Kemenperin-Lembaga Terkait Kembangkan Kendaraan Pedesaan

Oleh : Ridwan | Rabu, 06 Desember 2017 - 12:37 WIB

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih (Foto Ridwan)
Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus kembangkan kendaraan pedesaan guna menopang program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Dalam hal ini, Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin menggandeng enam Kementerian lain dan beberapa lembaga dalam pengembangan kendaraan pedesaan.

"Kami tidak bisa kerja sendiri, untuk itu kami berharap beberapa Kementerian dan lembaga yang kami undang diskusi hari ini dapat membantu kami dalam pengembangan kendaraan pedesaan," ujar Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih dalam acara Temu Bisnis IKM Alat Angkut bertema Sinergi Pengembangan Kendaraan Pedesaan Antar-Stakeholder di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Beberapa kementerian dan lembaga yang terlibat dalam pengembangan kendaraan pedesaan antara lain Kemenperin, Kemenko Bidang Perekonomian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi.

Kemudian Bappenas, Astra Modal Ventura, Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB), Institut Otomotif Indonesia (IOI), Perkumpulan IKM Komponen Otomotif (PIKKO), Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) dan Dinas yang membidangi industri di Klaten, Tegal dan Jawa Tengah.

Menurut Gati, dalam pengembangan kendaraan pedesaan membutuhkan keterlibatan, komitmen, serta sinergi dari beberapa pihak Kementerian dan lembaga.

"Selain itu, masih perlu penyusunan regulasi dan payung hukum dalam pengembangan kendaraan pedesaan, termasuk insentif dan integratornya," terangnya.

Sebelumnya, Gati mengatakan, sebanyak 11 Industri Kecil Menengah (IKM) komponen dinyatakan siap untuk mendukung produksi kendaraan pedesaan yang sedang dikembangkan oleh Kementerian Perindustrian.

"Ada 11 yang kondisinya siap. Rata-rata dari mereka adalah anggota Perkumpulan Industri Kecil Menengah Komponen Otomotif (Pikko)," katanya.

Gati berharap pengembangan kendaraan pedesaan dapat membawa efek berganda bagi perkembangan industri otomotif dalam negeri.

"Termasuk didalamnya peningkatan kualitas SDM sektor industri otomotif dan alat mesin pertanian dalam negeri," tutupnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…