Tak Kunjung Turun, Impor Jadi Salah Satu Opsi Permasalahan Harga Gas Industri

Oleh : Ridwan | Rabu, 13 Desember 2017 - 16:28 WIB

Gas Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Gas Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Haris Munandar berharap harga gas untuk industri terutama sektor industri swasta sesuai dengan harapan para pelaku usaha yaitu sebesar US$ 6 per MMBtu.

"Kita harapkan demikian, saat ini sedang kami (Kemenperin) perjuangkan," ujar Haris seusai menghadiri acara seminar 'Outlook Ketahanan Energi Untuk Mendukung Pertumbuhan Industri Nasional 2018' yang diadakan oleh Forum Wartawan Industri (Forwin) di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Ia menambahkan, saat ini ada beberapa opsi terkait harga gas untuk industri salah satunya adalah impor. "Kalau memang tidak bisa dipenuhi dari dalam negeri, opsi lainnya adalah impor," terangnya.

Namun, lanjutnya, masih ada beberapa opsi lain untuk menurunkan harga gas tersebut yaitu, dengan menekan rantai nilai utama, sedangkan dari sisi pemerintah mungkin penerimaan negara bukan pajak (PNBP) bisa dikurangi.

"Ini beberapa opsi untuk menurunkan harga gas. Kita terus membahas dengan Kementerian terkait, karena memang banyak faktor yang harus dipertimbangkan,"ungkap Haris.

Menurutnya, penurunan harga gas untuk industri tidak hanya di prioritaskan untuk delapan sektor saja. Ia berharap sektor lainnya juga mengalami penurunan harga gas. "Namun sekali lagi, semua prosesnya bertahap," katanya.

Sebelumnya, Wakomtap industri hulu & petrokimia Kadin Indonesia, Achmad Widjaya mengatakan, Kadin hanya memandang, jalur komunikasi antar pemerintah masing-masing, masih mementingkan domain sendiri-sendiri ketimbang nasional.

"Menko Perekonomian belum mampu mengkoordinasi serta menyatukan domain tersebut, sehingga PP Nomor 40 tentang harga gas tak terlaksana," ujarnya.

Seperti diketahui, dalam Rapat Kabinet Terbatas tanggal 4 Oktober 2016, Presiden Jokowi menginstruksikan harga gas industri diturunkan ke US$ 5-6 per MMBTU untuk memperkuat daya saing industri nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim Warsik Laksanakan Audit Kinerja di Mako Resimen Artileri Marinir

Jumat, 03 Mei 2024 - 05:18 WIB

Tim Warsik Laksanakan Audit Kinerja di Mako Resimen Artileri Marinir

Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) dari Inspektorat Korps Marinir (Itkormar) yang dipimpin Inspektur Korps Marinir (Irkormar) Kolonel Marinir Tri Subandiyana, S.H. melaksanakan Audit Kinerja…

Korps Marinir TNI AL Merayakan Hari Paskah 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 05:01 WIB

Korps Marinir TNI AL Merayakan Hari Paskah 2024

Dalam Perayaan Hari Paskah Tahun 2024 Korps Marinir ditunjuk sebagai panitia penyelenggara mengelar ibadah bersama prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut yang beragama Nasrani dari beberapa Komando…

Kasum TNI Hadiri Rapat Koordinasi Penyelesaian Masalah Lahan TNI AL

Jumat, 03 Mei 2024 - 04:53 WIB

Kasum TNI Hadiri Rapat Koordinasi Penyelesaian Masalah Lahan TNI AL

Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan mewakili Panglima TNI menghadiri Rapat Koordinasi Tentang Penyelesaian Masalah Lahan antara Masyarakat Dengan TNI AL di Kota Tarakan Kalimantan Utara yang…

Danpuspom TNI Buka Rakornis Pom TNI - Propam Polri Tahun 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 04:45 WIB

Danpuspom TNI Buka Rakornis Pom TNI - Propam Polri Tahun 2024

Danpuspom TNI Mayor Jenderal TNI Yusri Nuryanto membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pom TNI dan Propam Polri Tahun 2024, bertempat di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta…

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…