Anak Usia 17 Tahun Ini, Sukses Terangi 75 Rumah Tangga di Desa Kasepuhan Ciptagelar

Oleh : Ridwan | Jumat, 06 Oktober 2017 - 09:00 WIB

Gamma Abdurrahman Thohir (tengah) bersama Wamen ESDM, Arcandra Tahar
Gamma Abdurrahman Thohir (tengah) bersama Wamen ESDM, Arcandra Tahar

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Masyarakat Desa Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi, Jawa Barat akhirnya merasakan nikmatnya penerangan listrik. Melalui proyek Micro Hydro for Indonesia, inisiatif sosial yang digagas oleh anak berusia 17 tahun yang bernama Gamma Abdurrahman Thohir.

Saat ini lebih dari 75 rumah tangga di Kasepuhan Ciptagelar kini telah teraliri listrik melalui pembangkit listrik kecil tenaga air skala mikro yang memiliki kapasitas 40 KW.

"Proyek Micro Hydro for Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan akses kelistrikan dan mengurangi kesenjangan listrik antara pusat kota dengan pedesaan. Dan saya merasa terpanggil untuk melakukan proyek sosial ini di desa Kasepuhan Ciptagelar yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota namun belum mendapat pasokan listrik yang cukup," ujar Gamma di Jakarta (5/10/2017).

Secara cermat Gamma mampu melihat bahwa masyarakat Ciptagelar memiliki potensi untuk dapat mengembangkan kualitas kehidupan mereka, baik melalui ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, maupun peningkatan sosial budaya. Dengan masuknya listrik, diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Ciptagelar,salah satunya  melalui produksi kopi.

Gamma mengatakan, keberhasilan itu merupakan buah kerja keras dari seluruh tim, termasuk keterlibatan warga Kasepuhan Ciptagelar yang terlibat siang dan malam selama proyek berlangsung. Proyek Microhydro for Indonesia ini juga merupakan bukti generasi muda Indonesia yang bisa memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat sejalan dengan program Presiden Joko Widodo dan pemerintah Indonesia yang fokus pada kerja nyata dalam pemerataan pembangunan dan percepatan infrastruktur.

"Seperti yang kita lihat, di Indonesia sendiri masih banyak desa-desa yang belum menikmati aliran listrik padahal potensi listrik dari energi terbarukan di Indonesia sangat besar sedangkan pemanfaatannya masih rendah," kata Gamma.

Keberhasilan proyek Microhydro for Indonesia diharapkan akan mendorong pemerintah dan banyak pelaku usaha lainnya untuk lebih aktif dalam mengembangkan energi terbarukan di Indonesia.

Sementara itu, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar mengapresiasi program pemanfaatan listrik seperti yang diinisiasi dan dikembangkan oleh Gamma. Dia berharap, keberhasilan Gamma menjadi inspirasi bagi anak-anak muda di seluruh Indonesia dalam berkontribusi aktif bagi masyarakat.

"Pemerintah mendukung penuh inisiatif dan kreativitas anak muda seperti yang telah dilakukan oleh Gamma. Proyek Micro Hydro for Indonesia ini tidak hanya sekedar untuk kepuasan personal,  tapi juga mampu menggerakkan anak muda untuk melakukan inisiatif-inisiatif lainnya melalui kontribusi yang positif," jelas Archandra.

Dengan kontribusi nyata generasi muda seperti yang dilakukan Gamma, Arcandra yakin aliran listrik bagi masyarakat akan segera bisa merata dan menerangi Indonesia. Apalagi dengan kreativitas yang dimiliki para pemuda, berbagai persoalan yang ada di lapangan pasti bisa ditemukan solusinya.

"Tantangan utama dalam mengembangkan energi terbarukan adalah persoalan teknis, dan anak-anak muda yang penuh dengan kreativitas seperti Gamma pasti bisa menciptakan solusinya," kata Arcandra.

Adapun Direktur Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN), Okty Damayanti menyampaikan perasaan bersyukur dan bangga bisa terlibat dalam proyek sosial yang dilakukan oleh Gamma dan tim Microhydro for Indonesia. Okty mengatakan, keberhasilan Gamma diharapkan mampu mendorong anak-anak muda lainnya untuk membuat karya-karya lain yang tidak kalah menginspirasi. "YABN akan selalu mendukung penuh kemauan dan kreativitas para pemuda seperti  yang dimiliki Gamma," kata Okty.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…