Tingkatkan Industri Logistik, Pelindo III akan Kembangkan Pelabuhan Kendal

Oleh : Herry Barus | Jumat, 29 Desember 2017 - 09:00 WIB

Pelabuhan Kendal (ist)
Pelabuhan Kendal (ist)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Perseroan terbatas Pelindo III (Persero) berencana mengembangkan Pelabuhan Kendal, Jawa Tengah untuk mendukung arus logistik barang di wilayah setempat.

CEO Pelindo III Ari Askhara usai menandatangani kerja sama dengan Bupati Kendal, Mirna Annisa, Kamis (28/12/20170 mengaku sangat mengapresiasi terobosan Pemkab Kendal untuk mengembangkan aset yang dimiliki kabupaten dengan kerja sama Pelindo III.

"Dengan sinergi bersama BUMN Pelindo III, Pemkab Kendal diharapkan dapat mengembangkan aset kabupaten dengan lebih efisien," kata Ari dalam keterangan persnya yang diterima di Jakarta.

Ari mengaku, Pelindo III yang memiliki kemampuan bisnis, teknis, dan modal optimistis dapat meningkatkan manfaat ekonomi tidak hanya untuk warga Kendal, tetapi juga pemangku kepentingan logistik dan industri Jateng dan sekitarnya.

Ia menjelaskan ruang lingkup kerja sama kedua pihak meliputi pembangunan, pengoperasian, investasi, pendanaan, dan penyertaan modal untuk Pelabuhan Kendal.

"Pelaksanaan proses awal pengerjaan kerja sama diawali tahap studi kelayakan, pengurusan, dan pemrosesan perizinan, serta akan dikerjakan bersama Pelindo III dan Pemkab Kendal," katanya.

Kesepakatan bersama yang dilakukan, kata dia, tidak terbatas hanya pada proyek fisik, tapi juga sumber daya manusia, yaitu program peningkatan kapasitas pegawai berupa pelatihan, pertukaran pegawai, dan bantuan teknis, serta berbagai kemungkinan kerja sama lain yang dibutuhkan.

"Pelabuhan Kendal akan menjadi fitur yang menarik bagi investor untuk berinvestasi di Kawasan Industri Kendal (KIK) yang sedang dibangun oleh pemerintah. Karena adanya fasilitas pelabuhan yang terintegrasi dalam suatu kawasan industri dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari distribusi barang produksi," paparnya.

Sementara itu, saat ini Pelindo III juga mengelola sejumlah pelabuhan di Jateng seperti Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Terminal Peti Kemas Semarang, serta Pelabuhan Tanjung Intan di Cilacap.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…