PT KAI Tambah 20 Kereta Baru Jelang Natal dan Libur Tahun Baru

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 24 November 2017 - 11:14 WIB

Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)
Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyiapkan 20 kereta baru atau 2 trainset guna mengantisipasi lonjakan penumpang dalam menyambut libur Natal 2017 dan tahun 2018 mendatang.

“Kami sudah pesan 438 kereta, tahun ini di deliver (kirim) 20 kereta, 2 train set. Nanti utamanya untuk nambah pelayanan di Natal dan Tahun Baru," ujar Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo kemarin.

Menurut Didiek, pihaknya telah memprediksi kenaikan penumpang jelang perayaan Natal dan Tahun Baru mencapai 10 hingga 15 persen.

"Sampai Juni 2017 (penumpang kereta) 176 juta. Target sampai akhir tahun 350 juta. Natal Tahun Baru kenaikan antara 10 sampai 15 persen," jelasnya.

Sementara itu, Didiek mengatakan, program peremajaan armadakereta terua dilakukan oleh KAI guna meningkatkan pelayanan kepada penumpang, salah satunya untuk kelas ekonomi yang dahulunya satu gerbong terdapat 100 kursi, untuk kereta baru nantinya hanya akan ada 80 kursi penumpang.

"Gerbongnya sama antara ekonomi dan eksekutif, hanya konfigurasi kursinya saja yang berbeda, kedepan tujuan kami tidak berorientasi pada peningkatan volume (penumpang)," jelas Didiek.

Sebab, lanjut Didiek, PT KAI saat ini harus meningkatkan pelayanan kepada penumpang, sebab saat ini banyak maskapai penerbangan murah yang menawarkan harga tiket bersaing dengan tiket kereta.

"Makanya kami punya program-program kedepan, selain di angkutannya, di stasiun-stasiun juga kami tingkatkan, kemudian service di atas kereta ditingkatkan, jadi kami tidak akan kalah dengan pesawat," tambah Didiek.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia…

Penampakan Booth Suzuki di PRJ

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:45 WIB

Usung Tema 100% Buat Indonesia, Suzuki Turut Ramaikan Jakarta Fair 2019

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-492, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merk Suzuki di Indonesia turut berpartisipasi pada acara tahunan Jakarta Fair Kemayoran…

Samsung Smart Learning Class

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:19 WIB

Samsung dan IGI Makassar Perluas Manfaat Samsung Smart Learning Class Menjadi Paperless School

PT Samsung Electronics Indonesia terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui implementasi program Corporate Citizenship pada bidang pendidikan.…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:15 WIB

Industri Manufaktur Sumbang Signifikan ke PMDN dan PMA

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong realisiasi dari komitmen para investor sektor industri yang telah menyatakan minatnya untuk menanamkan modal di Indonesia.