PHRI Kalbar: Tiap Kegiatan Budaya dan Wisata Harap Datangkan Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 13 Oktober 2017 - 15:20 WIB

Pekan Gawai Dayak (PGD) di Pontianak, Kalimantan Barat (www.facebook.com/kemenpar)
Pekan Gawai Dayak (PGD) di Pontianak, Kalimantan Barat (www.facebook.com/kemenpar)

INDUSTRY.co.id, Pontianak - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kalbar, Yuliardi Qamal berharap setiap kegiatan budaya dan wisata di Kalbar harus dapat mendatangkan wisatawan dari luar wilayah.

"Harapan tersebut tentu juga sesuai keinginan usaha kita di mana jika wisatawan luar ramai bertandang ke Kalbar maka bisa berpengaruh terhadap tingginya tingkat hunian hotel," ujarnya di Pontianak, Kamis (12/10/2017).

Ia menambahkan dengan tingginya tingkat hunian hotel dan ramainya mencicipi kuliner di restoran dan rumah makan di Kalbar maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) di daerah ini akan meningkat pula.

"Setiap wisatawan luar tentu menginap, makan dan berbelanja. Dengan hal tersebut tentu juga menggeliatkan ekonomi daerah ini," papar dia.

Selama ini ia menilai untuk kegiatan di Kalbar masih minim mendatangkan wisatawan luar. Hal itu tentu harus menjadi perhatian PHRI dan semua pihak bagaimana sektor pariwisata dan sebagainya yang mampu membawa orang luar ke Kalbar terus dikembangkan.

"Kegiatan di kita kebanyakan masih dari lokal. Kalau orang lokal tentu tidak menginap, tidak belanja dan lainnya. Kalau pun ada tentu sedikit. Secara umum pengaruh kegiatan pemerintah saat ini belum singnifikan untuk mendatangkan wisatawan luar," papar dia.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) Kalbar mencatat bahwa jumlah kunjungan wisatwan mancanegara (Wisman) dari Januari - Juli 2017 sebanyak 20.749 kunjungan.

Kemudian untuk Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel Bintang di Kalbar khusus pada Juli 2017 yaitu 44,30 persen naik 3,53 poin dibandingkan TPK Juni 2017 sebesar 40,77 persen. Sedangkan untuk rata - rata lama menginap tamu di hotel berbintang di Kalbar hanya, 1,72 hari. (ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Minggu, 16 Juni 2019 - 10:00 WIB

Menperin: Perang Dagang Untungkan Indonesia

Indonesia dinilai memiliki peluang di tengah bergulirnya perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Sebab, Indonesia masih memiliki fundamental ekonomi yang kuat dalam menghadapi situasi…

Pembangunan drainase jalan nasional

Minggu, 16 Juni 2019 - 07:50 WIB

Kementerian PUPR Siapkan Program Pembangunan Drainase Jalan Secara Nasional

Keberadaan drainase jalan yang terhubung dengan sistem drainase kawasan atau lingkungan sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan dan memperpanjang usia layanan jalan.

Bank Mandiri Syariah (Foto Ist)

Minggu, 16 Juni 2019 - 06:36 WIB

Libur Lebaran 2019 Transaksi Electronic Channel Mandiri Syariah Naik 60%

Jakarta -- Selama libur lebaran Mei 2019 transaksi electronic channel PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) naik 60% (year on year) dari Mei 2018.

Kunjungan Wisman ke Bali (Foto ist)

Sabtu, 15 Juni 2019 - 18:00 WIB

Kunjungan Wisman ke Bali Turun 7,83 Persen

BPS Provinsi Bali mencatat jumlah kunjungan wisatawan asing ke beberapa destinasi pariwisata di Bali mengalami penurunan hingga 7,83 persen untuk bulan April 2019 jika dibandingkan dengan bulan…

BAZNAS Buka Dapur Umum di Daerah Terisolir Banjir Konawe

Sabtu, 15 Juni 2019 - 17:04 WIB

BAZNAS Buka Dapur Umum di Daerah Terisolir Banjir Konawe

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mendirikan layanan Dapur Umum untuk melayani pengungsi banjir bandang di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Dapur umum…