Dispar Dorong Toraja Jadi Destinasi Wisata Halal

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Januari 2017 - 13:23 WIB

Ilustrasi label halal di restoran. (Geography Photos)
Ilustrasi label halal di restoran. (Geography Photos)

INDUSTRY.co.id - Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan (Dispar Sulsel) mendorong Tana Toraja menjadi salah satu destinasi wisata halal di wilayah ini.

"Bagaimana Toraja ini didorong agar menjadi destinasi wisata halal, karena sekarang ini ada kesulitan kelompok wisatawan tertentu yang muslim untuk menikmati wisata yang halal di sana," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Sulsel Yulianus yang ditemui Antara di Makassar, Rabu (4/1).

Yulianus mengatakan pada tahap awal pihaknya telah melakukan sosialisasi dengan pelaku industri pariwisata di Toraja untuk bersama mengubah stigma tidak halal yang telah melekat pada pariwisata Toraja.

"Kita bisa melihat bagaimana Bali misalnya, di sana kan mayoritas non muslim tapi kelompok masyarakat lain tidak khawatir akan mengalami kesulitan mengenai makanan ketika berkunjung ke sana," jelasnya.

Menurut Yulianus, wisata halal sebaiknya tidak dimaknai secara sempit hanya untuk wisatawan muslim.

Wisata halal, secara luas, kata dia, adalah bagaimana menyajikan makanan dan fasilitas lainnya sesuai dengan standar-standar kesehatan tertentu.

Toraja, ucapnya, telah memiliki daya tarik yang besar dengan pemandangan alam dan kekayaan kebudayaan yang beragam.

"Kalau daya tarik, Toraja sudah punya, daya saingnya yang perlu kita tingkatkan, salah satunya dengan mengubah imej Toraja ini," pungkasnya. (Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jumat, 03 Mei 2024 - 11:31 WIB

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jakarta– PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali memastikan penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sesuai rencana, khususnya pengusahaan jalan tol yang akan menghubungkan 2…

Manajemen Linktown Indonesia saat peresmian kantor cabang Bandung

Jumat, 03 Mei 2024 - 10:12 WIB

Resmikan Kantor Cabang Baru, Linktown Siap Rebut Pasar Properti Bandung

Linktown Indonesia kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka kantor cabang di Bandung, Jawa Barat pada Kamis (2/5). Peresmian kantor cabang Linktown Bandung dihadiri oleh para Founder Linktown, Head…

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:37 WIB

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu (01/05/2024). mengundang bakal calon (Balon) kepala daerah se-Sumatera, di Hotel Mercure, Jakarta Barat.

Indonesia Alami Tren Penanganan Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikrobobilitas

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:17 WIB

Indonesia Alami Tren Penanganan Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikrobobilitas

Kesadaran Masyarakat akan gaya hidup yang lebih sustainable terus meningkat, salah satunya dapat dilihat dari peningkatan penggunaan armada mikromobilitas. Berdasarkan data operasional dari…

Mobil Banking Bank DKI

Jumat, 03 Mei 2024 - 07:46 WIB

Gandeng Komunitas Mini 4WD, Bank DKI Dorong Transaksi Non Tunai

Terus dorong penerapan transaksi non tunai di DKI Jakarta, Bank DKI  gandeng komunitas Mini 4WD dalam memperkenalkan aplikasi JakOne Mobile pada penyelenggaraan JakOne Mobile Indonesia Damper…