Status Awas Gunung Agung, Kunjungan Wisatawan ke Bali Turun

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 16 Oktober 2017 - 10:42 WIB

Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)
Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Denpasar, Bali menyebutkan kunjungan wisatawan menurun sejak Gunung Agung ditetapkan status awas mulai 22 September lalu.

"Sejak Gunung Agung ditetapkan level IV (Awas) banyak isu yang menyebar di media sosial berdampak juga pada penurunan kunjungan wisatawan ke Bali," kata Ketua Badan Pengurus Cabang PHRI Kota Denpasar Ida Bagus Gede Sidharta Putra saat bertatap muka dengan Wali Kota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra di ruang (Control Room) Damamaya Denpasar Cyber Monitor, di Lumintang Denpasar, (13/10/2017)

Menurut dia, usaha pertama yang dilakukan adalah meminta kepada Wali Kota Denpasar membuat pernyataan di berbagai media sosial tentang kawasan Kota Denpasar yang aman. Karena Kota Denpasar tetap aman bagi pengunjung wisatawan, karena lokasinya jauh dari gunung tertinggi di Bali.

Ia mengharapkan wisatawan yang berkunjung tidak merasa khawatir dengan kondisi Gunung Agung saat ini, karena jika terjadi erupsi hanya 28 desa di Kabupaten Karangsem yang berada mengelilingi Gunung Agung dianggap dalam bahaya.

Pemerintah juga telah mengidentifikasi radius 12 kilometer dari puncak Gunung Agung sebagai daerah yang perlu diwaspadai oleh wisatawan, serta keberadaraan bandara yang relatif jauh dari Gunung Agung yakni berjarak 60 km ke arah selatan menyebabkan kondisi di Kota Denpasar masih dianggap aman untuk kunjungan wisatawan.

Ia mengatakan seandainya terjadi erupsi PHRI juga telah menyiapkan mekanisme penyelamatan dengan menyediakan 700 titik sebagai tempat pengamanan keselamatan para wisatawan.

``Jika terjadi erupsi wisatawan yang berada di objek wisata bisa menyelamatkan diri di titik yang telah disediakan, setelah itu akan dijemput bus dan langsung diantar ke bandara atau dermaga yang telah disediakan,`` ujarnya seperti dilansir Antara.

Sidharta Putra mengingat pihaknya telah menyiapkan pengalihan bandara dan dermaga, serta menyediakan bus untuk mengantar hingga sampai tujuan.

Sementara itu, Wali Kota Denpasar Rai Dharmawijaya Mantra mengapresiasi perencanaan tanggap bencana yang dibuat PHRI.

Untuk memaksimalkan langkah tersebut, Rai Mantra minta agar PHRI membuat simulasi kepada warga masyarakat dan wisatawan.

``Simulasi perlu dilakukan, sehingga ketika bencana benar terjadi pola perencanaan tanggap bencana ini bisa diterapkan dengan baik,`` katanya.

Tidak hanya itu, Rai Mantra minta agar titik kumpul yang disediakan untuk turis harus dipastikan dan disosialisasikan. Bahkan titik itu harus dimasukkan dalam tanggap bencana yang ada di program Pro Denpasar.

Jika ada berbagai permasalahan wisatawan bisa langsung menghubungi call center 112 yang siaga melayani setiap pengaduan masyarakat.

"Masyarakat atau wisatawan yang berada di Kota Denpasar bisa menghubungi 112 jika mengalami masalah,`` katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT. CAR SOME INDONESIA (Carsome), sebuah perusahaan penyedia layanan jual beli mobil berbasis aplikasi digital.

Jumat, 21 Juni 2019 - 06:09 WIB

Carsome Diduga Melanggar Aturan dalam Praktik Bisnis Jual Beli Mobil

Masyarakat Peduli Hukum Teknologi Indonesia (MPHTI) melayangan aduannya ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terkait praktik jual beli yang dilakukan PT. CAR SOME INDONESIA (Carsome),…

Jenny Widjaja, selaku pendiri Paberik Mie tampak antusias menyambut pengunjung menikmati kuliner mie ayam sehat dan alami

Jumat, 21 Juni 2019 - 05:50 WIB

Waralaba Paberik Mie, Bisnis Sehat dan Aman

Bagi Anda pengunjung Pekan Raya Jakarta, JIExpo Kemayoran selain menikmati hiburan live musik, kurang pas tanpa menjajaki aneka kuliner disana. Dari bermacam aneka kuliner yang hadir disana,…

Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia, Volvo memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama Volvo Dynamic Steering.

Jumat, 21 Juni 2019 - 03:46 WIB

Volvo Trucks Hadirkan Inovasi Setir Mobil Anti Lelah

Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia. Pada demonstrasi produk di Sentul Kamis (20/6/2019). V

Pemenang Traveloka Experience

Kamis, 20 Juni 2019 - 23:16 WIB

Traveloka Xperience Hadir Tawarkan Ribuan Pengalaman Menyenangkan di Seluruh Dunia

Tahukah Anda bahwa kebutuhan hiburan dan gaya hidup orang Indonesia meningkat secara signifikan belakangan ini? Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 2015 hingga 2017, secara…

Lion Air (Ist)

Kamis, 20 Juni 2019 - 22:00 WIB

Lion Air Mengajak Millennials Traveling Jelajahi Destinasi Indonesia

Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group hari ini mengumumkan program promo yang bertemakan #wujudkanmimpiterbang untuk rute penerbangan domestik. Tarif spesial ini bertepatan…