Menteri Susi Terima Gelar Doctor Kehormatan dari ITS

Oleh : Herry Barus | Jumat, 10 November 2017 - 15:00 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: Setkab)
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Foto: Setkab)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Cuasa (Dr HC) bidang pembangunan kelautan serta perikanan Indonesia dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya karena kontribusi kiprahnya dalam dunia kemaritiman.

Rektor ITS Prof Joni Hermana memberikan gelar tersebut bersamaan dengan peringatan Dies Natalis ITS ke-57 di kampus setempat, Jumat (10/11/2017)  dan menjadikan Susi Dr HC ke-3 ITS setelah Hermawan Kartajaya dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Joni mengungkapkan, proses pemberian gelar kehormatan itu kepada Susi cukup panjang yang dimulai sejak September 2016 yang lalu. Dr HC yang ke-3 sejak 57 tahun lalu itu menunjukkan ITS cukup selektif dalam memberikan gelar itu.

"Kita butuh orang yang mampu membuat pembangunan terhadap bangsa dan dia telah menujukkan kinerja yang sangat baik dan signifikan," kata Guru Besar Teknik Lingkungan itu.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengaku dia sebenarnya tidak membutuhkan gelar itu, namun sebagai seorang profesional dan cinta kepada laut serta pertanggungjawaban sebagai seorang pejabat negara, legimitasi ini sangat penting untuk meneruskan kebijakan yang dilakukan KKP untuk diteruskan.

"Karena ini satu satunya yang bisa memastikan masa depan bangsa kita," ujarnya.

Dengan legimitasi ini, lanjut dia, masih ada yang menyangsikan efektivitas kebijakan yang dibuat KKP. Penghargaan itu menjadi motivasi lebih kepada untuk meneruskan kebijakan yang telah dibuat.

Ditanya dirinya menangis menyampaikan pidato, Susi mengungkapkan dirinya ingat anak dan ibu bapaknya. Menurutnya jika bekerja dengan baik, maka apresiasi itu akan datang.

"Saya merasa apa yang telah terjadi di kelautan akan tercurah untuk semua bahwa laut harus dijaga kelangsungan dan keberlanjutannya. Saya bangga bisa membagi, Indonesia menang untuk mendapatkan kedaulatan lautnya," kata Susi (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…