Gapprindo Dorong Produksi Biodiesel dari Kelapa Sawit

Oleh : Hariyanto | Jumat, 27 Oktober 2017 - 15:34 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Makassar- Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia (Gapprindo) Sulsel mendorong produksi Biodiesel dari kelapa sawit, karena dinilai ekonomis dan merupakan energi baru terbarukan (renewable).

"Kelapa sawit memiliki banyak manfaat, tidak hanya dibuat minyak goreng tetapi juga diproduksi untuk kebutuhan bahan bakar Biodiesel," kata Ketua Gapprindo Sulsel Sulaiman H Andi Loeloe di Makassar, Kamis (26/10/2017)

Menurut dia, program pemerintah untuk mendorong penggunaan energi baru terbarukan seperti kelapa sawit yang merupakan bahan dasar biodiesel bercampur solar atau B20 dapat mendorong kenaikan ekspor biodiesel, setelah kebutuhan dalam negeri terpenuhi.

Kelapa sawit merupakan pemasok devisa terbesar di dunia. Khusus di Indonesia kelapa sawit menjadi produsen komoditi ekspor.

"Khusus di Sulsel jumlah perkebunan kelapa sawit berkembang hingga mencapai 80 persen area dengan 32.000 plasma mandiri," kata Sulaiman kepada awak media.

Dia mengatakan, untuk penjualan kelapa sawit dapat melalui lelang komuditi yang dilakukan oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).

Sementara harga kelapa sawit ditentukan oleh Tim Penetapan Indeks SK yang pada September 2017 tecatat Rp1.270 per kilogram (kg). Harga tersebut berbeda jauh dibandingkan penjualan kelapa sawit diSumatra yang mencapai Rp1.800 per kg.

"Salah satu penyebabnya, karena rendemen produksi sawit di daerah ini rendah dibandingkan Sumatera, selain itu disebabkan karena menggunakan bibit bukan unggulan," kata Sulaiman.

Keunggulan tanaman kelapa sawit dibandingkan tanaman perkebunan lainnya, karena dapat dinikmati hasilnya hingga 20 tahun dalam satu kali penanaman.

"Akan tetapi petani saat ini kurang konsisten dalam memilih komoditi yang mengakibatkan banyak petani yang berpaling dari kelapa sawit, pindah ke komoditi lainnya," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…