Lestarikan Budaya, Sumenep Gelar Haul Akbar dan Panjamasan Pusaka Leluhur

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 21 September 2017 - 17:10 WIB

Haul Akbar dan Panjamasan Pusaka Leluhur, di Sumenep (Foto: Forwapar)
Haul Akbar dan Panjamasan Pusaka Leluhur, di Sumenep (Foto: Forwapar)

INDUSTRY.co.id, Sumenep - Atas pedulinya terhadap budaya leluhur, Kabupaten di provinsi Jawa Timur ini, Sumenep yang terkenal akan kebudayaannya yang kental, melestarikan budayanya dengan menggelar Visit Sumenep 2018 mendatang, yang akan diselenggarakan di Desa Aeng Tongtong pada hari Minggu 1 Oktober 2017 mendatang.

Desa yang terkenal akan sentra pengrajin keris ini akan menggelar even Haul Akbar dan Panjamasan Pusaka Leluhur. Even ini akan berlangsung selama seharian dari mulai pukul 09:00 WIB dan dikelola dengan secara swadaya dengan penduduk desa Aeng Tongtong Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Menurut Kepada Desa Aeng Tongtong, "Nantinya, para Mpu dan sesepuh adat desa akan hadir dan memimpin rangkaian acara yang akan digelar. Selain itu, even ini akan menampilkan pertujukkan seni, maestro dan tokoh keris yang akan mengupas tentang seni keris," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, Jumat (20/9/2017).

Salah satu Mpu di desa tersebut, Sanamo menjelaskan, kegiatan ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur desa Aeng Tongtong terhadap leluhur yang telah mewariskan keahliannya dalam membuat keris, sehingga mereka dapat merasakan dan menikmati hasilnya hingga saat ini.

Diketahui, Keris dari Indonesia diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya tak benda dunia (Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 25 November 2005.

Kemudian, pada 9 November 2014, Kabupaten Sumenep mendeklarasikan diri sebagai Kota Keris. Serta, berdasarkan data dari Pemerintah Kabupaten Sumenep saat ini daerahnya memiliki lebih dari 640 Mpu. Dan, menjadi satu-satunya daerah di Indonesia bahkan di dunia dengan jumlah Mpu terbanyak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wellington College Independent School Jakarta (WCIJ) mengumumkan pembukaan resminya pada bulan September 2024.

Senin, 29 April 2024 - 14:48 WIB

Sekolah Terkemuka Inggris, Wellington College, Siap Membuka Cabang Pertamanya di Indonesia

Wellington College Independent School Jakarta (WCIJ) yang merupakan pengembangan Wellington College di Inggris, mengumumkan pembukaan resminya di Jakarta pada bulan September 2024.

PT. Yupi Indo Jelly Gum

Senin, 29 April 2024 - 13:29 WIB

Katakan Tidak pada Bullying

Masa sekolah yang seharusnya menjadi masa yang indah, realitasnya tidak untuk sebagian anak. Masa sekolah menjadi waktu yang penuh dengan ketakutan, kecemasan, dan penderitaan yang disebabkan…

Pavilion Indonesia di EXPOMED EUROSIA 2024

Senin, 29 April 2024 - 11:53 WIB

Siap Dobrak Pasar Eropa, Kemenperin Boyong Sembilan Industri Alat Kesehatan Nasional Mejeng di Turki

Industri alat kesehatan nasional terus berupaya menembus pasar ekspor seiring dengan produk-produknya yang semakin berkualitas dan berdaya saing global. Hal ini diwujudkan lewat keikutsertaan…

Pelepasan ekspor produk handicraft dan kriya.

Senin, 29 April 2024 - 11:31 WIB

Buka Akses Pasar Produk UKM Indonesia ke Kanada, LPEI dan Diaspora Indonesia Berkolaborasi

Kolaborasi antar institusi Pemerintah melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank sebagai Lembaga Keuangan Pemerintah Indonesia dengan Atase Perdagangan (Atdag) Ottawa,…

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC)

Senin, 29 April 2024 - 10:55 WIB

ASLC Catat Laba Bersih Melonjak Hampir 8 Kali Lipat di Kuartal 1 2024

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp16,9 miliar di kuartal 1 2024, melonjak hingga hampir 8 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.…