PT Bakrie Sumatera Plantations Hasilkan 35 Ton Buah Sawit Per Ha

Oleh : Wiyanto | Kamis, 21 Desember 2017 - 07:25 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP)  melakukan inovasi melalui pengembangan bibit unggul yang menghasilkan produksi buah sawit lebih banyak dengan luasan lahan kebun yang sama.

Direktur & Investor Relations UNSP, Andi W. Setianto mengatakan, saat ini dengan luas pertanaman sawit nasional kurang lebih 10 juta hektar, total produksi hanya sekitar 30 juta ton CPO per tahun, dengan bibit unggul maka potensi produktivitas bisa meningkat menjadi 80 juta ton CPO per tahun setelah program replanting.

"Produktivitas bibit unggul Perseroan bisa menghasilkan 35 ton buah sawit per hektar dan ekstraksi CPO nya 23%, atau sekitar 8 ton CPO per hektar per tahun, sesuai hasil lapangan bibit unggul Perseroan yang sudah disertifikasi," kata dia di Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Menurutnya, dengan bibit unggul, luas lahan kebun tidak perlu bertambah menghasilkan produksi CPO berlipat ganda meningkatkan lagi produksi biodiesel untuk ketahanan energi nasional.

Perseroan melihat bibit unggul dan pendampingan petani pemilik lahan pertanaman sawit nasional kurang lebih 4 juta hektar adalah kunci produktivitas berkelanjutan sawit sebagai komoditas strategis nasional.

Direktur Utama UNSP, Bayu Irianto menambahkan, strategi peningkatan produktivitas berkelanjutan yang sedang dilakukan akan lebih banyak lagi dirasakan dampak positifnya dalam jangka menengah dan panjang. “Melanjuti fokus peningkatan produktivitas kebun dan pabrik, kami akan lanjutkan dengan langkah konkrit peningkatan produktivitas aset lainnya dan perbaikan struktur permodalan. Kami optimis, dalam jangka menengah dan panjang nanti perusahaan ini akan kembali bangkit menemukan momentum yang terbaik menjadi salah satu perusahaan perkebunan yang memiliki fundamental bisnis yang kuat,” katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang

Rabu, 03 Juni 2020 - 09:40 WIB

Menperin Agus Tersenyum, Total Investasi Industri Manufaktur Tembus Rp64 Triliun Hingga Maret 2020

Sepanjang Januari-Maret 2020, total penanaman modal sektor manufaktur menyentuh angka Rp64 triliun atau naik 44,7% dibanding capaian pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp44,2 triliun.…

Citilink Terapkan Kebijakan New Normal

Rabu, 03 Juni 2020 - 09:30 WIB

Citilink Layani Penerbangan dengan Prosedur New Normal

Maskapai Citilink menerapkan kebijakan “New Normal” di seluruh lini operasional Perusahaan yang mencakup fase pre-, in-, hingga post-flight baik untuk karyawan maupun pelanggan pada penerbangan…

Ilustrasi UC Browser

Rabu, 03 Juni 2020 - 09:24 WIB

Ramadhan 4 Juta Pengguna Indonesia Merayakan dengan UC Browser

UC Browser telah sukses menghadirkan pengalaman yang baru untuk menikmati Ramadan di tahun 2020. Melalui program UC Ramadan Untung, UC Browser membawa pengguna di seluruh Indonesia untuk menikmati…

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Rabu, 03 Juni 2020 - 09:20 WIB

Menkop UKM Pastikan Peluang UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 Masih Terbuka Lebar

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, UMKM pada saat pandemi Covid-19 berbeda dengan UMKM pada saat krisis moneter tahun 1998.

Periksa PCR Swab Covid-19

Rabu, 03 Juni 2020 - 09:20 WIB

Menteri Ini Sebut Virus Corona di Indonesia Tidak Termasuk Kategori Utama Covid-19

Menteri Riset dan Teknologi Indonesia dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro menyampaikan bahwa jenis virus Corona penyebab Covid-19 yang ada di Indonesia tidak termasuk…