Waspadai Kenaikan Produksi, Harga CPO Malaysia Berpotensi Turun

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 20 November 2017 - 11:59 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia diperkirakan bakal kembali turun pada perdagangan Senin (20/11/2017).

“Pasalnya, pelaku pasar mempertimbangkan kenaikan pajak impor minyak nabati di India dan adanya proyeksi kenaikan produksi,” ujar Faisyal, analis bursa komoditas PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Pemerintah India telah menaikkan bea masuk untuk CPO menjadi 30% dari sebelumnya 15% sebagai upaya untuk membatasi pengiriman CPO yang lebih murah dan meningkatkan harga CPO lokal guna mendukung para petani lokal.

Menurut survei Reuters, produksi CPO Indonesia berpeluang naik 8,8% dari 3,63 juta ton menjadi 3,95 juta ton pada September 2017.

Hasan Hasril Siregar, Direktur Lembaga Penelitian Kelapa Sawit Indonesia, mengemukakan, produksi CPO pada Oktober 2017 seharusnya lebih tinggi karena merupakan puncak musim panen sawit.

“Produksi sawit pada November 2017 ini diperkirakan bakal kembali ke level seperti pada September lalu,” imbuh Hasan.

Pada perdagangan hari ini, para pelaku pasar akan menantikan laporan ekspor CPO dari perusahaan Cargo Surveyor ITS dan Cargo Surveyor SGS untuk jumlah permintaan minyak sawit.

Sementara itu, kurs ringgit Malaysia hari ini berpotensi bergerak pada kisaran 2.620-2.730 per dolar Amerka. Titik support terdekat diprediksi berada di posisi 2.650 dengan titik resistensi terdekat pada 2.700. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.