Kerusakan Lahan Gambut Bisa Akibatkan Kerusakan Sungai

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Desember 2017 - 08:45 WIB

Tanah Gambut (Ali Fahmi / jurnalbumi)
Tanah Gambut (Ali Fahmi / jurnalbumi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kerusakan pada lahan gambut akibat penanaman kelapa sawit juga bisa mengakibatkan kerusakan ekosistem sungai karena pencemaran bahan kimiawi, kata Direktur Wetlands International Indonesia I Nyoman Suryadiputra.

Dalam diskusi di Jakarta, Rabu (27/12/2017) Nyoman menjelaskan pencemaran sungai dari bahan kimia berasal dari pestisida pada pohon sawit yang terbawa oleh air karena lahan perkebunan terkena banjir.

"Gambut adalah danau, menyimpan air di dalamnya. Karena sawit tidak suka air yang terlalu banyak, maka dikuras air yang ada di gambut dengan kanal-kanal drainase," kata Nyoman.

Akibat air dalam gambut yang terkuras tersebut kemudian lahan gambut menjadi kering dan terjadi cekungan pada daratan karena amblas dan bisa menyebabkan banjir serta genangan.

Air yang merendam kawasan perkebunan sawit tersebut lalu mencairkan pestisida pada pohon sawit dan membawanya ke sungai.

"Kelapa sawit gunakan 11 jenis pestisida, beberapa di antaranya dilarang oleh Kementerian Pertanian," kata dia.

Bahan kimia dari pestisida yang terbawa oleh air itulah yang mencemarkan ekosistem sungai dan bahkan air laut yang ada di muara.

"Beberapa sungai yang ada di Sumatera sudah tidak ada lagi ikannya," kata dia.

Lahan gambut yang kering akibat kanal-kanal drainase perkebunan juga bisa mengakibatkan kebakaran lahan dengan asap yang melepaskan karbon berbahaya bagi kesehatan.

Lahan gambut yang terbakar juga bisa menghasilkan cekungan pada daratan dan berpotensi sebabkan genangan pada musim hujan. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:50 WIB

OJK Monitor Mitigasi IT Bank Mandiri

Jakarta - OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut. Perbankan harus memiliki dan menerapkan standard…

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso bersama Gubernur BoT Thailand

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:13 WIB

OJK, Bank Sentral Thailand Kerjasamakan Pengaturan Pinjaman Online

Bangkok - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan bilateral dengan Bank of Thailand (BoT) di Bangkok, Jumat (19/7) dalam rangka penguatan kerja sama peran sektor jasa keuangan di kedua…

Alice Norin (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:00 WIB

Alice Norin Akhirnya Main Film Horor

Tidak pernah sedikitpun kepikiran untuk bisa main film horor, karena sebelumnya ia selalu menolak main film setan-setanan. Tapi lantaran atas nama persahabatan dengan Shandy Aulia, akhirnya…

Pure Saturday menyapa dan menghibur para pengunjung di booth Suzuki GIIAS 2019

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:50 WIB

Suzuki Setia Menemani Keseharian Personel Band Pure Saturday

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meriahkan panggung booth Suzuki di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan penampilan Pure Saturday.

Suzuki Jimny (Foto: Ridwan)

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:30 WIB

Jimny Hadir Dengan Konsep "Functional Beauty, Designed for Professionals"

Jimny merupakan mobil legendaris yang diperkenalkan oleh Suzuki dan telah menjadi bagian masyarakat Indonesia. Mengaspal sejak tahun 1979 di Indonesia, Jimny telah melalui tiga generasi dengan…