Kerusakan Lahan Gambut Bisa Akibatkan Kerusakan Sungai

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Desember 2017 - 08:45 WIB

Tanah Gambut (Ali Fahmi / jurnalbumi)
Tanah Gambut (Ali Fahmi / jurnalbumi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kerusakan pada lahan gambut akibat penanaman kelapa sawit juga bisa mengakibatkan kerusakan ekosistem sungai karena pencemaran bahan kimiawi, kata Direktur Wetlands International Indonesia I Nyoman Suryadiputra.

Dalam diskusi di Jakarta, Rabu (27/12/2017) Nyoman menjelaskan pencemaran sungai dari bahan kimia berasal dari pestisida pada pohon sawit yang terbawa oleh air karena lahan perkebunan terkena banjir.

"Gambut adalah danau, menyimpan air di dalamnya. Karena sawit tidak suka air yang terlalu banyak, maka dikuras air yang ada di gambut dengan kanal-kanal drainase," kata Nyoman.

Akibat air dalam gambut yang terkuras tersebut kemudian lahan gambut menjadi kering dan terjadi cekungan pada daratan karena amblas dan bisa menyebabkan banjir serta genangan.

Air yang merendam kawasan perkebunan sawit tersebut lalu mencairkan pestisida pada pohon sawit dan membawanya ke sungai.

"Kelapa sawit gunakan 11 jenis pestisida, beberapa di antaranya dilarang oleh Kementerian Pertanian," kata dia.

Bahan kimia dari pestisida yang terbawa oleh air itulah yang mencemarkan ekosistem sungai dan bahkan air laut yang ada di muara.

"Beberapa sungai yang ada di Sumatera sudah tidak ada lagi ikannya," kata dia.

Lahan gambut yang kering akibat kanal-kanal drainase perkebunan juga bisa mengakibatkan kebakaran lahan dengan asap yang melepaskan karbon berbahaya bagi kesehatan.

Lahan gambut yang terbakar juga bisa menghasilkan cekungan pada daratan dan berpotensi sebabkan genangan pada musim hujan. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Selasa, 16 April 2024 - 09:42 WIB

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Tidak lama ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi apresiasi positif PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.