Sumatera Selatan Perlu Peremajaan Sawit Lebih Luas

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 23 Desember 2017 - 15:30 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang mengatakan Sumatera Selatan harus meremajakan perkebunan kelapa sawit lebih luas lagi karena daerah ini cukup siap dan sudah berhasil melaksanakan.

Sebab Pemerintah Pusat menargetkan peremajaan kebun kelapa sawit atau replanting seluas 1,8 ribu hektare. Sumsel harus ambil bagian lebih luas lagi, kata Dirjen saat rapat koordinasi bidang perkebunan di Palembang, kemarin.

"Apalagi Sumsel telah berhasil melaksanakan peremajaan sawit di Kabupaten Musi Banyuasin sehingga program tersebut harus dimaksimalkan lagi," katanya.

Menurut dia, replanting perkebunan karet merupakan program nasional dan mulai dilaksanakan pada 2017 yang dibuka langsung Presiden Joko Widodo di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel, belum lama ini.

Untuk Sumsel sendiri ada sekitar 4.800 Ha yang diremajakan, kemudian di Sumatera Utara tercatat 9.000 Ha. Jadi pada 2018 Sumsel harus lebih luas dibanding dengan provinsi lainnya, kata dia.

Sehubungan dengan itu Sumsel herus bergerak cepat supaya program peremajaan sawit pada 2018 dapat ditingkatkan lagi.

Dia meminta agar segera melakukan koordinasi dan mengikutsertakan semua pihak seperti masyarakat dan anggota TNI agar program pemerintah pusat tersebut berjalan lancar.

"Mulai sekarang ajukan saja usulan peremajaan tersebut supaya pemerintah pusat dapat membantu terutama dalam merealisasikan pengadaan bibit unggul," kata dia.

Program peremajaan sawit itu guna meningkatkan daya saing dan pertumbuhan perekonomian masyarakat sehingga itu harus disukseskan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM Jaenal Aripin

Sabtu, 07 Desember 2019 - 00:14 WIB

LPDB Dorong KUKM Manggarai Barat Hasilkan Produk Premium

Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Bergulir - Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB - KUMKM) bersinergi dengan sejumlah stakeholder dan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas koperasi…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…