Status Awas Gunung Agung, Kunjungan Wisatawan ke Bali Turun

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 16 Oktober 2017 - 10:42 WIB

Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)
Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Denpasar, Bali menyebutkan kunjungan wisatawan menurun sejak Gunung Agung ditetapkan status awas mulai 22 September lalu.

"Sejak Gunung Agung ditetapkan level IV (Awas) banyak isu yang menyebar di media sosial berdampak juga pada penurunan kunjungan wisatawan ke Bali," kata Ketua Badan Pengurus Cabang PHRI Kota Denpasar Ida Bagus Gede Sidharta Putra saat bertatap muka dengan Wali Kota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra di ruang (Control Room) Damamaya Denpasar Cyber Monitor, di Lumintang Denpasar, (13/10/2017)

Menurut dia, usaha pertama yang dilakukan adalah meminta kepada Wali Kota Denpasar membuat pernyataan di berbagai media sosial tentang kawasan Kota Denpasar yang aman. Karena Kota Denpasar tetap aman bagi pengunjung wisatawan, karena lokasinya jauh dari gunung tertinggi di Bali.

Ia mengharapkan wisatawan yang berkunjung tidak merasa khawatir dengan kondisi Gunung Agung saat ini, karena jika terjadi erupsi hanya 28 desa di Kabupaten Karangsem yang berada mengelilingi Gunung Agung dianggap dalam bahaya.

Pemerintah juga telah mengidentifikasi radius 12 kilometer dari puncak Gunung Agung sebagai daerah yang perlu diwaspadai oleh wisatawan, serta keberadaraan bandara yang relatif jauh dari Gunung Agung yakni berjarak 60 km ke arah selatan menyebabkan kondisi di Kota Denpasar masih dianggap aman untuk kunjungan wisatawan.

Ia mengatakan seandainya terjadi erupsi PHRI juga telah menyiapkan mekanisme penyelamatan dengan menyediakan 700 titik sebagai tempat pengamanan keselamatan para wisatawan.

``Jika terjadi erupsi wisatawan yang berada di objek wisata bisa menyelamatkan diri di titik yang telah disediakan, setelah itu akan dijemput bus dan langsung diantar ke bandara atau dermaga yang telah disediakan,`` ujarnya seperti dilansir Antara.

Sidharta Putra mengingat pihaknya telah menyiapkan pengalihan bandara dan dermaga, serta menyediakan bus untuk mengantar hingga sampai tujuan.

Sementara itu, Wali Kota Denpasar Rai Dharmawijaya Mantra mengapresiasi perencanaan tanggap bencana yang dibuat PHRI.

Untuk memaksimalkan langkah tersebut, Rai Mantra minta agar PHRI membuat simulasi kepada warga masyarakat dan wisatawan.

``Simulasi perlu dilakukan, sehingga ketika bencana benar terjadi pola perencanaan tanggap bencana ini bisa diterapkan dengan baik,`` katanya.

Tidak hanya itu, Rai Mantra minta agar titik kumpul yang disediakan untuk turis harus dipastikan dan disosialisasikan. Bahkan titik itu harus dimasukkan dalam tanggap bencana yang ada di program Pro Denpasar.

Jika ada berbagai permasalahan wisatawan bisa langsung menghubungi call center 112 yang siaga melayani setiap pengaduan masyarakat.

"Masyarakat atau wisatawan yang berada di Kota Denpasar bisa menghubungi 112 jika mengalami masalah,`` katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisuda Sekolah Jurnalisme HNJA 2019

Sabtu, 14 Desember 2019 - 13:21 WIB

Kolaborasi Danone-SJAJI Tingkatkan Kapasitas Jurnalis Melalui Program HNJA

Jakarta - Sebanyak 13 jurnalis yang mengikuti Health and Nutrition Journalist Academy (HNJA) 2019 mengikuti kelulusannya dari program ini, Jumat 13 Desember 2019. Para jurnalis muda dari berbagai…

Cinta Laura

Sabtu, 14 Desember 2019 - 12:00 WIB

Cinta Laura Sulit Memerankan Gadis Bogor

Film yang baik tidak sekedar tontonan tapi juga bisa memberikan tuntunan buat penonton maupun pemain terlibat. Hal itu yang dirasakan oleh Cinta Laura ketika membintangi film Jeritan Malam produksi…

Habibie Ainun 3 Frekwensi Yang Menyatukan Cinta Abadi

Sabtu, 14 Desember 2019 - 11:00 WIB

Habibie Ainun 3 Frekwensi Yang Menyatukan Cinta Abadi

Film Habibie Ainun 3, kisah dokter yang mengabdi pada suami. Ainun anak bidan di salah satu desa di Jawa Tengah, sejak kecil bercita-cita ingin menjadi dokter, impiannya didukung kedua orang…

Ozy Syahputra dan Indah Permatasari dalam film "Si Manis Jembatan Ancol" veris terbaru yang tayang 26 Desember 2019 mendatang.

Sabtu, 14 Desember 2019 - 10:45 WIB

Film ‘Si Manis Jembatan Ancol’ Dengan Kisah Asli Hantu Mariam

Belakangan banyak film lama yang kembali dibuatkan versi baru. Salah satunya yang segera akan beredar adalah film Si Manis Jembatan Ancol. Film yang diproduksi oleh MVP Pictures bekerjasama…

MSI Turut Mendorong Bertumbuhnya Ekonomi Kreatif

Sabtu, 14 Desember 2019 - 10:00 WIB

MSI Turut Mendorong Bertumbuhnya Ekonomi Kreatif

Micro-Star INT’L CO., LTD, produsen laptop asal Taiwan, resmi meluncurkan tiga buah laptop seri Content Creation beserta satu laptop seri Workstation terbaru di Indonesia yaitu Prestige 15,…