen tersebut, Edy mengungkapkan bahwa Piala Presiden 2018 akan digelar pada Januari 2018 dan dijadikan ajang sebagai pemanasan menuju Liga 1 yang rencananya bergulir pertengahan Februari 2018.

Untuk menjalankan kompetisi yang sebelumnya sudah dilangsungkan pada tahun 2015 dan 2017 itu, PSSI kembali menunjuk politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait sebagai ketua panitia pengarah (steering committee/SC).

Maruarar sudah ketua panitia pengarah Piala Presiden sejak dua edisi sebelumnya. Sebagai ketua SC, anggota DPR RI ini akan menunjuk lima sampai enam orang untuk bergabung di timnya.

Tugas terpentingnya sebagai SC adalah memutuskan siapa yang menjadi operator pelaksanaan Piala Presiden 2018. Sebagai informasi, Piala Presiden 2017 langsung berada di bawah PSSI, sementara dua tahun sebelumnya dioperatori oleh swasta.

"Kami akan berusaha agar turnamen ini meningkat kualitasnya. Selain itu, kami juga ingin ada peningkatan hadiah tetapi semuanya nanti diputuskan setelah PSSI menemui Presiden Joko Widodo," tutur Maruarar kepada awak media.

Piala Presiden pertama kali dilaksanakan pada tahun 2015, tepatnya tanggal 30 Agustus-18 Oktober 2015. Sebanyak 16 klub terlibat di dalamnya, terdiri dari 13 klub dari QNB League (liga tertinggi ketika itu) dan tiga klub dari Divisi Utama dengan operator oleh operator Mahaka Sports and Entertainment.

Pada edisi pertama ini, Persib Bandung menjadi juara setelah mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0.

Tujuan awal dilaksanakannya kompetisi tersebut adalah untuk mengisi kekosongan kejuaraan sepak bola di Indonesia akibat adanya sanksi dari FIFA.

Berbeda dengan tahun 2015, pada pelaksanaan tahun 2017 tepatnya 4 Februari-12 Maret, Piala Presiden dilaksanakan sepenuhnya oleh PSSI dengan dukungan beberapa sponsor. Federasi membentuk kepanitiaan yang akan bekerja sama dengan panitia lokal di tempat pertandingan.

Juara di edisi kedua ini adalah Arema FC setelah mengalahkan Pusamania Borneo FC dengan skor 5-1 di partai final

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 23 Mei 2019 - 19:58 WIB

Dorong Bisnis Properti, BNI Syariah Gandeng Developer Deltacendana Citapersada

Jakarta - BNI Syariah melakukan perjanjian kerjasama dengan developer properti Tangerang, PT Deltacendana Citapersada. Kerjasama ini terkait dengan penyediaan fasilitas BNI Griya iB Hasanah.…

Perum Jamkrindo berbagi di Bali

Kamis, 23 Mei 2019 - 19:50 WIB

Safari Ramadan Perum Jamkrindo Digelar di Denpasar

Denpasar– Perum Jamkrindo melaksanakan Safari Ramadan di 10 kota sepanjang bulan Ramadan 1440 H. Pada Kamis, 23 Mei 2019, Safari Ramadan dilaksanakan di Kota Denpasar, Bali dengan kegiatan…

Festival Ramadhan Sinar Mas Land

Kamis, 23 Mei 2019 - 18:41 WIB

Sinar Mas Land Gelar Festival Ramadhan di BSD City

Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk., menggelar acara Festival Ramadan 2019 di MTsN 5 Tangerang Cijantra, Pagedangan, Tangerang, Banten. Festival Ramadhan tahun ini merupakan pelaksanaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia…