Len Industri Dukung Sistem Persinyalan Kereta Api Bandara Soetta

Oleh : Ridwan | Rabu, 29 November 2017 - 08:47 WIB

Rini Soemarno Menteri BUMN (Foto Ist)
Rini Soemarno Menteri BUMN (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri BUMN, Rini Soemarno kemarin, Selasa (28/11/2017) melakukan uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta. Rencananya, KA Bandara akan resmi beroperasi setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo awal Desember nanti.

BUMN yang berkantor pusat di Bandung, PT Len Industri (Persero), berperan secara keseluruhan dalam sistem persinyalannya, baik pada desain sistem, integrasi,  engineering, instalasi serta tes & commissioning hingga KA Bandara dapat berfungsi dengan baik.

Direktur Utama PT Len Industri, Zakky Gamal Yasin mengatakan, kita melalui anak perusahaan Len, yakni PT Len Railway Systems, mengerjakan persinyalannya meliputi Stasiun Batu Ceper–Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

"Kita mendapatkan kontrak pekerjaan ini sejak Februari 2016 untuk menyelesaikan jalur St. Batu Ceper–St. Basoetta," ujar Zakky melalui siaran persnya di Jakarta (29/11/2017).

Bagi masyarakat, kereta ini akan menjadi pilihan moda transportasi yang menarik untuk menjangkau Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang selama ini hanya bisa dijangkau oleh bus, taksi, dan mobil pribadi.

KA Bandara Soekarno-Hatta terdiri dari 10 trainset dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya. KA Bandara ini dilengkapi berbagai fasilitas yang ada di stasiun dan selama perjalanan. 1 (satu) trainset terdiri dari 6 kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang.

KA Bandara nantinya akan melayani penumpang di lima Stasiun, yaitu: Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Keberangkatan kereta adalah setiap 30 menit sekali dari St. Sudirman Baru dan Stasiun Soekarno-Hatta. Jadwal keberangkatan dimulai pukul 03.00 WIB dini hari hingga 23.00 WIB dengan waktu tempuh 40-50 menit.

Dalam uji coba kemarin, Menteri Rini didampingi oleh Direktur Utama PT Len Industri Zakky Gamal Yasin,  Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro,  Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto, Plt Dirut Inka Mohamad Nur Sodiq, dan Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk M Choliq dan Direktur Utama PT Len Railway Systems Dewayana Agung Nugroho

Selain itu, saat ini Len sedang menggarap Fasilitas Operasional proyek-proyek urban transport dalam skema multiyears yakni : (1). LRT Palembang yang menghubungkan Stadion Jakabaring ke Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II; (2). Commuter Lines Jabodebek (LRT) yang menghubungkan Cawang-Cibubur, Cawang-Bekasi Timur serta Cawang-Duku Atas; (3). LRT Jakarta Koridor I yang menghubungkan Kelapa Gading ke Velodrome; serta (4). Skytrain atau APMS (Automatic People Mover Systen) Bandara Internasional Soekarno–Hatta yang dapat melayani perpindahan penumpang di 3 terminal.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…

Kota Surabaya

Senin, 21 Oktober 2019 - 17:55 WIB

Catat, Ini 5 Kuliner yang Bikin Kangen dengan Surabaya

Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya.

FGD KETAHANAN PANGAN NASIONAL

Senin, 21 Oktober 2019 - 16:39 WIB

Butuh Keputusan Politik yang Kuat untuk Melindungi Lahan Pertanian

Jakarta-Anggota DPR RI Herman Khaeron mengatakan, untuk mewujudkan etahanan pangan nasional perlu keputusan politik yang kuat dari pemerintah. Sebab, berbagai masalah yang muncul sebagai kendala…