PT KAI Tambah 20 Kereta Baru Jelang Natal dan Libur Tahun Baru

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 24 November 2017 - 11:14 WIB

Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)
Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyiapkan 20 kereta baru atau 2 trainset guna mengantisipasi lonjakan penumpang dalam menyambut libur Natal 2017 dan tahun 2018 mendatang.

“Kami sudah pesan 438 kereta, tahun ini di deliver (kirim) 20 kereta, 2 train set. Nanti utamanya untuk nambah pelayanan di Natal dan Tahun Baru," ujar Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo kemarin.

Menurut Didiek, pihaknya telah memprediksi kenaikan penumpang jelang perayaan Natal dan Tahun Baru mencapai 10 hingga 15 persen.

"Sampai Juni 2017 (penumpang kereta) 176 juta. Target sampai akhir tahun 350 juta. Natal Tahun Baru kenaikan antara 10 sampai 15 persen," jelasnya.

Sementara itu, Didiek mengatakan, program peremajaan armadakereta terua dilakukan oleh KAI guna meningkatkan pelayanan kepada penumpang, salah satunya untuk kelas ekonomi yang dahulunya satu gerbong terdapat 100 kursi, untuk kereta baru nantinya hanya akan ada 80 kursi penumpang.

"Gerbongnya sama antara ekonomi dan eksekutif, hanya konfigurasi kursinya saja yang berbeda, kedepan tujuan kami tidak berorientasi pada peningkatan volume (penumpang)," jelas Didiek.

Sebab, lanjut Didiek, PT KAI saat ini harus meningkatkan pelayanan kepada penumpang, sebab saat ini banyak maskapai penerbangan murah yang menawarkan harga tiket bersaing dengan tiket kereta.

"Makanya kami punya program-program kedepan, selain di angkutannya, di stasiun-stasiun juga kami tingkatkan, kemudian service di atas kereta ditingkatkan, jadi kami tidak akan kalah dengan pesawat," tambah Didiek.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Blockchain

Kamis, 18 April 2019 - 17:10 WIB

Jelajahi Pasar Blockchain Indonesia, TTC Gandeng Tokocrypto dan Infonesia

Blockchain proyek dari Singapura, TTC Foundation resmi bekerjasama dengan Tokocrypto dan Infonesia sebagai bagian dari strategi memasuki pasar Indonesia. Melalui kerja sama ini, TTC Foundation…

Fujitsu Indonesia

Kamis, 18 April 2019 - 16:06 WIB

Tahun 2019, Fujitsu Indonesia Bidik Pertumbuhan Usaha Hingga Double Digit

PT Fujitsu Indonesia optimis penjulan di tahun 2019 akan tumbuh mencapai double digit. Pasalnya, segmen pasar yang disasar oleh perusahaan masih mempunyai peluang yang cukup besar di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat salah satu AMMDes

Kamis, 18 April 2019 - 15:10 WIB

Sejak Diluncurkan Agustus 2018, AMMDes Raih Banyak Pujian

Pengembangan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) diapresiasi banyak pihak karena mampu memberikan beragam manfaat bagi kebutuhan masyarakat desa. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 18 April 2019 - 14:38 WIB

BNI Syariah Targetkan Pembukaan Rekening Online diakhir 2019

Jakarta - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019. Pembukaan rekening online merupakan salah satu strategi yang dilakukan BNI Syariah untuk meningkatkan layanan di…

Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi di Pesantren-Pesantren

Kamis, 18 April 2019 - 14:11 WIB

Cerita Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi ke Pesantren-Pesantren

Koperasi Komunitas Mantan Narapidana teroris dan Gerakan Aktivis Radikal (Kontantragis) yang didirikan di Bandung pada 28 Oktober 2017 sukses memperluas pasar dengan produk unggulan kopi, sabun,…