Menperin Tarik Investasi Lewat Program Link and Match SMK dan Industri

Oleh : Ridwan | Rabu, 13 Desember 2017 - 13:16 WIB

Menperin berkunjung ke pabrik Komatsu (foto humas)
Menperin berkunjung ke pabrik Komatsu (foto humas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian terus mendorong penciptaan tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing melalui program pendidikan vokasi yang link and match antara SMK dengan industri.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara PT Komatsu Indonesia dengan perwakilan 35 SMK di pulau Jawa.

"Dengan dilaksanakannya program link and match ini diharapkan program pemerintah akan semakin masif," ujar Airlangga seusai menghadiri acara penandatanganan MoU antara PT Komatsu Indonesia dengan 35 SMK di Cakung, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Ia menambahkan, saat ini PT Komatsu Indonesia sudah bekerja sama dengan 35 SMK di pulau Jawa. Kedepan, Perhimpunan Industri Alat Besar Indonesia (Hinabi) sudah komitmen akan mendorong seluruh perusahaan alat berat untuk membina 60 SMK.

"Ini merupakan suatu langkah yang baik untuk Komitsu Indonesia, dan bisa ditiru oleh industri-industri lainnya," terangnya.

Lebuh lanjut, Menperin menjelaskan, pihaknya tengah mengajukan pemberian insentif fiskal bagi industri yang mengembangkan pendidikan vokasi dan R&D di Indonesia.

"Kami sedang membuat konsep peraturan dimana bantuan industri vokasi dalam bentuk capex akan diberikan fasilitas 200 persen tax allowance, khusus R&D dalam bentuk capex dan opex kami berikan tax allowance 300 persen. Dengan ini kita berharap daya saing industri nasional akan semakin kuat," tambah Menperin.

Oleh karena itu, Kemenperin terus mendorong perusahaan-perusahaan yang sudah puluhan tahun di Indonesia untuk melakukan investasi. "Komatsu Indonesia dapat menjadi cerita sukses untuk menarik perusahaan lainnya, sehingga akan menjadikan akar industri nasional semakin kuat," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.