Industri Pariwisata Terbuka di Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 19 Oktober 2017 - 12:03 WIB

Danau Singkarak Sumbar (Foto Ist)
Danau Singkarak Sumbar (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Painan- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat membuka seluas-luasnya kesempatan berinvestasi di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mendeh karena saat ini baru satu investor yang masuk ke wilayah tersebut.

"Satu investor tersebut berasal dari Italia yang mengelola sebagian Pulau Cubadak," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Pesisir Selatan Suardi, di Painan, Kamis (19/2017)

Ia menerangkan di kawasan itu terdapat beberapa pulau eksotis, ada Bukit Ameh dan beberapa pulau strategis lainnya yang bisa dijadikan sebagai lokasi berinvestasi.

Sebelumnya terdapat beberapa investor yang menyatakan tertarik berinvestasi di Mandeh, namun hingga saat ini belum ada kelanjutannya.

Bahkan ada investor yang telah mengecek lokasi, namun juga tidak ada kelanjutannya.

"Kami saat ini terus mempromosikan potensi yang ada di Mandeh dengan harapan ada investor yang benar-benar serius mengelola sektor pariwisata di lokasi itu," katanya lagi.

Beberapa pulau di kawasan Mandeh yang bisa dikelola di antaranya Pulau Bintagor dengan luas 37 hektare, Pulau Pagang 32 hektare, Pulau Ular satu hektare, dan Pulau Marak 256 hektare.

Selanjutnya, Pulau Cubadak 705 hektare, Pulau Taraju tiga hektare, Pulau Setan satu hektare, Pulau Sironjong Kaciak tiga hektare, dan Pulau Sironjong Gadang 25 hektare serta beberapa pulau lainnya.

Di lokasi itu investor bisa mengembangkan berbagai wahana pariwisata, penginapan, dermaga bahkan juga bisa membuat restoran terapung.

Sedangkan Bukit Ameh memiliki luas 1.340 hektare dan sekitar 400 hektare saat ini dalam tahap pembebasan lahan. Pada lokasi itu investor bisa membangun hotel berkelas internasional, lapangan golf, restoran dan lainnya.

Sebelumnya, pada Selasa (17/10) lebih kurang 140 orang investor yang berasal dari berbagai negara peserta Regional Investment Forum (RIF) berkunjung ke kawasan Mandeh.

Setelah itu, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengagendakan pertemuan dengan para investor di rumah dinasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati menawarkan empat bonus bagi investor yang serius berinvestasi di kawasan Mandeh, di antaranya memudahkan pengurusan izin, pengurusan izin bisa dilakukan secara online, izin yang diterbitkan gratis kecuali izin mendirikan bangunan dan bebas pajak selama lima tahun. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Serah terima program beasiswa anak perusahaan MMSGI, MHU kepada mahasiswa Universitas Kutai Kertanegara Tenggarong.

Kamis, 02 Mei 2024 - 18:50 WIB

Hari Pendidikan Nasional, MMSGI Terus Tunjukkan Komitmennya Ciptakan Pendidikan Inklusif di Indonesia

MMSGI tunjukkan komitmennya pada dunia pendidikan Indonesia lewat serangkaian program CSR untuk pendidikan tinggi maupun pendidikan dasar menuju Indonesia Emas 2045.

WIR Group Hadir di ASEAN+ Youth Summit 2023

Kamis, 02 Mei 2024 - 17:36 WIB

Laba Bersih WIR Group Naik Sebesar 11,1% di Kuartal Pertama 2024

Pada kuartal pertama tahun 2024, WIR Group (PT WIR Asia Tbk) mencatat pertumbuhan yang signifikan atas pendapatannya yang mencapai Rp672,6 miliar, meningkat 8,1% dari kuartal pertama tahun sebelumnya.…

Bank BTPN

Kamis, 02 Mei 2024 - 17:18 WIB

Triwulan I-2024, Bank BTPN Catat Peningkatan Penyaluran Kredit Sebesar 24% YoY

PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) mencetak kinerja positif pada Triwulan I-2024 dengan mencatat peningkatan total penyaluran kredit sebesar 24% year-on-year (yoy) menjadi Rp186,56 triliun pada…

Living World Kota Wisata Cibubur

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:59 WIB

Living World Kota Wisata Cibubur Berkolaborasi dengan Pemkab Bogor dan Pendopo Hadirkan UMKM Lokal

Living World, pusat perbelanjaan yang dikembangkan oleh PT Sahabat Kota Wisata yang merupakan perusahaan joint venture antara Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land, berkolaborasi dengan Pemerintah…

Ilustrasi kelapa sawit

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:40 WIB

GAPKI Kutuk Keras Tindakan Pencurian TBS Kelapa Sawit, Ganggu Iklim Investasi di Kalteng

Terbongkarnya aksi pencurian TBS perkebunan kelapa sawit yang marak terjadi di Kalimantan Tengah. Pencurian dilakukan dengan dalih Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FPKM) serta klaim…