Meski Intermediasi Kredit Belum Maksimal, Fundamental Ekonomi Telah Membaik

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 Desember 2017 - 15:22 WIB

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

INDUSTRY co.id -Jakarta - Pada gelaran Indonesia Economic and Financial Sector Outlook (IEFSO) 2018, Ali Setiawan, Head of Global Markets PT Bank HSBC Indonesia mengatakan, meski bisa dilihat dari intermediasi kredit yang belum maksimal menunjukan siklus pemulihan yang masih lambat,  fundamental ekonomi dilihat telah membaik, terutama di bidang export dan ekspektasi peningkatan belanja pemerintah untuk social welfare. 

"Untuk itu, diperlukan beberapa dukungan kebijakan lebih lanjut untuk mewujudkan potensi pertumbuhan Indonesia. Kita juga dapat melihat Bank Indonesia sudah membantu sangat banyak dari sisi moneter untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.”  kata Ali di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Ali menyatakan, di tahun 2018 yang merupakan tahun politik pada dasarnya akan sedikit lebih baik dibandingkan tahun 2017 mempertimbangkan dukungan belanja pemerintah dan juga private consumption yang biasanya cenderung meningkat mendekati periode Pemilu.

Di sisi lain, Nuni Sutyoko, Senior Vice President and Head of Corporate Sustainability PT Bank HSBC Indonesia mengatakan, sebagai bagian dari komitmen untuk menjadi bagian dari pertumbuhan yang berkelanjutan, HSBC Indonesia bersama PSF dan Sampoerna University senantiasa fokus pada penguatan edukasi keuangan bagi para mahasiswa dan pelajar, bankir-bankir daerah, serta tenaga pengajar di bidang perbankan dan keuangan. 

"Itulah antara lain yang memotivasi kami berbagi paparan ekonomi pada kesempatan ini.” kata Nuni.

Sementara, Inka B. Yusgiantoro, Peneliti Eksekutif Senior, Otoritas Jasa Keuangan memaparkan bahwa peneliti ekonomi dan perbankan memiliki peluang yang sangat besar untuk berpartisipasi dalam perumusan solusi permasalahan dan tantangan industri keuangan melalui riset.

 “Kemajuan riset merupakan pilar utama dalam membangun sektor jasa keuangan yang kontributif, inklusif, dan stabil. Dengan tantangan dan peluang ekonomi global saat ini, peneliti ekonomi dan perbankan di lingkungan civitas akademika perguruan tinggi dan industri harus semakin memperdalam riset untuk memberikan proyeksi ekonomi yang bermanfaat bagi perencanaan ekonomi dan finansial untuk Indonesia ke depan,” jelas Inka.

Seminar Indonesia Economic and Financial Outlook (IEFSO) 2018 merupakan bagian dari kerja sama strategis antara HSBC, Putera Sampoerna Foundation, dan Sampoerna University dalam mengembangkan literasi dan inklusi keuangan sejak 2015. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Senin, 06 Mei 2024 - 05:59 WIB

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Menyadari pentingnya support keluarga demi meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar acara Family Gathering di Plaza Keong Mas,…

Mitraruma Kini Hadir di The Darmawangsa Square, Tawarkan Kitchen Set dan Kabinet Premium

Senin, 06 Mei 2024 - 05:36 WIB

Mitraruma Kini Hadir di The Darmawangsa Square, Tawarkan Kitchen Set dan Kabinet Premium

Mitraruma, penyedia one-stop design & build interior untuk kebutuhan kitchen set dan cabinetry di bawah unit bisnis SCG Distribution & Retail Indonesia, PT Kokoh Inti Arebama Tbk, membuka showroom…

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.