Semen Padang Raih 15 Penghargaan ICA 2017

Oleh : Herry Barus | Minggu, 03 Desember 2017 - 09:00 WIB

PT Semen Padang
PT Semen Padang

INDUSTRY.co.id - Padang- PT Semen Padang kembali meraih penghargaan pada ajang Indonesia Coorporate Social Responsibility Award (ICA) 2017 dengan menggondol 15 kategori.

"Penghargaan ICA ini bergengsi bagi Semen Padang karena menjadi ajang pembuktian komitmen perusahaan dalam memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan," kata Kepala Biro CSR Semen Padang, Muhamad Ikrar di Padang, Sabtu (2/12/2017)

Ia merinci 15 penghargaan tersebut antara lain kategori perorangan dan perusahaan.

Untuk kategori perorangan, Semen Padang mendapatkan penghargaan terbaik Chief Executive Officer (CEO), terbaik tingkat manajemen dan terbaik tingkat mitra.

Untuk tingkat CEO, diraih mantan Direktur Utama PT Semen Padang yang kini menjabat sebagai Direktur Produksi PT Semen Indonesia Benny Wendry.

Sedangkan tingkat manajemen, diberikan Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum PT Semen Padang, Iskandar Zulkarnaen Lubis dengan karya tulis "CSR Semen Padang Basinergi Mambangun Nagari".

Kemudian tingkat mitra, diraih oleh Defriyeni Dahar sebagai Local Community Organizier (LCO) Semen Padang dengan karya tulis "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rumah Tangga dan Komunal".

Selanjutnya untuk tingkat perusahaan, secara keselurahan Semen Padang mendapatkan Grand Platinum bidang industri dan manufaktur.

"Pada kategori ini, juga diikutsertakan 11 program, dan alhamdulillah, semua program tersebut meraih penghargaan, yaitu 5 Platinum, 5 Gold dan 1 Silver," kata Ikrar kepada awak media.

Ia menyampaikan lima program yang mendapatkan platinum, yaitu PKBM Integrasi di Kelurahan Batu Gadang, Forum Nagari Indarung, Pemberdayaan Masyarakat Berbasis delapan Asnaf Melalui UPZ PT Semen Padang, dan Nagari Pemberdayaan Posyandu Terintegrasi di Kelurahan Lambung Bukit, serta Klinik Semen Padang Paduli Sehat.

Kemudian Gold untuk program berjudul Pemberdayaan dan Perlindungan Konsumen, Pengolahan Gas Buang Menjadi Energi Listrik Melalui WHRPG, Investasi Sosial Pemberdayaan Lumbung Keuangan Nagari, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah Berbasis Rumah Tangga dan Komunal, serta Kelompok Usaha Nagari Kelurahan Padang Besi.

Sedangkan kategori Silver, diraih melalui program Emergency Respons Bencana Banjir Melalui Pembangunan Jembatan Baringin.

Selain Semen Padang, tiga perusahaan lainnya yang mendapatkan Grand Platinum adalah PT Kideco Daya Agung pada sektor Pertambangan dan Energi, PT Kaltim Prima Coal yang juga di sektor Pertambangan dan Energi, dan PT PLN di sektor Jasa, Perbankan dan Telematika.

Pada ajang ini, ada 28 perusahaan BUMN dan Swasta yang menjadi peserta ICA 2017.

Sebelumnya pada ICA 2014, PT Semen Padang meraih 13 penghargaan. Penghargaan itu adalah enam Platinum dan empat Gold, serta dua anugerah terbaik untuk kategori perseorangan, yakni CEO Terbaik dari 33 perusahaan peserta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto PuspenTNI)

Jumat, 19 April 2019 - 13:00 WIB

Aparat Keamanan akan Tindak Tegas Upaya Ganggu Ketetertiban Masyarakat

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi terhadap pihak-pihak yang berusaha mengganggu keamanan dan ketertiban. Apalagi, bila upaya itu dilakukan…

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:26 WIB

Kapolri Tito Karnavian Pastikan Pelaksanaan Pencoblosan Berlangsung Aman Terkendali

Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian menyebutkan tidak ada kejadian signifikan yang mengganggu pelaksanaan pencoblosan suara pada 17 April 2019.

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:19 WIB

Tetap Waspada, Potensi Hujan Lebat Masih akan Terjadi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan release peringatan dini cuaca terbaru mulai Kamis (18/4/2019) sampai 2 hari kedepan (20/4/2019). Berdasarkan pengamatan BMKG,…