Kerusakan Lahan Gambut Bisa Akibatkan Kerusakan Sungai

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Desember 2017 - 08:45 WIB

Tanah Gambut (Ali Fahmi / jurnalbumi)
Tanah Gambut (Ali Fahmi / jurnalbumi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kerusakan pada lahan gambut akibat penanaman kelapa sawit juga bisa mengakibatkan kerusakan ekosistem sungai karena pencemaran bahan kimiawi, kata Direktur Wetlands International Indonesia I Nyoman Suryadiputra.

Dalam diskusi di Jakarta, Rabu (27/12/2017) Nyoman menjelaskan pencemaran sungai dari bahan kimia berasal dari pestisida pada pohon sawit yang terbawa oleh air karena lahan perkebunan terkena banjir.

"Gambut adalah danau, menyimpan air di dalamnya. Karena sawit tidak suka air yang terlalu banyak, maka dikuras air yang ada di gambut dengan kanal-kanal drainase," kata Nyoman.

Akibat air dalam gambut yang terkuras tersebut kemudian lahan gambut menjadi kering dan terjadi cekungan pada daratan karena amblas dan bisa menyebabkan banjir serta genangan.

Air yang merendam kawasan perkebunan sawit tersebut lalu mencairkan pestisida pada pohon sawit dan membawanya ke sungai.

"Kelapa sawit gunakan 11 jenis pestisida, beberapa di antaranya dilarang oleh Kementerian Pertanian," kata dia.

Bahan kimia dari pestisida yang terbawa oleh air itulah yang mencemarkan ekosistem sungai dan bahkan air laut yang ada di muara.

"Beberapa sungai yang ada di Sumatera sudah tidak ada lagi ikannya," kata dia.

Lahan gambut yang kering akibat kanal-kanal drainase perkebunan juga bisa mengakibatkan kebakaran lahan dengan asap yang melepaskan karbon berbahaya bagi kesehatan.

Lahan gambut yang terbakar juga bisa menghasilkan cekungan pada daratan dan berpotensi sebabkan genangan pada musim hujan. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Rabu, 18 September 2019 - 18:15 WIB

Menperin Akui Investasi Korsel Perkuat Struktur Industri Manufaktur RI

Kementerian Perindustrian aktif menarik investor Korea Selatan untuk terus menanamkan modalnya di Indonesia agar bisa memperkuat struktur sektor manufaktur di dalam negeri. Langkah ini juga…

Noesita Indriyani Ketua Panitia Pelaksana HLN ke-74.

Rabu, 18 September 2019 - 18:00 WIB

MKI Dukung Pengembangan Energi Terbarukan dan Teknologi Terkait Listrik 4.0

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) mengadakan press conference terkait “Road to HLN”, 20 Hari Menjelang Penyelenggaranaan Acara Hari Listrik Nasional ke-74. Pelaksanaan Press Conference…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Rabu, 18 September 2019 - 17:12 WIB

Indonesia Fintech Expo 2019 Komitmen Regulator dan Industri Fintech Terhadap Inklusi Keuangan

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia dan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) akan menyelenggarakan Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 pada tanggal 23 dan 24 September 2019 di…

Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara

Rabu, 18 September 2019 - 17:05 WIB

Kemenperin Tunjuk 10 Perusahaan Jadi Pilot Pendampingan Industri 4.0

Kementerian Perindustrian telah melakukan pendampingan implementasi perdana industri 4.0 kepada 10 perusahaan manufaktur nasional.

Direksi PT Kimia Farma (Persero) Tbk

Rabu, 18 September 2019 - 17:00 WIB

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Kimia Farma (Persero) Tbk

PT Kimia Farma (Persero) Tbk (Kimia Farma) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta pada Rabu, 18 September 2019. Keputusan RUSPLB menyetujui Penambahan Modal Perseroan…