Borobudurpedia, Permudah Wisatawan Mencari Informasi Lewat Aplikasi

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 10 Oktober 2017 - 17:42 WIB

Ilustrasi borobudur-IST
Ilustrasi borobudur-IST

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Selain mengajukan sebagai Memory of the World, Balai Konservasi Borobudur juga membuat suatu aplikasi yang berguna untuk memberikan informasi mengenai Candi Borobudur kepada wisatawan.

Nantinya, informasi ini dikemas dalam bentuk buku, versi web bahkan dalam versi aplikasi di Android yang nantinya bisa diunduh melalui PlayStore.

"Apapun tentang Candi Borobudur kami tampilkan dan kalau sekarang, banyak yang menulis persepsi sendiri tentang Candi Borobudur, misalnya di Facebook atau medsos lainnya, sebenarnya itu tidak sesuai dengan Candi Borobudur itu sendiri," kata Marsis Sutopo, Kepala Balai Konservasi Borobudur kepada Industry.co.id, di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Oleh karenanya, tambah dia,  kami sebagai Pengelola Candi membuat aplikasi lain yakni Borobudurpedia. "Sehingga Borobudur bisa dilihat dari berbagai sisi tapi ini informasi kami dari yang berwenang jadi informasi yang benar," katanya.

Dari Borobudurpedia karena dikelola oleh yang ahli dibidangnya, seperti pembaca bisa turut aktif seperti di Wikipedia. "Jadi, pembaca bisa kasih info atau masukan kalau tentang kami Candi Borobudur dan infromasinya disusun secara alpabet A sampai Z," sambungnya.

"Jadi yang tiap masuk ke dalam web ataupun versi android dapat juga ikut menjadi kontributor dengan ikut mengirimkan masukkan berbagai informasi tentang Candi Borobudur," ungkap Marsis.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 11:17 WIB

Koku Raih Pendanaan Pra-Seri A Sebesar US$2 Juta Dari Co-Founder Tencent

Pendanaan Pra-Seri A ini dipimpin oleh Jason Zeng, Co-founder Tencent Holdings dan pendiri perusahaan angel investment asal China, Decent Capital.

Perkebunan kelapa

Sabtu, 20 April 2019 - 11:05 WIB

Kemenperin Pastikan Bisnis Industri Olahan Kelapa di Indonesia Masih Sangat Prospektif

Bisnis industri pengolahan kelapa di Indonesia masih prospektif dan terus berkembang di beberapa wilayah seperti Riau, Sulawesi Utara, Gorontalo, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan…

Oppo F11 Pro (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 10:59 WIB

Masa Pre-order Selesai, Smartphone Oppo F11 Sudah Tersedia di Pasar Indonesia

Perangkat Oppo F11 menjadi favorit karena kemampuan kamera belakangnya untuk mengambil foto portrait memukau dalam gelap, memori besar, pengisian daya cepat, serta harganya yang cukup terjangkau,…

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI

Sabtu, 20 April 2019 - 10:32 WIB

Peringati Harkonas, YLKI Minta Pemerintah Serius Lindungi Konsumen

Setiap 20 April, diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional, atau Harkonas yang tak bisa dilepaskan dari UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Pasalnya Harkonas mengacu pada…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 20 April 2019 - 10:05 WIB

Kemenperin Pacu Hilirisasi Komoditas Kelapa Terpadu dari Jambi Sampai Gorontalo

Kementerian Perindustrian semakian giat memacu hilirisasi komoditas kelapa agar menjadi produk industri dalam negeri yang bernilai tambah tinggi.