Sumatera Selatan Perlu Peremajaan Sawit Lebih Luas

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 23 Desember 2017 - 15:30 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang mengatakan Sumatera Selatan harus meremajakan perkebunan kelapa sawit lebih luas lagi karena daerah ini cukup siap dan sudah berhasil melaksanakan.

Sebab Pemerintah Pusat menargetkan peremajaan kebun kelapa sawit atau replanting seluas 1,8 ribu hektare. Sumsel harus ambil bagian lebih luas lagi, kata Dirjen saat rapat koordinasi bidang perkebunan di Palembang, kemarin.

"Apalagi Sumsel telah berhasil melaksanakan peremajaan sawit di Kabupaten Musi Banyuasin sehingga program tersebut harus dimaksimalkan lagi," katanya.

Menurut dia, replanting perkebunan karet merupakan program nasional dan mulai dilaksanakan pada 2017 yang dibuka langsung Presiden Joko Widodo di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel, belum lama ini.

Untuk Sumsel sendiri ada sekitar 4.800 Ha yang diremajakan, kemudian di Sumatera Utara tercatat 9.000 Ha. Jadi pada 2018 Sumsel harus lebih luas dibanding dengan provinsi lainnya, kata dia.

Sehubungan dengan itu Sumsel herus bergerak cepat supaya program peremajaan sawit pada 2018 dapat ditingkatkan lagi.

Dia meminta agar segera melakukan koordinasi dan mengikutsertakan semua pihak seperti masyarakat dan anggota TNI agar program pemerintah pusat tersebut berjalan lancar.

"Mulai sekarang ajukan saja usulan peremajaan tersebut supaya pemerintah pusat dapat membantu terutama dalam merealisasikan pengadaan bibit unggul," kata dia.

Program peremajaan sawit itu guna meningkatkan daya saing dan pertumbuhan perekonomian masyarakat sehingga itu harus disukseskan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Kamis, 04 Juni 2020 - 22:42 WIB

Kemenperin: Indonesia Masih Menjadi Negara Tujuan Utama Investasi Sektor Industri Manufaktur

Kementerian Perindusterian (Kemenperin) mencatat, selama periode tahun 2015-2019, total nilai penanaman modal asing (PMA) dari sektor industri manufaktur sebesar USD61,5 miliar.

Anand Stanley Presiden Direktur Airbus

Kamis, 04 Juni 2020 - 21:38 WIB

Gantikan Patrick de Castelbajac, Anand Stanley Bos Baru Airbus Asia Pasifik

Anand Stanley resmi menjadi Presiden Airbus Asia Pasifik yang berbasis di Singapura. Anand akan memegang raksasa industri penerbangan tersebut pada 1 Juli 2020 mendatang. Adapun beban Anand…

Gelar Harkopnas 2020 Secara Virtual, Dekopin Menanti Arahan Presiden

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:55 WIB

Undang Presiden di Harkopnas Virtual 2020, Nurdin Halid: Covid-19 Momentum Redesain Struktur Ekonomi Negara

Jakarta-Wabah Covid-19 tidak membuat Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mati gaya. Wadah tunggal gerakan Koperasi Indonesia itu berencana menggelar peringatan Hari Koperasi ke-73 pada 12 Juli…

Menteri Keuangan Sri Mulyani (foto Tempo)

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:12 WIB

Kabar Gembira, Menkeu Sri Mulyani Bakal Gelontorkan Insentif Pajak Sebesar Rp123,01 Triliun untuk Dunia Usaha

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Pemerintah akan mendukung dunia usaha bertahan dari dampak COVID-19 dengan memberikan insentif perpajakan mencapai Rp123,01 triliun.…

Kantor Visa (foto Kontan.co.id)

Kamis, 04 Juni 2020 - 19:48 WIB

Ande Gandeng Visa Foundation dan Usaid Rilis Program Advancing Women's Empowerment Fund

Aspen Network of Development Entrepreneurs (ANDE) bersama dengan U.S. Agency for International Development (USAID) dan Visa Foundation mengumumkan bahwa delapan organisasi telah terpilih untuk…