BI Genjot Pengembangan UMKM Kendalikan Inflasi

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 November 2017 - 19:13 WIB

Bank Indonesia
Bank Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bank Indonesia menggenjot pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui program klaster sesuai dengan potesi daerah sehingga membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat dalam upaya mengendalikan inflasi.

"Kami ingin meningkatkan produktivitas dengan fokus pada komoditas penyumbang inflasi," kata Direktur Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Yoga Affandi di Jakarta, Senin (20/11/2017)

Menurut Yoga, sejak tahun 2014 pengembangan program pengendalian inflasi melalui klaster itu difokuskan kepada komoditas ketahanan pangan dan komoditas yang menjadi sumber tekanan inflasi di antaranya seperti beras, cabai, bawang merah dan bawang putih, komoditas yang berorientasi ekspor.

Dia menjelaskan hingga triwulan pertama tahun 2017 total sebanyak 173 klaster binaan di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan lahan seluas 7.534 hektare dan melibatkan sekitar 13.700 petani dan peterak.

Tidak hanya itu melalui program klaster tersebut, Yoga mengungkapkan lebih dari 27.500 tenaga kerja telah terserap dunia usaha mikro, kecil dan menengah. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…