Sistem IT BAZNAS Juara Lomba OJK

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 Oktober 2017 - 10:57 WIB

Sistem IT BAZNAS Juara Lomba OJK
Sistem IT BAZNAS Juara Lomba OJK

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah menyabet banyak medali (3 emas, 2 perunggu) pada turnamen silat nasional Yogyakarta Championship II 2017, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kembali menorehkan prestasi. Lembaga pemerintah non struktural ini, sukses menjuarai lomba Penulisan Inklusi Keuangan “Koinku” 2017 yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta. 

“Alhamdulillah tim information technology (IT) kita, berhasil mendapat peringkat tiga untuk kategori umum. Profesionalisme yang dibuktikan dengan sistem IT terkini yang memenangi lomba di OJK, akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap BAZNAS. Sehingga spirit kebangkitan zakat di negeri ini akan semakin mantap,” ujar Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo di Jakarta, Rabu (18/10/2017). 

Setelah melalui proses penjurian yang panjang dan berakhir Selasa (17/10/2017), BAZNAS berhasil menyisihkan 175 peserta lainnya dari seluruh Indonesia. Ini sangat membanggakan, tutur Bambang, karena BAZNAS ikut mempertegas urgensi pemanfaatan ranah digital dalam mewujudkan inklusi keuangan. Apalagi, kini financial technology atau fintech menjadi salah satu potensi besar dalam mendukung inklusi keuangan melalui jalur online. 

“Semoga prestasi sistem IT BAZNAS yang menang dalam lomba yang diadakan OJK, mendorong masyarakat berbondong-bondong menunaikan zakat, infak dan sedekah ke BAZNAS,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasional BAZNAS Wahyu TT Kuncahyo menjelaskan, pihaknya mengirimkan tim yang terdiri atas Achmad Setio Adinugroho dan Randi Swandaru. Mereka, tutur Wahyu, mempresentasikan makalah berbahasa Inggris berjudul “The Impact of SiMBA and Its Electronic Service Quality towards Financial Inclusion”.

Achmad Setio Adinugroho atau akrab disapa Tio adalah Kepala Divisi Teknologi Informasi (TI) dan Pelaporan BAZNAS. Ia menyelesaikan S1 di ITB dan S2 di Macquarie University Australia. Sementara Randi Swandaru adalah alumni IPB dan menuntaskan S2 di Durham University Business School Inggris, kini dipercaya sebagai Kepala Bagian Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan Pelaporan BAZNAS.

Tio memaparkan, Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SiMBA) diluncurkan pada 3 Oktober 2012. Melalui sistem ini, lanjut dia, proses pencatatan dan pelaporan zakat menjadi terintegrasi secara nasional.

Menurut Tio, kegiatan bertema “Model Inklusi Keuangan Berbasis Digital dalam Rangka Mendorong Percepatan Akses Keuangan” dan berhadiah total Rp 112,5 juta ini, diselenggarakan OJK untuk mendorong gagasan terkait model akses keuangan berbasis digital yang inovatif dan solutif. 

Lomba dibagi tiga bagian, yaitu kategori akademisi untuk mahasiswa D1, S1, S2 dan S3 baik individu maupun kelompok; kategori umum untuk individu maupun perwakilan perusahaan, lembaga lendidikan, LSM dan komunitas; dan kategori pelaku usaha jasa keuangan (PUJK) dari perbankan, pasar modal dan industri keuangan non bank yang telah berinovasi terhadap model bisnis akses keuangan dan men

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.

THR Emas Pegadaian

Kamis, 18 April 2024 - 16:51 WIB

Pegadaian Catat Transaksi Tabungan Emas Naik Sebesar 8,33% Pada Maret 2024

PT Pegadaian mencatat penjualan Tabungan Emas pada momen lebaran tahun 2024 mengalami peningkatan signifikan. Pada Maret 2024 atau menjelang lebaran, transaksi Tabungan Emas naik sebesar 8,33%…