Operasional Pabrik Semen Rembang Telah Memenuhi Seluruh Syarat dan Perizinan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 04 Oktober 2017 - 06:16 WIB

Pabrik Semen Rembang (Ist)
Pabrik Semen Rembang (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyatakan, operasional pabrik Rembang telah memenuhi seluruh perizinan yang disyaratkan.

Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia, Agung Wiharto mengatakan, Putusan peninjauan kembali kedua Mahkamah Agung yang menyatakan N.o (niet ontuankelijke verklaard) atau gugatan tidak diterima, tidak mempengaruhi operasional pabrik.

"Keputusan tersebut tidak terkait dan tidak berdampak hukum terhadap operasional pabrik semen Rembang," kata Agung kepada pers di Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Pabrik semen Rembang dapat beroperasi secara sah berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 660.1/6 Tahun 2017 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan dan Pembangunan Pabrik Semen dengan kode emiten SMGR di Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah, pada 23 Februari 2017.

Izin lingkungan tersebut merupakan tindak lanjut dari pemenuhan pertimbangan hakim dalam putusan PK Nomor 99 PK/TUN/2O16 melalui mekanisme addendum amdal dan telah dinyatakan layak pada sidang komisi penilai amdal pada 2 Februari 2017.

Kemudian, izin lingkungan pabrik semen Rembang No.660.1/6 Tahun 2017 tersebut kembali digugat Walhi pada 23 Mei 2017. Namun, melalui penetapan PTUN 16 Juni 2017 dan putusan perlawanan tanggal 16 Agustus 2017, gugatan tersebut ditolak PTUN Semarang dan dimenangkan oleh gubernur Jawa Tengah.

"Dengan demikian keputusan tersebut telah berkekuatan hukum tetap (inkrah), sehingga izin lingkungan Nomor 660.1/6 2017 tetap berlaku dan sah sebagai dasar beroperasinya pabrik semen Rembang," ujar Agung.

Semen Indonesia, pada tahun ini, banyak menghabiskan belanja modal untuk pembangunan pabrik, termasuk di Rembang. Perseroan juga membangun pabrik Indarung VI di Sumatra Barat. (imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi (tengah) usai meresmikan Bukittinggi Broadband Modern City didampingi oleh Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin

Jumat, 18 Oktober 2019 - 01:00 WIB

Telkom Resmikan Bukittinggi menjadi "Modern Broadband City"

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil melakukan modernisasi infrastruktur telekomunikasi di kota Bukittinggi. Modernisasi jaringan ini dilakukan dengan menyediakan…

BCA Syariah sosialisasi dan edukasi yuk nabung saham syariah

Jumat, 18 Oktober 2019 - 00:53 WIB

BCA Syariah Optimis Gapai Kenaikan Rekening RDN Tahun Depan

Jakarta - BCA Syariah mendorong masyarakat untuk memiliki tabungan saham-saham syariah. Dorongan tersebut sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

Vivi Wang, selaku Business Development Director Mobvista Asia Tenggara

Kamis, 17 Oktober 2019 - 23:01 WIB

Mobvista: Peluang Besar Mobile Marketing Konten Video

Jakarta - Mobvista mengeksplorasi bagaimana brand dan marketer di Indonesia dapat memanfaatkan peluang dengan lebih baik untuk memaksimalkan mobile marketing berbentuk konten video.

Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D

Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:00 WIB

Mahfud MD: Mahasiswa Instrumen Utama Bela Negara

Peningkatan kualitas sumber daya manusia unggul yang berkarakter nasionalis dan adaptif terhadap perkembangan diperlukan untuk dapat menunjang tercapainya visi tersebut.

Diskusi Fintech bersama AwanTunai

Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:39 WIB

Diperlukan Kolaborasi Untuk Pemanfaatan Fintech Dalam Mencapai SDGs

Dibutuhkan kolaborasi dan sinergi yang lebih baik antara pemerintah, sektor swasta, serta pelaku keuangan lainnya, dalam memanfaatkan teknologi keuangan sebagai solusi tantangan pembangunan,…