Bukopin Syariah Perbaiki Kualitas Aset

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 20 Desember 2017 - 15:59 WIB

Bank Bukopin Syariah (dok - bukopin)
Bank Bukopin Syariah (dok - bukopin)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Di Oktober 2017, PT Bank Bukopin Tbk melakukan penambahan modal terhadap bisnis anak usaha syariah. Jumlah suntikan modal ke Bank Syariah Bukopin sebesar Rp 100 miliar.

Suntikan modal ini kata Glen Glenardi, Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk, untuk meningkatkan kinerja Bank Syariah Bukopin karena prospek bisnis syariah masih cukup bagus.

" Dengan penambahan modal ini, Bank Bukopin memiliki 92,7% saham di Bank Syariah Bukopin, kata Glen dalam keterangannya kepada Industry.co.id beberapa waktu lalu.

Menurut Glen, penambahan modal ini akan digunakan Bank Syariah Bukopin melakukan diferensiasi market. Selain itu, bank juga akan menggunakan suntikan dana ini untuk memperbaiki kualitas aset.

Bank juga akan menggunakan dana ini untuk ekspansi dan meningkatkan SDM. Sebagai gambaran, setelah disuntik bank masuk dalam kategori BUKU II dengan modal inti Rp 1,05 triliun.

Bank Syariah Bukopin (BSB) dalam beberapa tahun terakhir, memang sangat getol dalam melakukan langkah-langkah strategis guna mendorong pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia.

Dalam merespon minat pasar dan meningkatkan daya saing serta kualitas layanannya, BSB telah memperluas pasar cabangnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

Hal tersebut dibarengi juga dengan mengasa kemampuan sumber daya manusianya baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

Ini sejalan dengan visi BSB yaitu Menjadi Bank Syariah Pilihan dengan Pelayanan Terbaik, maka pembukaan Kantor Cabang baru merupakan bentuk kontribusi kami dalam melayani masyarakat dan wujud komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

BSB kini menjadi salah satu bank yang syariah yang diperhitungkan di negeri ini. Terlebih lagi karena mendapat dukungan sang induk-Bank Bukopin, yang merupakan bank papan atas yang memiliki reputasi dalam hal pelayanan.

Setidaknya, nilai-nilai perusahaan telah ditanamkan sejak pembentukan BSB sehingga memiliki SDM dengan pelayanan yang unggul. Ragam terobosan yang dilakukan, setidaknya tercermin dari kinerja BSB.

Komitmen dalam mengedukasi syariah pun tak pernah berhenti. Seperti yang dilakukan BSB dengan melakukan penandatangan MOU mengenai Pendidikan Perbankan Syariah di Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2017 di Surabaya.

Bank Syariah Bukopin Cabang Surabaya melakukan penandatangan MOU dengan Universitas Trunojoyo Madura (UTM), yang dilakukan oleh Pemimpin Cabang BSB Surabaya, Trisna Surjatri dengan Shofiyun Nahidloh S.Ag., MHI selaku Dekan Fakultas Keislaman.

Penandatanganan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara Para Pihak secara berkesinambungan dalam memberikan edukasi (in class) mengajar kepada mahasiswa fakultas Keislaman tentang perbankan syariah, selain itu juga menerima mahasiswa magang setiap tahunnya di Bank Syariah Bukopin Cabang Surabaya.

Di ISEF 2017, BSB membuka stan dan menawarkan program menarik kepada pengunjung dengan target yang dibidik adalah account atau nasabah baru dalam pembukaan tabungan hingga transaksi pembiayaan. BSB juga menawarkan produk unggulan Tabungan yaitu Tabungan iB SiAga.

Adapun Fiturnya adalah setoran awal ringan yaitu mulai dari minimal Rp50.000, setoran berikutnya minimal Rp10.000, bebas biaya administrasi bulanan dan langsung mendapatkan kartu ATM. Fasilitas ATM 24 Jam di ATM Bukopin dan jaringan ATM Prima/BCA.

Manfaat ATM untuk melakukan pembayaran tagihan pembayaran listrik, PAM, telepon, pendidikan, kartu kredit dan pembelian isi ulang pulsa telepon selular serta sarana untuk penyaluran zakat, infaq dan shadaqah.

Nasabah Tabungan iB SiAga juga memperoleh perlindungan asuransi secara gratis dengan saldo rata-rata akhir bulan minimal Rp1.000.000.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.