Bakti Nusantara Bangun Gedung Sekolah Baru Sekon di Timor Tengah Utara

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 16 Desember 2017 - 17:02 WIB

Keceriaan anak-anak di Sekon (dok INDUSTRY.co.id)
Keceriaan anak-anak di Sekon (dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Sekon, Timor Tengah Utara, 14 Desember 2017, menjadi puncak kegiatan Bakti Nusantara tahun 2017, Asisten Pembangunan dan Ekonomi Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Robertus Nahas, meresmikan bangunan baru SMP Negeri Sekon.

Hadir pula Dandim 1618/TTU, Kapolres TTU, serta Komandan Yonif 742/SWY yang sejak awal mendukung dan mengawal kesuksesan pembangunan.

Bangunan SMP Negeri Sekon telah dibangun sejak 16 September 2017 dan berhasil diselesaikan dalam 3 (tiga) bulan, sekaligus menjadi simbol gotong royong Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan masyarakat lokal.

Bersama dengan Yonif 742/SWY, Bakti Nusantara mendirikan bangunan baru untuk SMP Negeri Sekon, mempertimbangkan kondisi bangunan lama dirasa sangat tidak layak untuk kegiatan belajar mengajar.

Bakti Nusantara (BN) adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara). Kegiatan ini menyinergikan kekuatan alumni yang saat ini berada di TNI/Polri maupun sipil, serta berkolaborasi dengan seluruh institusi terkait, di level pusat maupun daerah.

Pelaksanaan BN pun meliputi pengembangan 3 (tiga) aspek, yakni kesejahteraan (Bangun Nusantara), kesehatan (Sehat Nusantara), dan pendidikan (Insiprasi Nusantara).

BN pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat serta menjadi inspirasi dalam membangun sebuah peradaban yang maju dan berkarakter.

Pada layanan kesehatan, tercatat peserta layanan ksesehatan bahkan membludak lebih dari 300 orang, sunat massal mencapai 86 orang, sedangkan operasi katarak 49 orang, dan bibir sumbing 14 orang.

Puluhan kartu pos inspirasi dari diaspora Indonesia serta 300 kilogram buku juga disumbangkan ke SMP Negeri Sekon serta beberapa komunitas lokal lain di Kabupaten Timor Tengah Utara.

Lebih dari 40 relawan dan 114 tenaga kesehatan turut hadir untuk melayani dan menginspirasi masyarakat. Belum lagi tim PGRI Pusat, RSUD Kefamenanu, Siloam Kupang, serta Kwarnas Gerakan Pramuka yang ikut mengirimkan timnya untuk memberikan pelatihan dan insipirasi bagi warga, tak hanya Desa Sekon, tetapi juga masyarakat Kecamatan Insana, bahkan penduduk luar kabupaten yang turut serta, papar Ketua Pelaksana, Wahyu Andito, dalam laporan pelaksanaan.

Rangkaian kegiatan ini didukung antara lain oleh Wardah, Yayasan Anugerah Sentosa, Telkomsel, Ikastara Pertamina, Yayasan Matahati, Medina, Tour de Pirikan, Siloam, Mucoindo Prakasa, Paradua Bangun Nusantara, dan Bosowa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 11:17 WIB

Koku Raih Pendanaan Pra-Seri A Sebesar US$2 Juta Dari Co-Founder Tencent

Pendanaan Pra-Seri A ini dipimpin oleh Jason Zeng, Co-founder Tencent Holdings dan pendiri perusahaan angel investment asal China, Decent Capital.

Perkebunan kelapa

Sabtu, 20 April 2019 - 11:05 WIB

Kemenperin Pastikan Bisnis Industri Olahan Kelapa di Indonesia Masih Sangat Prospektif

Bisnis industri pengolahan kelapa di Indonesia masih prospektif dan terus berkembang di beberapa wilayah seperti Riau, Sulawesi Utara, Gorontalo, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan…

Oppo F11 Pro (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 10:59 WIB

Masa Pre-order Selesai, Smartphone Oppo F11 Sudah Tersedia di Pasar Indonesia

Perangkat Oppo F11 menjadi favorit karena kemampuan kamera belakangnya untuk mengambil foto portrait memukau dalam gelap, memori besar, pengisian daya cepat, serta harganya yang cukup terjangkau,…

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI

Sabtu, 20 April 2019 - 10:32 WIB

Peringati Harkonas, YLKI Minta Pemerintah Serius Lindungi Konsumen

Setiap 20 April, diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional, atau Harkonas yang tak bisa dilepaskan dari UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Pasalnya Harkonas mengacu pada…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 20 April 2019 - 10:05 WIB

Kemenperin Pacu Hilirisasi Komoditas Kelapa Terpadu dari Jambi Sampai Gorontalo

Kementerian Perindustrian semakian giat memacu hilirisasi komoditas kelapa agar menjadi produk industri dalam negeri yang bernilai tambah tinggi.